ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MURID SMP DENGAN OUTDOOR LEARNING MATHEMATICS
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.1494Keywords:
berfikir kreatif, asesmen, diferensiasiAbstract
Kajian ini bermaksud untuk melakukan analisis keterampilan berpikir kreatif murid SMP melalui penerapan pembelajaran matematika berbasis outdoor learning. Empat indikator yang dipakai untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif murid meliputi divergen, fluency, flexibility, serta kebaruan, dengan lima tingkatan kategori yakni sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif, serta tidak kreatif. Rendahnya daya pikir kreatif murid salah satunya disebabkan pembelajaran matematika yang kurang menarik. Outdoor learning mathematics ialah pendekatan pembelajaran di luar kelas, baik di lingkungan sekolah ataupunpun masyarakat, yang bermaksud merangsang minat murid terhadap matematika, membantu mereka mengerti manfaatnya pada kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan keterampilan pada memecahkan masalah nyata, sehingga secara tidak langsung mendorong perkembangan kreativitas. Kajian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Taman dengan melibatkan 33 murid sebagai sampel serta menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwasanya 12 murid memiliki keterampilan berpikir sangat kreatif, 15 murid kreatif, 5 murid cukup kreatif, 1 murid kurang kreatif, serta tidak ada murid yang tergolong tidak kreatif. Selain itu, berlandaskan analisis indikator, sebanyak 27 murid menguasai aspek divergen, 28 murid fluency, 26 murid flexibility, serta 12 murid kebaruan.
References
Alfiansyah, M. N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan Terhadap Mata Pelajaran Matematika. 1–5. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/82gzc
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Andianti, T., Sukirwan, S., & Rafianti, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Siswa Smp. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i1.9574
Benamen, R. B., Buchori, A., & Purwosetiyono, D. (2025). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN KERANGKA DESIGN. 10(1), 13–20.
Cahyadewi, K. C., Pambudi, D. S., Pratama, R., Sugiarti, T., & Oktavianingtyas, E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Osborn Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 2 Jember. 7(2), 33–47.
Diola, M. M., & Pratini, H. S. (2023). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Mathcitymap untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Semnaptika, 12–20. https://www.journal.unwira.ac.id/index.php/SEMNAPTIKA/article/view/3212
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.596
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.575
Fauzi, W. N. A. (2022). Persepsi Mahasiswa PAI Terhadap Metodologi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kompetensi Berpikir Kreatif. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 15(2), 187–202. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v15i2.4304
Fitriyah, A., & Khaerunisa, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 267. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.653
Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 56–65. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567
Irawati, I. D., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2022). Pengembangan Aplikasi Kreasi Berbasis Local Wisdom Untuk Siswa Kelas Vii. JIPMat, 7(1), 55–71. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i1.11719
Keuangan, D. L., Keuangan, I., Digital, L., Usaha, K., Kecil, M., & Sumenep, K. (2024). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal. 6(1), 2266–2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.273
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Mauludin, R., & Eko Subekti, F. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Disposisi Matematis. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 1311–1319. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.270
Muharmansyah, R., & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Dasar Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal on Education, 5(3), 6986–6993. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1486
Muntazhimah, M., Putri, S., & Khusna, H. (2020). Rasch Model untuk Memvalidasi Instrumen Resiliensi Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 65. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8144
Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Ardyani, W. (2023). Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik Smp Berdasarkan Gaya Belajar. JIPMat, 8(1), 124–131. https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.15250
Nur Budiono, A., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Purwosetiyono, F. X. D., & Buchori, A. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDEKATAN OUT SIDE THE BOX DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KREATIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.46306/lb.v4i1.221
Putri, E. K., Achmad Buchori, & Yanuar Hery Murtianto. (2024). Pengembangan Pocket Book Math Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp. JIPMat, 9(1), 162–169. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.470
Rahmi, A., & Rahmi, D. (2015). Pengaruh penerapan model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28-34.
Ramadhani, K. L., Firmansyah, D., & Haerudin, H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS KELAS VIII SENI 1 SMP NEGERI 2 TELUK JAMBE TIMUR. JIPMat, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8042
Rijal Fiqhi, A. S., Pambudi, D. S., & Hadi, A. F. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pbl Berbasis Outdoor Learning Mathematics Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 123. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6442
Rohimat, S., Wulandari, D. R., & Wardani, I. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 57–64. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/34
Ryan, J., & Bowman, J. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Saolina, Muhtarom., & Purwosetiyono, F.X.D (2024). Efektivitas Penerapan Outdoor Learning Mathematics untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 4(3), 1668. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2142
Susanti, R., & Novtiar, C. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(1), 38–43. https://doi.org/10.29407/nor.v5i1.12096
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394
Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 37–47. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saolina Saolina, Muhtarom, FX Didik Purwosetiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

