PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH PERSIAPAN NEGERI 4 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.26877/6kwtq704Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-EfficacyAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X dipengaruhi oleh tingkat self efficacy mereka di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik ex post facto. Kelas X merupakan kelas demografi yang diteliti, dan 30 siswa menjadi sampel. Cluster random sampling digunakan sebagai pendekatan sampel dalam penelitian ini. Kuesioner yang mengukur self efficacy dan ujian yang mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika digunakan sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dalam tugas analisis datanya. Studi statistik inferensial menggunakan metode langsung untuk menganalisis uji regresi. Hasil penelitian dari statistik deskriptif angket self efficacy terlihat skor tertinggi diperoleh dari 30 siswa adalah 65 dan skor terendah 43 dari skor ideal 72. Analisis angket self efficacy menunjukkan bahwa mean 51,67 dan standard deviation 6,51. Dan hasil statistik deskriptif tes kemampuan pemecahan masalah matematis terlihat skor tertinggi adalah 45 dan skor terendah 29 dari skor ideal 100. Hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematis menunjukkan mean 36,97 dan standard deviation 4,45. Untuk hasil regresi linear sederhana menunjukkan pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan nilai signifikannya 0,023 < 0,05 yang dimana jika dilihat dari koefisien determinasinya yaitu sebesar 17,2%.
References
Adetia, R., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 526–536. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2036
Agustin, F., Sahrudin, A., & Yunitasari, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-efficacy Siswa Tingkat SMP pada Materi Kubus. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 1(3), 141–146. https://doi.org/10.35706/rjrrme.v1i3.7895
Elisabeth Christina Tumanggor, Lindawati Simorangkir, & Amnita Ginting. (2022). The Relationship between Self-Efficacy and Positive Thinking Ability in Adolescents at Karya Bhakti Middle School, Tarastar District, Humbang Hasundutan Regency, 2021. Jurnal Indah Sains Dan Klinis, 3(2), 50–56. https://doi.org/10.52622/jisk.v3i2.61
Faozan, D. (2023). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PENGARUH SELF-EFFICACY MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: EFFECT OF MATEMATICAL SELF-EFFICACY ON MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY. 4(1), 11–16.
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Fitriyah Amaliyah, J. S. H. D. P. S. (2023). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN DASAR, 08(02).
Halawa, A. (2020). Self – Efficacy Remaja Pecandu Narkoba Di Rumah Sehat Orbit Margorejo Indah Utara Surabaya. Jurnal Keperawatan, 8(2), 50–58. https://doi.org/10.47560/kep.v8i2.211
Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632
Intan, N., & Putra, B. Y. G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika: Implementasi Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 97–116. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6713
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615
Kholivah, I., & Suhendri, H. (2020). Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In Universitas Indraprasta PGRI, kholivahassegaf@yahoo.co.id Journal of Instructional Development Research (Vol. 1, Issue 2).
Kireina Hana Arhamarrizqi Nadesya. (2023). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN PRASYARAT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK PADA PENERAPAN TURUNAN. Universitas Pendidikan Indonesia.
Milchatin Noor, A. (2024). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika https://proceeding.unnes.ac.id/prisma. 7, 137–149. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Milchatin Noor, A., & Waluya, S. B. (2023). Systematic Literature Review pada Tahun 2019-2023: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy.
Murtadha, A. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA ditinjau dari Tingkat Self-Esteem pada Materi Trigonometri. 1–6.
Noviza, T., Hartoyo, A., Program, A. Y., Pendidikan, S., Fkip, M., & Pontianak, U. (2019). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF EFFICACY DALAM MATERI GEOMETRI KELAS XI SMK. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Nurwahda. (2023). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP. In International Journal of Technology (Vol. 47, Issue 1). https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2019.01.002%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cstp.2023.100950%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.geoforum.2021.04.007%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.trd.2021.102816%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.tra.2020.03.015%0Ahttps://doi.org/10.1016/j
Nuryati Ismit, D. A. L. (2023). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jmps, 17(3), 441–449.
Resmiati, T., & Hamdan, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 177. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p177-186
Sahrudin, A., Budiarto, M. T., & Manuharawati. (2021). The abstraction of junior high school student in learning geometry. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042072
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Tiara Medyasari, L., & Rachmani Dewi, N. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 464–470. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Trivanila Noviza. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy Dalam Materi Geometri Kelas IX SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khaltulistiwa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizky Ananda Nuruddini Lase, Lisa Dwi Afri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.