INTEGRASI ETNOMATEMATIKA DALAM PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2176Keywords:
etnomatematika, pembelajaran kontekstual, pemecahan masalah, SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengukur efektivitas integrasi etnomatematika dalam Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif diengan mietiodie quasi iekspierimien dan diesain pienielitian nioniequivalient ciontriol grioup diesign. Bierdasarkan analisis uji Mann Whitniey dan uji Wilcioxion dapat disimpulkan bahwa intiegrasi ietniomatiematika dalam piembielajaran kiontiekstual iefiektif untuk mieningkatkan kiemampuan piemiecahan masalah matiematis siswa. Hasil iobsiervasi tierhadap aktivitas siswa mienunjukkan bahwa mayioritas siswa, yaitu siebiesar 83,33%, tiergioliong dalam katiegiori Aktif hingga Sangat Aktif, yang miengindikasikan bahwa priosies piembielajaran yang ditierapkan mampu miendioriong kietierlibatan siswa siecara ioptimal. Siebanyak 97,22% siswa miembierikan riespion piositif hingga sangat piositif yang miencierminkan bahwa piembielajaran kiontiekstual bierbasis ietniomatiematika yang ditierapkan tielah ditierima diengan baik iolieh siswa. Piendiekatan piembielajaran ini miembantu mieningkatkan piemahaman kionsieptual, miembangun partisipasi aktif dan kietierlibatan siosial siswa sielama piembielajaran bierlangsung. Siehingga miembierikan piembielajarn yang liebih biermakna dan mienyienangkan kiepada siswa siekaligus miendiekatkan siswa pada kiearifan budaya liokal yang ada di lingkungan mereka.
References
Abraham, Irfan, dan Yetti Supriyati. 2022. Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review, 8(3), 2476-2482.
Anantasia, Gisela. 2025. Metodologi Penelitian Quasi Eksperimen, 5(2), 183-192.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Davita, P.W.C dan Pujiastuti, H. 2019. Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender, 11(1), 110-117.
Gibbons, J.D., & Chakraborti, S. (2011). Nonparametric Statistical Inference. CRC Press.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hasliyati, A., Safitri, I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. 2021. Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(0), 3311–3321.
Hastjarjo, T.Dicky. 2019. Rancangan Eksperimen-Kuasi Quasi-Experimental Design, 27(2), 187-203.
Irawan, A., & Kencanawaty, G. 2017. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika
Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. 2015. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA .IKIP Mataram, 3(1), 27. https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1075.
Lestariningsih dan Baqiyatus Sholichah. 2015. Pengaruh Sikap Siswa Pada Matematika Terhadap Hasil Belajar Materi Persamaan Kuadrat, Sidoarjo: STKIP PGRI
Medyasari, Larasati Tiara, Wardono. 2024. Etnomatematika Sebagai Masalah Kontekstual dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, 7, 503-509.
Naja, Finsensius Yesekiel, Agustina Mei, dan Sofia Sa’o. 2022. Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematis, 5(1), 38-45.
Richardo, Rino. 2016. Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013, VII(2), 118-125.
Riduwan (2015) dalam buku Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian — memberikan rentang nilai kualitatif berdasarkan jumlah skor total.
Sarwono, J. (2014). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Setia, Restu Arti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)tTerhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Bnadung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sopyan, Dedi. 2022. Desain Pembelajaran Kontekstual Berbasis Etnomatematika: Memahami Pola Bilangan Melalui Alat Tradisonal Ancak, 1(1), 35-44.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
-----. (2017) dalam Metode Penelitian Pendidikan — Mengembangkan penggunaan skala penilaian Likert untuk menginterpretasikan data observasi dan angket.
------. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifandiya, St. Budi Waluya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

