ANALISIS IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Lilik Masamah Universitas muhammadiyah surakarta
  • Tuslim Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Auliya Ningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yulia Maftuhah Hidayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Sutarni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2295

Keywords:

Asesmen Autentik, Pembelajaran Matematika, Pendekatan Kualitatif., smk

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa asesmen dalam pembelajaran matematika di SMK masih didominasi oleh tes tertulis yang belum sepenuhnya mencerminkan kemampuan nyata siswa dalam konteks kehidupan dan dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana asesmen autentik diterapkan oleh guru, bentuk-bentuk yang digunakan, serta tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen autentik mulai diterapkan dalam bentuk tugas proyek, penilaian berbasis produk, dan presentasi kelompok, namun penerapannya masih terkendala oleh keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, serta belum adanya dukungan sistematis dari sekolah. Meskipun begitu, asesmen autentik dinilai lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kerja sama, dan penerapan konsep matematika dalam konteks nyata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa asesmen autentik berperan penting dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna di SMK, dan perlu didorong penerapannya secara lebih luas dan terstruktur.

References

Gulikers, J. T., Bastiaens, T. J., & Kirschner, P. A. (2020). Authentic assessment, student motivation and learning strategies: A review of empirical literature. Journal of Educational Research, 113(4), 295–310.

Lestari, E., & Fadhilah, N. (2021). Pengembangan Portofolio pada Pembelajaran Matematika di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika dan Vokasi, 7(1), 33–40.

Ningsih, D. (2021). Implementasi asesmen autentik dalam pembelajaran kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 143–152.

Nurfadilah, R., Hasanah, N., & Widiastuti, D. (2021). Dampak Asesmen Autentik terhadap Self-Efficacy Siswa. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 112–121.

Nurhayati, S., Fauziah, R., & Lestari, P. (2022). Pelatihan Asesmen Autentik bagi Guru Matematika SMK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkarya, 3(2), 98–106.

Pratama, D. H., & Yuniarti, E. (2023). Penerapan Penilaian Proyek pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktika Matematika, 10(2), 77–84.

Alfi, N. (2020). Penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 134–142.

Putra, A. F., & Sari, M. W. (2023). Tantangan Guru dalam Implementasi Asesmen Autentik pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 27–34.

Purwanto, H., & Hidayati, N. (2021). Pengaruh asesmen autentik terhadap keterampilan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 67–75.

Rahman, A., Syamsu, H., & Khasanah, U. (2022). Pengembangan E-Portofolio dalam Asesmen Autentik Matematika. Journal of Mathematics Education and Technology, 6(2), 89–100.

Rahmawati, N., & Prasetyo, Z. K. (2021). Authentic assessment for vocational school mathematics in the 21st century. International Journal of Instructional Practice, 3(1), 15–24.

Safitri, N., & Halim, A. (2022). Pemahaman Guru terhadap Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 56–64.

Sani, R. A., & Wulandari, T. (2022). Pelatihan Penyusunan Rubrik untuk Asesmen Autentik pada SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 5(3), 210–218.

Supardi. (2023). Praktik Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Matematika di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 17(1), 45–59.

Utomo, D. P., & Rachmadtullah, R. (2022). Authentic assessment implementation in vocational education: Challenges and solutions. Journal of Educational Assessment, 4(2), 112–119.

Wardani, A., & Prabowo, T. (2023). Cross-curricular Project Assessment in SMK: A Case Study. Journal of Vocational Education and Innovation, 5(1), 39–50.

Wulandari, S., & Santoso, H. B. (2020). Implementasi asesmen autentik dalam kurikulum 2013 untuk pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 45–52.

Yuliani, S., & Hamidah, N. (2021). Penilaian Autentik pada Kurikulum SMK: Strategi dan Tantangan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 101–113.

Zubaidah, S. (2021). Authentic assessment in STEM-based learning to promote 21st-century skills. Journal of Science Education and Technology, 30(1), 10–18.

Downloads

Published

2025-10-29