INTEGRASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GEOMETRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2510Keywords:
Augmented Reality, pembelajaran matematika, geometri, hasil belajar, teknologi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas integrasi teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep geometri siswa di sekolah menengah pertama dengan keterbatasan infrastruktur. Pendekatan kuasi eksperimental digunakan dengan melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran berbasis AR yang dikembangkan secara lokal dan dapat diakses secara offline, serta kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) untuk mengukur pencapaian belajar. Hasil analisis statistik menunjukkan peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, sebagaimana dibuktikan oleh uji paired t-test (p < 0,05). Uji independent t-test juga mengungkapkan perbedaan bermakna antara kedua kelompok, dengan rerata peningkatan skor sebesar 12,66 poin. Kebaruan penelitian ini terletak pada pengembangan media AR yang ringan, hemat data, dan dirancang khusus untuk konteks pedesaan, menjawab tantangan kesenjangan digital dalam pendidikan matematika. Temuan ini menegaskan bahwa AR, bahkan dalam kondisi infrastruktur terbatas, mampu menjadi solusi efektif untuk memperkuat pemahaman konsep geometri yang abstrak.
References
Abdul Hanid, M. F., Mohamad Said, M. N. H., Yahaya, N., & Abdullah, Z. (2022). Effects of augmented reality application integration with computational thinking in geometry topics. Education and Information Technologies, 27(7), 9485–9521. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10994-w
Angraini, L. M., & Rahmawati. (2024). The Existence of Augmented Reality in Mathematics Learning: A Systematic Literature Review. Rangkiang Mathematics Journal, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.24036/rmj.v3i2.54
Assawaphum, A., Premthaisong, S., & Chaipidech, P. (2024). Does Interactive Augmented Reality Enhance Primary Students ’ Geometric Understanding and Visual-Spatial Skills in Mathematics Learning ? International Conference on Computers in Education. Asia-Pacific Society for Computers in Education, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.58459/icce.2024.4987
Benamen, R. B., Achmad Buchori, & Didik Purwosetiyono. (2025). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Kerangka Design Thinking Untuk Meningkatkan Numerasi. JIPMat, 10(1), 13–20. https://doi.org/10.26877/b813zm44
Chen, Y. (2019). Effect of Mobile Augmented Reality on Learning Performance, Motivation, and Math Anxiety in a Math Course. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1695–1722. https://doi.org/10.1177/0735633119854036
Ezra Putranda Setiawan. (2021). Statistical Literacy In Primary School Mathematics Curricula: Historical Review And Development. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1–20. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915
Gusteti, M., Rahmalina, W., Wulandari, S., Mulyati, A., Hayati, R., Azmi, K., & Zalianti, S. (2024). Augmented Reality: Revolusi Teknologi yang Mengubah Pembelajaran. Kutip Gusteti, Meria Ultra, et Al. “Augmented Reality: Revolusi Teknologi Yang Mengubah Pembelajaran.” Jurnal Dedikasia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 93–104. https://ejournal.uinbukittinggi.ac.id/index.php/dedikasia/article/view/8681
Hakim, L. L., Hidayat, H., Salmun, A., & Sulastri, Y. L. (2024). Applications of Augmented Reality in Mathematics Learning: A Bibliometric and Content Analysis. Proceedings of the International Conference on Teaching, Learning and Technology (ICTLT 2023), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 250–263. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_29
Kaluge, A. H. (2024). Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika di Era Digital. Mathematical Proceedings of The Widya Mandira Catholic University, 191–205.
Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis kecemasan matematis terhadap kemampuan mengkonstruksi pengetahuan matematika siswa SMP. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 43–55.
Koparan, T., Dinar, H., Koparan, E. T., & Haldan, Z. S. (2023). Integrating augmented reality into mathematics teaching and learning and examining its effectiveness. Thinking Skills and Creativity, 47, 101245. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2023.101245
Marian, F., & Suparman. (2019). Design of Student Worksheet Based On Discovery Learning to Improve the Ability of Mathematics Reasoning Students of Class VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1306(1), 012036. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1306/1/012036
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188
Meilindawati, R., Zainuri, Z., & Hidayah, I. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 9(1), 55–62. https://doi.org/10.52657/je.v9i1.1941
Nadzri, A. Y. N. M., Ayub, A. F. M., & Zulkifli, N. N. (2023). The Effect of Using Augmented Reality Module in Learning Geometry on Mathematics Performance among Primary Students. International Journal of Information and Education Technology, 13(9), 1478–1486. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.9.1952
Nugroho, A., & Pramono, B. A. (2017). Aplikasi Mobile Augmented Reality Berbasis Vuforia Dan Unity Pada Pengenalan Objek 3D Dengan Studi Kasus Gedung M Universitas Semarang. Jurnal Transformatika, 14(2), 86. https://doi.org/10.26623/transformatika.v14i2.442
Nurmaliah, R., Matematika, P., & Majalengka, U. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2024, 105–118.
Othman, F. W., Nashir, I. M., Ekram, M., Hafis, A., & Mohd, N. (2024). Integrating Augmented Reality Technology in the Internet of Things Learning : Integrating Augmented Reality Technology in the Internet of Things Learning : A Systematic Review. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology ·, 61(2), 69–86. https://doi.org/10.37934/araset.61.2.6986
Renanda, A., Qohar, A., & Chandra, T. D. (2023a). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114
Renanda, A., Qohar, A., & Chandra, T. D. (2023b). Analisis Peningkatan Level Berpikir Geometri Mahasiswa Berdasarkan Teori Van Hiele dengan Pendekatan Konstruktivisme. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 101–114. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.101-114
Riyadi, S., Ida Dwi Jayanti, & Didik Purwosetiyono. (2024). Eksplorasi Desain Media Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Dengan Metode Design Thinking. JIPMat, 9(1), 170–179. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.495
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Bagus, S. T., & Amirozaliana, R. (2024). Desain E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Materi Perbandingan Senilai. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 339. https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.16382
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Tagaeva, D., Talipov, A., & Saipbekova, S. (2024). Formation of Schoolchildren Competencies when Teaching Geometry using Geometric Tasks with Life Content. Bulletin of Science and Practice, 10(6), 670–674. https://doi.org/10.33619/2414-2948/103/79
Tarng, W., Huang, J.-K., & Ou, K.-L. (2024). Improving Elementary Students’ Geometric Understanding Through Augmented Reality and Its Performance Evaluation. Systems, 12(11), 493. https://doi.org/10.3390/systems12110493
Uriarte-Portillo, A., Zatarain-Cabada, R., Barrón-Estrada, M. L., Ibáñez, M. B., & González-Barrón, L. M. (2023). Intelligent Augmented Reality for Learning Geometry. Information (Switzerland), 14(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/info14040245
Wu, J., Jiang, H., Long, L., & Zhang, X. (2024). Effects of AR mathematical picture books on primary school students’ geometric thinking, cognitive load and flow experience. Education and Information Technologies, 29(18), 24627–24652. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12768-y
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fungky Marian, Deni Efendi, Khaitsam Muflich Abdillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

