STUDENT-CENTERED LEARNING (SCL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN STATISTIS: META-ANALISIS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2559

Keywords:

student-centered learning, kemampuan statistis, meta-analisis

Abstract

Literasi statistis, penalaran statistis, dan berpikir statistis merupakan tiga domain kognitif hasil dari pendidikan statistika. Di antara penelitian primer yang ada tentang pengaruh student-centered learning terhadap kemampuan statistis, terdapat hasil yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh student-centered learning terhadap kemampuan statistis baik secara keseluruhan maupun ditinjau berdasarkan berbagai faktor, termasuk jenjang pendidikan, ukuran sampel, lokasi penelitian, dan jenis kemampuan statistis (literasi statistis, penalaran statistis, dan berpikir statistis). Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu meta-analisis. Pengujian yang dilakukan pada 25 studi primer menunjukkan bahwa student-centered learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan statistis. Penerapan student-centered learning terhadap kemampuan statistis memiliki pengaruh yang berbeda berdasarkan jenjang pendidikan, dengan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat memiliki effect size yang paling besar. Jenis kemampuan statistis, lokasi penelitian, atau ukuran sampel tidak memengaruhi efeknya.

References

Cahyawati, D. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Statistika Melalui Model Projects-Activities-Cooperative-Exercises (PACE). Universitas Pendidikan Indonesia.

Chance, B. L. (2002). Components of Statistical Thinking and Implications for Instruction and Assessment. Journal of Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910677

Corley, M. A. (2012). TEAL Center Fact Sheet No. 6: Student-Centered Learning. TEAL (Teaching Excellence in Adult Literacy),(6), 1–3.

delMas, R. C. (2002). Statistical Literacy, Reasoning, and Learning: A Commentary. Journal of Statistics Education, 10(3), 1–11. https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910679

Fardillah, F., Nurlaelah, E., & Sabandar, J. (2019). Keterkaitan Kemampuan Literasi dan Disposisi Statistis Mahasiswa Melalui Rigorous Mathematical Thinking. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 1.

Fardillah, F., & Pamungkas, A. S. (2018). Capaian Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa Berbasis Experiental Learning. JPPM (Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika), 11(2), 67–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3755

Fardillah, F., Sabandar, J., & Nurlaelah, E. (2018). Kemampuan Literasi Statistis Mahasiswa Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT). 01(02), 128–136.

Febianti, Y. N. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(2).

Gal, I. (2002). Adults’ Statistical Literacy: Meanings, Components, Responsibilities. International Statistical Review, 70(1), 1–25. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.2002.tb00336.x

Garfield, J., & Chance, B. (2000). Assessment in Statistics Education: Issues and Challenges. Mathematical Thinking and Learning, 2(1–2), 99–125. https://doi.org/10.1207/S15327833MTL0202_5

Hadi, S. N., & Noor, A. J. (2013). Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v1i1.564

Hafiyusholeh, Moh. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. WAHANA: Tridharma Perguruan Tinggi, 64(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/wahana.v64i1.531

Hutasuhut, S. H. (2022). Peranan Statistika dalam Penelitian Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 7(2), 60–69. https://doi.org/10.30743/mes.v7i2.5186

Juandi, D., & Tamur, M. (2020). Pengantar Analisis Meta. Bandung: UPI PRESS.

Listyani, E. (2007). Studi tentang Strategi Guru dalam Pembelajaran Matematika Menyikapi Pergeseran Paradigma Pendidikan Teacher Centered ke Student Centered. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 38–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pg.v3i2.676

Martadipura, B. A. P. (2013). Modifikasi Model- Eliciting Activities Dengan Menggunakan Didactical Design Research Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis. Jurnal Kependidikan, 43(2), 95–106. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jk.v43i2.1964

Martadiputra, B. A. P., & Suryadi, D. (2012). Pembelajaran MEANS yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis Mahasiswa S1. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.

Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis, Penalaran Statistis, dan Disposisi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Modifikasi [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/44081/

Praneswari, P. M., Wijayanti, K., Dewi, N. R., Mariani, S., & Rosyida, I. (2025). Meta-Analisis: Penerapan Problem Based Learning terhadap Literasi Matematika Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 81–91. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1400

Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33–41.

Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: an updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, 372, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71

Prasetiyo, A. Y., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2014). Meta-Analisis Pengaruh Cooperative Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. JPPK (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa), 3(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i2.4605

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.496

Ramadhani, R. (2021). Kemampuan Penalaran Statistik Mahasiswa dalam Pembelajaran Statistik Menggunakan Model Flipped Classroom Berbasis SPSS dan STATCAL: Studi Eksperimen. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 2(2), 86–91. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/828

Ruswandi. (2022). Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 01 Simego. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–65.

Salsabila, A. (2024). Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.958

Santyasa, I. W. (2018). Student Centered Learning: Alternatif Pembelajaran Inovatif Abad 21 untuk Menyiapkan Guru Profesional. Quantum: Seminar Nasional Fisika, Dan Pendidikan Fisika.

Sari, N., & Wahyu, W. (2017). Kemampuan Penalaran Statistika: Penerapan Model Pembelajaran Lc7e dan Penilaian Autentik. JEP: Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 67–78. https://doi.org/doi.org/10.21009/JEP.082.02

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan Kemampuan Penalaran Statistik dan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685

Sumartiningsih, D., & Sari, L. D. K. (2019). Pengaruh Gaya dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 109–116.

Thalheimer, W., & Cook, S. (2002). How to Calculate Effect Sizes from Published Research: A Simplified Methodology. In Work Learning Recearch (Issue August). https://pdfs.semanticscholar.org/d7f0/c3a171ffd6bad4297feeb708a2d79e06da8b.pdf?_ga=2.149295606.1950164162.1568100777-2068894367.1568100777

Downloads

Published

2025-10-29