KEMAMPUAN MEMBACA TEKS MATEMATIKA SEBAGAI PREDIKTOR LITERASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2663Keywords:
Literasi Matematis, Kemampuan Membaca Teks Matematika, Korelasi, Crosstabulation, Chi-SquareAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan membaca teks matematika dengan literasi matematis siswa di salah satu sekolah mengagah pertama di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional yang melibatkan 35 siswa. Instrumen penelitian berupa 10 soal literasi yang disusun dalam konteks soal berbasis kehidupan sehari-hari. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson, crosstabulation, dan uji Chi-Square untuk menguji hubungan antar kedua variabel. Selain itu dilakukan pula wawancara mendalam berdasarkan jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat dan signifikan antara kemampuan membaca teks matematika dan literasi matematis (r = 0,946; p < 0,05). Hasil crosstabulation memperlihatkan bahwa siswa dengan kemampuan membaca tinggi cenderung memiliki literasi matematis pada kategori sedang hingga tinggi, sementara siswa dengan kemampuan membaca rendah lebih banyak berada pada kategori literasi rendah. Uji Chi-Square mengonfirmasi adanya hubungan signifikan antara kedua variabel (χ² = 13,556; p = 0,009). Analisis jawaban siswa pada soal kontekstual menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks matematika berperan penting dalam proses memahami informasi, membangun model matematis, dan memberikan penalaran yang relevan dengan fenomena nyata. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan literasi matematis tidak dapat dilepaskan dari penguatan keterampilan membaca teks matematika secara mendalam dan reflektif.
References
Atiyah, K., & Priatna, N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 831–844. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1648
Capraro, M. M., & Joffrion, H. (2006). Algebraic equations: can middle-school students meaningfully translate from words to mathematical symbols? Reading Psychology, 27, 147–164. https://doi.org/10.1080/02702710600642467
Chang, I.-C. (2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. Large-Scale Assessments in Education, 11(1), 1–22. https://doi.org/10.1186/s40536-023-00168-6
Delina, D. F., Noviana Dini Rahmawati, & Lilik Ariyanto. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. JIPMat, 9(2), 278–287. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.612
Dwiwandira, N. R., & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus Pada Turunan. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2560–2569. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.898
Halidin, H., Chairuddin, C., & Purnomo, I. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Literasi Matematika Siswa. Emteka Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 26–35. https://doi.org/10.24127/emteka.v4i1.3448
Jindra, C., Sachse, K., & Hecht, M. (2022). Dynamics between reading and math proficiency over time in secondary education – observational evidence from continuous time models. Large-Scale Assessments in Education, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.1186/s40536-022-00136-6
Khasanah, S. U., Murtiyasa, B., Sumardi, S., Yati, Y., & Aminuriyah, S. (2023). Pembelajaran Kontekstual Untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Statistika Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 583–592. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4624
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468
Kusumastuti, F. A., & Lutfi, M. K. (2024a). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 679–684.
Kusumastuti, F. A., & Lutfi, M. K. (2024b). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang. Social, Humanities, and Educational Studies, 7(3), 2153–2158.
Kusumastuti, F. A., Lutfi, M. K., Joko Dewanto, I., & Rohmawati, A. (2024). Constructing Mathematical Literacy-Items with Corona Virus Disease as a Context. KnE Social Sciences, 2024, 1–8. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15479
Kusumastuti, F. A., Lutfi, M. K., & Junaedi, Y. (2025). Analisis Literasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis TPACK Berbantuan Media E-learning Pendidikan matematika memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis , analitis , dan kemampuan untuk meningkatkan literas. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 6(1).
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Muttaqiin, A. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Kritis Dalam Pembelajaran Penemuan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edusentris, 2(2), 116. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i2.165
Naryaningsih, P. D., Siswono, T. Y. E., & Wintarti, A. (2022). Literasi Matematis Siswa Reflektif Dan Siswa Impulsif Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berorientasi PISA. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2685–2697. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1592
Noviana, K. Y., & Murtiyasa, B. (2020). Kemampuan Literasi Matematika Berorientasi PISA Konten Quantity Pada Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 195. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.2830
Nst, H. M. S., Syahputra, E., & Mulyono, M. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi, Spasial Dan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII Di Medan. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 820–830. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2234
Nurdianti, R., Prihantoro, C. R., & Nuryadin, I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD Melalui Metode Team Quiz Berbantuan Media Konkret Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 457–466. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40034
Nurhanurawati, N., Caswita, C., Bharata, H., & Widyastuti, W. (2022). The Analysis of Junior High School Students’ Mathematical Literacy: Field Study in Bandar Lampung. Al-Jabar Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 199–209. https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11659
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education (PISA (ed.); Vol. 1). OECD Publishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Oktaviyanthi, R., & Agus, R. N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Kategori Proses Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 163–184. https://doi.org/10.22342/jpm.13.2.7066.163-184
Ramadhan, S., Purbaningrum, M., Thauzahra, R., & Setyaningrum, W. (2023). Penggunaan Teknologi Untuk Mengembangkan Literasi Matematika Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7526
Rezky, M., Hidayanto, E., & Parta, I. N. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Konteks Sosial Budaya Pada Topik Geometri Jenjang SMP. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1548. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4879
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). Jipmat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Rohman, A. (2022). Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Di Era Disrupsi. Eunoia (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318
Sabrina, D. A. P., Puspadewi, K. R., & Noviyanti, P. L. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Siswa SMP Kelas Ix Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa. Jurnal Santiaji Pendidikan (Jsp), 13(2), 129–141. https://doi.org/10.36733/jsp.v13i2.7052
Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship. Aksioma Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256
Setiawati, R., Aminudin, M., & Basir, M. A. (2023). Analisis Literasi Numerasi Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Masalah Uncertainty and Data. Jp-Sa, 3(2), 123. https://doi.org/10.30659/jp-sa.3.2.123-133
Setyaningsih, R., & Munawaroh, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Uncertainty and Data. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1656. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4948
Simatupang, D. L. M., & Hamdi, S. (2023). Pengaruh Gender, Kesempatan Belajar, Dan Penggunaan Internet Terhadap Literasi Matematika. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2933. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7286
Soneira, C., González-Calero, J. A., & Arnau, D. (2023). Effect of algebraic language and problem text wording on problem model accuracy when solving age word problems. Educational Studies in Mathematics. https://doi.org/10.1007/s10649-023-10236-x
Viyana, D., Mardiyana, Riyadi, & Budi Usodo. (2025). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Literasi Numerasi Pada Level Kognitif Knowing, Applying, Dan Reasoning. JIPMat, 10(1), 31–42. https://doi.org/10.26877/a89f6n50
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
Wiwit Anisa, Purwanto, & Sudirman. (2024). Literasi Matematis Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Masalah Bentuk Soal Cerita Perbandingan Senilai Dan Berbalik. JIPMat, 9(2), 253–266. https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i2.659
Zahrah, M. (2024). Penelitian Literasi Matematis Di Sekolah: Pengertian Dan Kesulitan-Kesulitan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 27–36. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29024
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Anisa Kusumastuti, Novela Wulandari, Muh. Khaedir Lutfi, Aeni Rohmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

