ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS DITINJAU DARI INDIKATOR PROBLEM SOLVING
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2686Keywords:
analisis, kesalahan mahasiswa, kalkulus, integral, problem solving, analisis kesalahan mahasiswa, kalkulus, integral, problem silvingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menanalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal Kalkulus, khususnya pada materi penerapan integral berdasarkan indikator kemampuan problem solving. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Ekasakti Padang sebanyak 68 orang yang telah menempuh mata kuliah Kalkulus 2 tahun ajaran 2024-2025. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian dan pedoman wawancara dengan mahasiswa. Tes uraian berupa tes pemecahan masalah yang dianalisis berdasarkan empat indikator problem solving menurut Polya, yaitu: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan mengecek kembali solusi. Pedoman wawancara digunakan untuk memperkuat analisis yang ditemukan pada hasil tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesalahan terjadi pada tahap memahami masalah sekitar 56,32 %, dan merencanakan penyelesaian 64, 28% yang mencakup kesalahan konsep, prosedur, dan perhitungan. Pada indikator memahami masalah, dari segi konsep mahasiswa belum mampu menggambarkan grafik yang ingin dicari luas daerah dan volume benda putarnya. Pada indikator merencanakan penyelesaian, sebagian besar mahasiswa belum mampu memilih prosedur yang tepat sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Indikator melaksanakan rencana sekitar 28,74% yang bisa melakasanakannya, sebagian besar mahasiswa belum mampu melakukan perhitungan dengan benar. Pada indikator mengecek kembali sekitar 7,23% saja mahasiswa yang bisa melakukannya. Oleh sebab itu, hasil analisis ini diharapkan menjadi dasar untuk perbaikan proses pembelajaran, khususnya dalam mengembangkan strategi atau model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan problem solving mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus.
References
Anwar, V. N. (2024). Pengembangan Model Pedagogi Digital dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Indonesia
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Djunaidy, E., Tobondo, Y. V., & Tudjuka, M. A. (2023). Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Kalkulus Diferensial dengan Menggunakan Prosedur Polya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10835–10844.
Ferrer, N. (2016). Analysis of errors in solving calculus word problems among college students. People: International Journal of Social Sciences, 2(1), 56–70. https://grdspublishing.org/index.php/people/article/view/318
Husenti, et al. (2022). Analisis Kesalahan Matematis Mahasiswa Teknik Informatika pada Materi Turunan. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi.
Jabnabillah, F. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal integral ditinjau dari prosedur Newman. MEJ (Mathematics Education Journal), 6(1), 1–10. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/MEJ/article/view/19625
Janan, T., & Hanafi, A. R. B. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan pada Mata Kuliah Kalkulus I. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer.
Khamalia, N. A. N., Yusuf, A., Zuhroh, N. E., & Jannah, R. R. (2023). Pengaruh Pendidikan Soft Skills terhadap Jenjang Karir Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2386–2394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5800
Kusumaningrum, T. A., Suherman, S., & Putra, Y. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral Tak Tentu. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://kalamatika.matematika-uhamka.com/index.php/kmk/article/view/412
Mahayukti, G. A., Dewi, P. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Jana, P. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Kalkulus Integral dalam Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.
Mahuda, I. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan, Fungsi dan Limit pada Mata Kuliah Kalkulus. Jurnal Amal Pendidikan.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Noviyanti, P. N. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus III. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika.
Nurhuda, T., RKA, M., & Rizkiah, R. (2022). Analisis Keterampilan Problem Solving Mahasiswa Jurusan Teknik Industri di Kota Bandung pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS) Journal, 5(2), 57–67. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v5i2.268
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 242–251. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/15507
Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2nd ed.). Princeton University Press.
Rahmawati, T., Nurani, Y., & Ahmad, A. (2021). Profil Keterampilan Metakognitif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Integral. Jurnal Pendidikan Matematika dan Pembelajaran, 14(1), 21–30. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/45052
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumargiyani, S., Bintari, I. P., & Rusilowati, A. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal integral ditinjau dari tahapan pemecahan masalah Polya. Alphamath: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 123–134. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/alphamath/article/view/85
Sumargiyani, S. (2023). Analisis Kesalahan Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal Integral Fungsi Rasional Berdasarkan Tahapan Kastolan. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuliani Fitri, Ahmad Fauzan, Nurhizrah Gistituati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

