EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PERMAINAN KELERENG PADA MATERI GEOMETRI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2722Keywords:
Etnomatematika, Permainan Kelereng, GeometriAbstract
Permainan kelereng tidak hanya mengandung nilai-nilai budaya dan sosial, tetapi juga menyimpan potensi matematis yang kaya, terutama dalam konsep geometri. Permainan kelereng dalam pembelajaran matematika membuktikan bahwa budaya lokal tidak hanya relevan untuk siswa di daerah pedesaan, tetapi juga penting diajarkan kepada siswa di perkotaan agar mereka tidak lupa akan akar budaya sendiri. Hal ini juga menjawab tantangan pendidikan modern yang seringkali terjebak dalam globalisasi tanpa mempertimbangkan identitas lokal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur-unsur etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng serta mengaitkannya dengan konsep-konsep geometri dalam pembelajaran matematika. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 21 Medan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh sampel yaitu kelas IX-1 sebanyak 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap praktik permainan kelereng pada kelas IX-1 di SMP Negeri 21 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi etnomatematika permainan kelereng yang dilakukan di SMPN 21 Medan mengungkapkan bahwa permainan kelereng secara alamiah mengandung berbagai konsep geometri seperti bangun datar (lingkaran, persegi dan segitiga) sebagai arena permainan dan pola sasaran, posisi dan jarak sebagai aturan dalam permainan, sudut dan arah lemparan sebagai teknik dalam permainan, serta operasi hitung penjumlaan dan pengurangan sebagai bagian dari strategi bermain. Permainan kelereng bukan hanya media matematika, tetapi juga sarana pembelajaran budaya lokal yang mampu membangkitkan motivasi, meningkatkan pemahaman konsep, dan memperkuat identitas budaya siswa, terutama di Kota Medan yang mungkin jauh dari kultur tradisional.
References
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. The National Council Of Teachers Of Mathematics Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Universitas Malang. Astanti, A. V., & Fitroh, E. M. S. (2022, September). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional di Daerah Kabupaten Batang. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 202-222). Badriyah, Nunuk, Sukamto Sukamto, And Ervina Eka Subekti. 2020. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Kelas Iii Sdn Lamper Tengah 02.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 15(1):10–15 Dewi, H. P., Fitri, E., & Minarti, E. D. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika
JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) Volume xx, No. x, Bulan 2023, pp. pp -pp DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v8i1.14277
11
Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 949. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i5.P94 9-956 Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V8i3.230 Febriyanti, C., Kencanawaty, G. dan Irawan, A. 2019. Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 32-40. Fitriani, S., Somakim, S., & Hartono, Y. (2018). Eksplorasi Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education Ikip Veteran Semarang, 2(2), 145. Https://Doi.Org/10.31331/Medives.V2i2. 565 Hariastuti, R. M. (2017). Permainan TebakTebak Buah Manggis: Sebuah Inovasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1),25-35. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i1.776 Hilmi, Y., Islamiati, H., & Rahmawati, A. (2025). ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TRADISIONAL KELERENG SEBAGAI PENERAPAN KONSEP MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 1043-1054. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3. 6846 Kholil, Mohammad And Silvi Zulfiani. 2020. “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.” 1(2):151–68. Jumri, R. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Di Bumi Sekundang Setungguan ( Manna-Bengkulu Selatan ). 0(02), 86–92.
Munawaroh, H. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran dengan Pemainan Tradisional Engklek Sebagi Sarana Stimulasi Perkembangan Anak sia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86-96. Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2021). Etnomatematika Permainan Tradisional Anak Makassar Sebagai Media Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sd. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 22–32. Https://Doi.Org/10.30605/Pedagogy.V6i1 .1195 Nanda Ade Ilma Nutriana, N. (2009). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika Pratiwi, J.W. dan Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 112. Pulungan, N. A., & Adinda, A. (2023). Eksplorasi etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng daerah Padangsidimpuan Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 21-28 Pulungan, N. A., Ardiana, N., & Harahap, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau Dari Penggunakan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending). Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(2), 208–215. https://Doi.Org/10.37081/Mathedu.V4i2.1 792 Ritonga, M., & Suparni, S. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Educofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-84. https://doi.org/10.24952/ejpm.v1i1.11402 Riza, M., Fajriah, N. dan Hidayano, T. 2022. Pengembangan LKPD Elektronik Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal Derivat, 9(1), 20-31.
Sopamena, Patma. 2018. "Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Piaget pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Negeri 11 Ambon". Disajikan dalam Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, Ambon, 9 Februari 2018. Suhendri, H., & Ningsih, R. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng di kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 21-29. Pratiwi, J.W. dan Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 112. Pulungan, N. A., & Adinda, A. (2023). Eksplorasi etnomatematika dalam permainan tradisional kelereng daerah Padangsidimpuan Selatan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 21-28 Taus, F. M. V., Nahak, S., & Deda, Y. N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Congklak Di Desa Femnasi. Mes: Journal Of Mathematics Education And Science, 7(2), 1–9. https://Doi.Org/10.30743/Mes.V7i2.4979
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asril Ramadhani, Rusydi Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

