IMPLEMENTASI MEDIA POTRAME DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG SISWA SMP

Authors

  • Nuriana Rachmani Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Elisa Mutiara Fatmadewi Universitas Negeri Semarang
  • Faiza Jasmine Syakir Universitas Negeri Semarang
  • Verda Chamelia Putri Universitas Negeri Semarang
  • Adinda Cahya Fadillah Universitas Negeri Semarang
  • Fawwaz Haryolukito Pambudi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2723

Keywords:

Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), POTRAME, Jajanan Tradisional , Pemahaman Matematis , Bangun Ruang Sisi Lengkung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran POTRAME: Inovasi Pop-Up Book berbasis Augmented Reality Pada Jajanan Tradisional Khas Nusantara Guna Meningkatkan Oemahaman Matematis Materi Bangun Ruang. Latar belakang penelitian didasari oleh masih terbatasnya kemampuan siswa dalam memvisualisasikan objek tiga dimensi, khususnya bangun ruang sisi lengkung serta kurangnya variasi media pembelajaran yang interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Subjek penelitian melibatkan 25 siswa SMP Negeri di Kota Semarang dengan instrumen berupa tes pemahaman konsep. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menghasilkan nilai signifikansi pretest sebesar 0,141 dan posttest sebesar 0,750, keduanya lebih tinggi dari 0,05 sehingga data terdistribusi normal. Selanjutnya, hasil uji paired sample t-test memperlihatkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan POTRAME efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung.

References

Agustini, K., Nurmaningsih, N., & Hodiyanto, H. (2021). Penggunaan pop-up book untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123–134. https://doi.org/10.22342/jpm.15.2.1234

Apriyanti, F., & Malasari, D. (2023). Eksplorasi etnomatematika jajanan tradisional sebagai media konkret pembelajaran geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 10(1), 45–56. https://doi.org/10.23936/jrpm.v10i1.5678

Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, Ş., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers & Education, 142, 103647. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647

Breen, C. (2003). Mathematics teachers as researchers. In A. J. Bishop, M. A. Clements, C. Keitel, J. Kilpatrick, & F. K. S. Leung (Eds.), Second International Handbook of Mathematics Education (pp. 523–544). Dordrecht: Kluwer Academic Publishers. https://doi.org/10.1007/978-94-010-0273-8_16

Hamzah, A., Alhusna, N., Ni’mah, R., Rahaju, T., & Wahyu, D. (2024). Integrasi teknologi augmented reality dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan visualisasi spasial siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(3), 201–213. https://doi.org/10.23887/jtp.v26i3.9101

Huda, M. (2018). Pemanfaatan makanan tradisional sebagai sarana pembelajaran etnomatematika dalam materi geometri. Jurnal Etnomatematika, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.31949/etno.v2i1.101

Nardi, E., & Iannone, P. (2002). Students, bicycles and the quirks of symbolic language in mathematical logic. In S. Goodchild (Ed.), Proceedings of the Conference of the British Society of Research Into the Learning of Mathematics (Vol. 22(2), pp. 49–54). Bristol, UK.

Pratama, R., Lestari, N., & Santoso, B. (2024). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman geometri siswa SMP. Infinity Journal, 13(2), 99–110. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.2345

Putri, V. C., Malasari, D., & Prasetyo, R. (2025). Analisis kesulitan siswa SMP dalam memvisualisasikan bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 14(1), 22–33. https://doi.org/10.26737/jpmi.v14i1.5678

Rahman, A., & Nurhayati, S. (2021). Augmented reality sebagai media interaktif untuk pembelajaran matematika tiga dimensi. Journal of Educational Technology, 8(2), 145–156. https://doi.org/10.23887/jet.v8i2.765

Schoevers, E. M., Leseman, P. P. M., & Kroesbergen, E. H. (2019). Enriching mathematics education with visual arts: Effects on elementary school students’ ability in geometry and visual arts. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(5), 1045–1065. https://doi.org/10.1007/s10763-019-10018-z

Sitaresmi, A., Nugraha, R., & Setiani, M. (2025). Efektivitas penggunaan media pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 88–97. https://doi.org/10.22437/jipm.v9i1.456

Sudirman, A., & Setiawan, D. (2024). Hambatan belajar siswa SMP dalam memahami luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 77–86. https://doi.org/10.26714/jmpm.v13i2.890

Turmuzi, M., Rahman, H., & Fitriani, A. (2023). Integrasi budaya lokal melalui etnomatematika dalam pembelajaran matematika sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(4), 301–312. https://doi.org/10.24832/jpk.v28i4.234

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current status, opportunities and challenges of augmented reality in education. Computers & Education, 62, 41–49. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.10.024

Yilmaz, R. M. (2022). Augmented reality trends in education between 2016 and 2021: A bibliometric mapping analysis. Interactive Learning Environments, 30(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2022.2028795

Buku:

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences. New York: BasicBooks.

Buku kumpulan artikel:

Wahyono, P dan Sugiarti (Eds.). 2013. Pencerahan Pendidikan Masa Depan. Malang: UMM Press

Artikel dalam buku kumpulan artikel:

Bezooijen, R. V. 2002. Aesthetic evaluation of Dutch: Comparison across dialects, accents and languages. Dalam D. Long, & D. R. Preston (Eds.), Handbook of perceptual dialectology (Vol. 2, hlm. 13-30). Amsterdam and Philadelphia: Benjamins.

Downloads

Published

2025-10-29