IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN GEMINI.AI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2771Keywords:
Adversity Quotient, Gemini.AI, Kemampuan Berpikir KreatifAbstract
Keberhasilan belajar matematika tidak hanya ditentukan oleh penguasaan konsep, tetapi juga memerlukan kemampuan berpikir kreatif dan adversity quotient yang tinggi untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan adversity quotient siswa yang belajar menggunakan berbantuan Gemini.AI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Satrya Medan dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan berpikir kreatif dan angket adversity quotient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian, data dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi pada kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,041 < 0,05 dan pada adversity quotient sebesar 0,001 < 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan. Berdasarkan hasil uji N-Gain, rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi pada kelas eksperimen yaitu 0,617, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,504. Selanjutnya, rata-rata peningkatan N-Gain adversity quotient pada kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 0,419 dan pada kelas kontrol sebesar 0,337. Dengan demikian, pembelajaran matematika berbantuan AI berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan adversity quotient siswa.
References
Afri, D. L. (2018). Hubungan Adversity Quotient Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Axiom (Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2), 47–53.
Afri, D. L., Kapita Ayu Trisiya, Siti Fatimah Sitorus, Irma Suryani Bangun, Rizka Tri Andini, Syafrida Laylani Harahap, & Rijal Hasan Harahap. (2023). Analisis Adversity Quotient Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Theorems, 8(1), 173–184.
Ammamiarihta, Siregar, M. A. P., & Sofia, N. (2025). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Andiyana, M. A. , M. R. , & H. W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran : 4 Pilar Peningkatan Komptensi Pedagogis (A. Syada, Ed.; Pertama). Kaaffah Learning Center.
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Pengunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 2180–2187.
Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustaka.
Firdaus, A. A., Asikin, M., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3).
Ginting, Siti. S. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 26–40.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Handayani, U. F. , S. C. , & S. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi “PISA.” Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 143–156.
Hasanah, U. R. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Teknologi Digital (E-Modul) Beorientasi Pada Kemampuan Pembuktian Matematis. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(1), 73–81.
Hasibuan, E. K., Dur, S., & Asshifa, F. (2022). Perbedaan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran MMP dan Media PPT. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4).
Jalil, A., Saharani, D. A., Pramono, G. T., & Wijayanti, R. (2023). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan , 1(1), 404–407.
Juliharti, L., Yanti, F., & Amini, R. (2023). Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 750–759.
Komarudin, Monica, Y., Rinaldi, A., Mutia, & Rahmawati, N. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended Dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562.
Maysarah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi FPB dan KPK. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. (2020). Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148–154.
OECD. (2019). Working and Learning Together: Rethinking Human Resource Policies for Schools, OECD Reviews of School Resources.
OECD. (2023). ISA 2022 Results: Factsheets – Indonesia. Paris: PISA, OECD Publishing.
Priyono, & S. (2020). Communication dan Collaboration sebagai Implementasi 4C dalam Kurikulum 2013 di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Research and Development Journal Of Education, 6(2), 83–89.
Qin, L. , Z. Y. , & T. W. T. (2019). The Analysis of Mathematics Adversity Quotient of Left Behind Junior High School Students in Rural Areas. Open Journal of Social Sciences, 7, 331–342.
Rahmawati, F., Yahfizham, & Sitorus, A. B. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Ratnasari, Zabelta, M., & Sholeh, F. Z. (2025). Pengaruh Artificial Intelegence (AI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kristis Matematis Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3(1), 68–76.
Afri, D. L. (2018). Hubungan Adversity Quotient Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Axiom (Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2), 47–53.
Afri, D. L., Kapita Ayu Trisiya, Siti Fatimah Sitorus, Irma Suryani Bangun, Rizka Tri Andini, Syafrida Laylani Harahap, & Rijal Hasan Harahap. (2023). Analisis Adversity Quotient Mahasiswa Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. Jurnal Theorems, 8(1), 173–184.
Ammamiarihta, Siregar, M. A. P., & Sofia, N. (2025). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Andiyana, M. A. , M. R. , & H. W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif).
Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran : 4 Pilar Peningkatan Komptensi Pedagogis (A. Syada, Ed.; Pertama). Kaaffah Learning Center.
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak Pengunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 2180–2187.
Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustaka.
Firdaus, A. A., Asikin, M., & Agoestanto, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif pada Model Learning Cycle 5E Ditinjau dari Metakognisi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3).
Ginting, Siti. S. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 26–40.
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.
Handayani, U. F. , S. C. , & S. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Adopsi “PISA.” Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 143–156.
Hasanah, U. R. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Teknologi Digital (E-Modul) Beorientasi Pada Kemampuan Pembuktian Matematis. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 9(1), 73–81.
Hasibuan, E. K., Dur, S., & Asshifa, F. (2022). Perbedaan Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran MMP dan Media PPT. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(4).
Jalil, A., Saharani, D. A., Pramono, G. T., & Wijayanti, R. (2023). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding : Seminar Nasional Pendidikan , 1(1), 404–407.
Juliharti, L., Yanti, F., & Amini, R. (2023). Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 13(2), 750–759.
Komarudin, Monica, Y., Rinaldi, A., Mutia, & Rahmawati, N. D. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended Dan Adversity Quotient (AQ). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562.
Maysarah, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Pada Materi FPB dan KPK. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2).
Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. (2020). Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148–154.
OECD. (2019). Working and Learning Together: Rethinking Human Resource Policies for Schools, OECD Reviews of School Resources.
OECD. (2023). ISA 2022 Results: Factsheets – Indonesia. Paris: PISA, OECD Publishing.
Priyono, & S. (2020). Communication dan Collaboration sebagai Implementasi 4C dalam Kurikulum 2013 di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Research and Development Journal Of Education, 6(2), 83–89.
Qin, L. , Z. Y. , & T. W. T. (2019). The Analysis of Mathematics Adversity Quotient of Left Behind Junior High School Students in Rural Areas. Open Journal of Social Sciences, 7, 331–342.
Rahmawati, F., Yahfizham, & Sitorus, A. B. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Ratnasari, Zabelta, M., & Sholeh, F. Z. (2025). Pengaruh Artificial Intelegence (AI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kristis Matematis Siswa. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 3(1), 68–76.
Saidah, I., Dwijanto, & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 1042–1045.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fajar Interpratama Mandiri.
Siregar, T. J., & Alchairunnisa, P. (2024). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(5).
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah hambatan Menjadi Peluang. Terjemahan: T. hermaya. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sukarelawa, I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik Dalam Desain One Group Prestest-Posttest. Suryacahya.
Suyitno, A. (2020). Growth of student mathematical creativity as part of 4C competence for entering the 21 st century. Journal of Physics: Conference Series, 1567(2), 4–9.
Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media.
Widiyanto, A., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Adversity Quotient Pada Materi Dimensi Dua. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 64–73.
Yahfizham, Maysarah, S., & Amanda, A. S. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Avita Salsabila, Siti Maysarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

