ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI GAYA BERPIKIR
DOI:
https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i2.2817Keywords:
gaya , Literasi matematika, berpikirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika peserta didik Sekolah Dasar ditinjau dari gaya berpikir. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan instrumen berupa tes literasi matematika, angket gaya berpikir, wawancara, dan observasi. Metode triangulasi yang digunakan oleh peneliti yaitu berupa obersevasi, angket, dan wawancara mendalam untuk menganalisis data melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Peserta didik dengan gaya berpikir sekuensial konkret (SK) dan sekuensial abstrak (SA) memperoleh skor lebih tinggi karena cenderung berpikir runtut, sistematis, dan logis. Sebaliknya, peserta didik dengan gaya berpikir acak konkret (AK) dan acak abstrak (AA) menunjukkan kreativitas dan fleksibilitas, tetapi masih kurang teliti dan konsisten. Temuan ini menegaskan bahwa gaya berpikir berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika, sehingga guru perlu menyesuaikan strategi pembelajaran dengan keragaman gaya berpikir siswa.
References
Atika Putri Restyani, & Subekti, F. E. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Literasi Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(2), 48–54. https://doi.org/10.21009/jrpms.082.06
Elenna, E., Setiani, A., & Imswatama, A. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Pada Gaya Kognitif di Era Implementasi Merdeka Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2261–2276. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2629
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306
Febrianti, S., Rahmat, T., Aniswita, & Fitri, H. (2023). Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal Pisa pada Siswa Kemampuan Tinggi Berdasarkan Gender. Journal Of Social Science Research, 3(4), 10100–10109.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Hitdayaturahmi, H., & Handayani, F. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal AKM Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Journal of Education Research, 5(4), 5146–5153. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1796
Ika Febriana, Ameliya Ameliya, Cindy Angelina Saragi Napitu, Mutia Agustin Purba, & Yumna Khairi Amani Piliang. (2024). Analisis Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Kemampuan Matematika Di Tinjau Dari Data PISA 2022. Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(4), 230–235. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.122
Izzati, N., Nurhafika, & Rahmatina, D. (2023). Analisis Literasi Matematika Siswa Dengan Gaya Berpikir Sekuensial Konkret Dan Acak Konkret Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Akm. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 5(2), 89–98. https://doi.org/10.55719/jrpm.v5i2.836
Kamid, Fadila, K., & Novferma. (2025). Analisis kecemasan matematis terhadap kemampuan mengkonstruksi pengetahuan matematika siswa SMP. JIPMat :Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 43–55.
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468
Marni, & Pasaribu, L. H. (2021). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1902.
Monica Praneswari, P., Wijayanti, K., Rachmani Dewi, N., Mariani, S., & Rosyida, I. (2025). Meta-Analisis: Penerapan Problem Based Learning Terhadap Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 81–91. https://doi.org/10.26877/jipmat.v10i1.1400
Nurinayah, I. N., & Nur, I. R. D. (2023). Analisis Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 9(2), 137–148. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v9i2.7864
Rahma, N. A., Sugilar, H., & Suprianti, D. (2024). Peran Literasi Matematika pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Analisa, 10(2), 116–126. https://doi.org/10.15575/ja.v10i2.40262
Ramdhani, F. G., & Purnomo, H. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika Kelas V Sd Negeri 1 Bendungan. Wahana Sekolah Dasar, 31(2), 142. https://doi.org/10.17977/um035v31i22023p142-151
Riyanti, A. G. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Flashcard. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 27(1), 7.
Rosyada, sa’ida M. A., & Wardono. (2021). Analisis Kualitatif Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Daring Model MURDER dengan Pendekatan Humanistik …. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 397–405. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45044
Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vellisa Khotijah, Mimin Ninawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

