PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Authors

  • Ekadian Kartika Putri Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Universitas PGRI Semarang
  • Yanuar Hery Murtianto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/jipmat.v9i1.470

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Pocket Book Math, Berpikir Kreatif

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Media pembelajaran merupakan penghubung dalam rangka memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa terkait materi yang sedang dipelajari. Kurangnya inovasi media pembelajaran yang inovatif dan mudah dipahami dalam pembelajaran juga menjadi salah satu alasan kurangnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Media pembelajaran yang sederhana bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencari sebuah solusi dengan mengembangkan media pembelajaranpocket book math berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan bulat. Media yang tidak hanya sebagai bahan ajar cetak tetapi juga bisa diakses melalui perangkat seperti handphone untuk mendukung pembelajaran outclass atau bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran pocket book math yang valid (layak), efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum diujicobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 84% dan ahli materi 87%. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan efektifitas penggunaan media pada pembelajaran pada data akhir untuk uji ketuntasan kelas ekperimen diperoleh 75% sehingga tercapai. Selanjutnya dilakukan uji beda rerata dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, 3,732 > 1,999, maka H0 ditolak. Sedangkan uji n-Gain untuk kelasekperimen diperoleh 0,54 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pocket book math efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hasil dari respon pengguna berkriteria sangat baik dengan persentase 91,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pocket book math praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133.

Al-Tabany, & Badar, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Ariyantika, D., Farida, F., & Rakhmawati, R. (2019). Pengembangan Pocket Book of Mathematic pada Siswa Berkebutuhan Khusus untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 175–183.

Bafadal, I. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development Learning Model of Charactereducation through E-comic in Elementary School. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–

Farida, F. (2015). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik melalui Pembelajaran Berbasis VCD. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 25–32.

Joko, W., & Tri, N. H. Y. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425–436.

Nayono, S. E., & Nuryadin, E. R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Kuliah Computer Aided Design. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(4), 340–347.

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323–332.

Setyono, Y. A. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. UNS (Sebelas Maret University).

Sugiyono. ( 2017 ) . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2004). Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Downloads

Published

2024-05-13