Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini

Authors

  • Nida Ulfadilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ocih Setiasih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062

Keywords:

Morning Journal, Pre-literacy, Early childhood, Jurnal Pagi, Pra literasi, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract

Literacy is one of the competencies that every individual must have in the current era of globalization, so that every individual can compete and can obtain information and apply it. In Indonesia itself, interest in literacy is still very low. Pre-literacy is the term for the introduction of literacy at the PAUD level where this pre-literacy is related to the introduction of reading and writing. One of the strategies used to increase pre-literacy in PAUD children is morning journaling. The objective of this research is to determine how Morning Journal Activities are an Effort to Develop Early Childhood Literacy and to explore the extent of the importance of implementing morning journals in early childhood education today as an effort to develop children's literacy. The research method employed involves conducting a library research or literature review. Researchers took literature from relevant journals and new journal years. This morning's journal activity is very important because it is able to stimulate pre-literacy in early childhood, both in writing, remembering what compass to read, telling stories and communicating well. Through these activities, we can create effective, free and enjoyable activities for children.

Keywords: Morning Journal; Pre-literacy; Early childhood

 

Abstrak

Literasi adalah kemampuan yang wajib dimiliki setiap individu diera globalisasi saat ini, agar setiap individu dapat bersaing serta dapat meraih informasi dan menerapkanya. di Indonesia sendiri minat literasi masih sangat rendah terlihat dalam hasil PISA 2022 hasil penilaian mengenai minat literasi di Indonesia masih berada di peringkat bawah. Pra literasi merupakan sebutan pengenalan literasi pada jenjang PAUD dimana pra literasi ini berkaitan dengan pengenalan membaca, menulis. Salah satu cara yang digunakan untuk peningkatan pra literasi anak PAUD yakni Jurnal pagi. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana kegiatan jurnal pagi sebagai upaya pengembangan literasi anak usia dini serta mengeksplorasi sejauh mana pentingnya penerapan jurnal pagi dalam pendidikan anak usia dini saat ini sebagai upaya pengembangan literasi anak. Metode penelitian yang digunakan melalui studi pustaka atau studi literatur. Peneliti mengambil literatur dari jurnal yang relevan serta tahun jurnal yang masih baru. Kegiatan Jurnal pagi ini sangat penting dilakukan karena mampu menstimulasi pra literasi anak usia dini, baik dalam menulis, mengingat kosakata membaca, bercerita serta berkomunikasi dengan baik. Melalui kegiatan tersebut dapat menciptakan kegiatan yang efektif, bebas serta menyenangkan bagi anak

Kata kunci: Jurnal Pagi; Pra literasi; Anak Usia Dini

References

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Eka, T. J., Endang, B., & Halida. (2016). Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Lagu-Lagu Nasional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 1–23.

Karimah, F., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Melalui Bercerita Jurnal Pagi Dan Story Telling Pada Anak Usia 4-5 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 321–336. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9239

Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.

Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Kemdikbudristek, 1–38.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (pp. 9–46). http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kurniasih, K., Supena, A., & Nurani, Y. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Lailiyah, U., & Nur, F. N. (2020). Kesiapan Belajar Anak melalui Jurnal Pagi di TK ABA Giwangan Yogyakarta. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 82–89. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.9

Lamadang, K. P., Nasulii, S. H., Pista, P., & Mayasari, Y. (2024). Faktor Rendahnya Kemampuan Literasi Bahasa Anak PAUD KB Durratul Hikmah. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(1), 171–176.

Lestariningrum, A., Dwiyanti, L., Prastihastari Wijaya, I., & Dela Selfia, D. (2024). Pra literasi sebagai Implementasi metode bermain untuk anak usia dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 7069–7081.

Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 7–13. https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131

Masitoh, I., Novalinda, N. A., Ramadhani, P. A., & Pangandaran, S. A. (2022). Penerapan Pra Literasi Pada Anak Usia Dini Di Tk Fajar. 01(1), 43–53.

Muluk, I. N., & Gustina, A. D. (2024). Pengaruh Program Rumah Anak Sigap Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 151–159. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17262

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurkhalizah, E. (2022). Pelaksanaan Kegiatan Jurnal Pagi Dalam Menumbuhkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK IT Harapan Umat Karawang. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 93–103.

OECD. (2022). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Pusari, R. W., Pramono, S. E., & ... (2023). Globalisasi Pendidik Paud Melalui Budaya Literasi. Prosiding Seminar …, 639–642. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/2195%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/2195/1678

Salingkat, S. (2023). Penerapan Pra Literasi Menggunakan Metode Bermain. Damhil Education Journal, 3, 63–67. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2088

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 41–53.

Septiani, D., Abdullilah, A., & Rahman Sidik, P. N. (2023). Pengaplikasian Cerpen dan Puisi Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Menulis Pada Anak- Anak di Lingkungan Limo Tengah RT 04 RW 03 Depok - Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 26–33. https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i2.602

Sinurat, P., Samosir, R., & Uranus Zamili. (2024). Hubungan Kegiatan Baris Berbaris Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Beringin Permai. Jurnal Talitakum, 3(1), 45–51. https://doi.org/10.69929/talitakum.v3i1.14

Syam, A. F., & Damayanti, E. (2020). Capaian Perkembangan Bahasa Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 71–88. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6235

Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis (KAM). Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 10(2), 318–327.

Tambunan, S. S. (2020). Kemampuan Menggambar Bebas Pada Jurnal Pagi di TKIT Bunayya 7 Alhijrah 2 Laut Dendang. Jurnal Ansiru, 4(1), 1–17.

Utami, M. (2021). Implementasi Metode Jurnal Pagi Dalam Menumbuhkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Prosiding Seminar Nasional “Digital Learning Untuk Pembangunan Berkelanjutan Menuju Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” 25–30.

Zahra, A., & Safrida, S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Pemahaman Literasi Anak Desa Terpencil di Aceh Barat. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 1(2), 21. https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i2.47696

Downloads

Published

2024-10-25