Analysis of Parenting in Shaping Character in Early Childhood

Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter pada Anak Usia Dini

Authors

  • Bagas Oktaris Novia Novia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeni Rachmawati Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1102

Keywords:

Parenting, Character, Early Childhood, Pola Asuh, Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract

Parents have a significant role in shaping their children's character from an early age through proper parenting. The parenting style applied by each parent varies greatly, adjusted to the conditions of the parents and also the needs of the child and is influenced by many other factors. Therefore, the purpose of this study is to analyze the parenting patterns applied by parents in shaping certain characters in early childhood. This research uses the Systematic Literature Review (SLR) method. Data searches were conducted using the google scholar electronic database. Then analyzed descriptively by setting inclusion and exclusion criteria. Based on the results of the study, 3 forms of parenting were obtained, namely democratic, authoritarian, and permissive in shaping character in children. Parents can combine these forms of parenting according to the situation, conditions and the right portion. The character values that can be formed through the combination of parenting are tolerance, independence, polite, religious, respectful, disciplined, caring, adaptable, honest, responsible, confident, hard work, friendly, open attitude, simple, brave, fair, patient, and leadership. From the results of this study, it is hoped that parents can be wiser in applying parenting patterns for their children and not only focus on one parenting pattern that is considered the best.

Keywords: Parenting; Character; Early Childhood

Abstrak

Orang tua memiliki peran cukup besar dalam membentuk karakter anaknya sejak dini melalui pola asuh yang tepat. Pola asuh yang diterapkan setiap orang tua sangat bervariasi, disesuaikan dengan kondisi orang tua dan juga kebutuhan anak serta dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola asuh yang diterapkan orang tua dalam membentuk karakter tertentu pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Pencarian data dilakukan menggunakan database elektronik google scholar. Kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menetapkan kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 3 bentuk pola asuh yaitu demokratis, otoriter, dan permisif dalam membentuk karakter pada anak. Orang tua dapat mengombinasikan bentuk pola asuh tersebut sesuai dengan situasi, kondisi dan porsi yang tepat. Adapun nilai karakter yang dapat dibentuk melalui kombinasi pola asuh tersebut adalah toleransi, kemandirian, sopan, religius, hormat, disiplin, peduli, mudah menyesuaikan diri, jujur, bertanggungjawab, percaya diri, kerja keras, bersahabat, sikap terbuka, sederhana, berani, adil, sabar, dan kepemimpinan. Dari hasil penelitian ini, diharapkan orang tua dapat lebih bijak lagi dalam menerapkan pola asuh bagi anaknya dan tidak hanya terfokus pada satu pola asuh yang dianggap paling baik.

Kata kunci: Pola Asuh; Karakter; Anak Usia Dini

References

Adpriyadi, & Sudarto. (2020). Pola Asuh Demokratis dalam Pengembangan Potensi Diri dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.572

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan dasar, 8(1), 50-58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Ayub, D. (2022). Karakter Disiplin Anak Usia Dini: Analisis Berdasarkan Kontribusi Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7293–7301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3565

Darmawanti, R. R. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education (IJIGAEd), 3(2), 64–78. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/IJIGAEd/

Fajriah, H., & Luthfiani Roemin, dan M. (2021). Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini di TK Tiga Serangkai Desa Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 80–90. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v7i1.8536

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak di Era Globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1–6. http://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/PEJS/index

Haeriah, B. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak PGRI Gerunung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 184–188. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/jime/article/view/340

Hardianti, F., & Adawiyah, R. (2023). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 7(01), 171–177. https://doi.org/10.29408/goldenage.v7i01.17444

Hasanah, U. (2016). Pola Asuh dalam Membentuk Karakter Anak. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 72-82. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/pola-asuh-orangtua-dalam-membentuk-karakter-anak

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2018). Character Education in Early Childhood Based on Family. Early Childhood Research Journal, 1(1), 50-62. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj

Heny Priska, V. (2020). Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 193–201. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/433

Joseph, M. V, & John, J. (2008). Impact of Parenting Styles on Child Development. Global Academic Society Journal: Social Science Insight, 1(5), 16–25. www.ScholarArticles.net

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

Kurnia Sari, D., Saparahayuningsih, S., & Suprapti, A. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak yang Berperilaku Agresif (Studi Deskriptif Kuantitatif di TK Tunas Harapan Sawah Lebar Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1-6. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.1.1-6

Kusmiati, E., Yunia Sari, D., & Mutiara, S. (2021). Pola asuh Orangtua dalam Membentuk Disiplin Anak di Masa Pandemi. PERNIK Jurnal PAUD, 4(2), 78-93. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5424

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal , 3(2), 101–112.

Lestari, M. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 84–90. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26777

Lubis, J., Sintiya, Lestari, S., & Khadijah. (2022). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 2080-2089. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5027

Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331–5341. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3114

Nazifa, N., Santi, T. D., & Arbi, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Di TK Pembina Lembah Sabil Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 1(4), 255-265. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jkes/home

Nur Pitaloka, N., Suhardini, A. D., & Mulyani, D. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Jujur pada Anak Usia Dini. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 2(2), 21–26. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v2i2.3160

Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, M. R. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 4(1), 91–102. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1

Pratiwi, R., Mardeli, & Fitri, I. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter dengan Karakter Anak Usia Dini Desa Lubuk Karet Ke. Betung Kab. Banyuasin. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5). 1273-1278.

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis dengan Kemandirian Anak di Kelompok A PAUD Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Potensia, 2(1), 23–31. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/3710

Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak: Sebuah Tinjauan dari Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30-39. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW

Saputri, L., & Nasution, S. (2023). Model Pengasuhan Terhadap Pembentukan Karakter Anak Panti Asuhan Al –Washliyah Kota Binjai. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 39–49. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15548

Septiani, M., Astuti, M., & Fitri, I. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Desa Cahaya Alam Kecamatan Semende Darat Ulu. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 174-187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6561

Sukamti, L., & Widiastuti, A. A. (2022). Implementasi Disiplin Positif Oleh Orang tua dalam Proses Pengasuhan Terhadap Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 532–537. https://doi.org/10.26877/paudia.12311

Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638

Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1852

Tsamrotul Apipah, F., Nurhayati, R., Auladina Solihah, Z., Khaerunnisa, G., & Yusuf Muslihin, H. (2023). Program Parenting SOS (Sekolah Orang Tua Santri) Di TK Ihya Assunnah Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 116–129. https://doi.org/10.26877/paudia

Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985

Widya Saputra, F., & Turhan Yani, M. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037-1051. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/37073

Downloads

Published

2025-01-23