Analisis Penggunaan Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di Desa Kebonharjo Kecamatan Patebon

Authors

  • Nabila Pramesthi Salma Reghita Universitas PGRI Semarang
  • Anita Chandra Dewi Sagala Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi Purwadi Universitas PGRI Semarang
  • Ismatul Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Mila Karmila Universitas PGRI Semarang
  • Agung Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Nila Kusumaningtyas Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1134

Keywords:

Youtube, Child social development, Perkembangan sosial anak

Abstract

Abstract
Parental supervision and parental policies while scolding their children whether they are allowed to watch
Youtube alone or not have a great influence on children's social development because basically users of
the Youtube application who are less controlled will have a negative influence on children. The purpose of this
study was to describe how the Use of the Youtube Application in the Psychosocial Development of Children
Aged 5-6 Years in Kebonharjo Village, Patebon District, Kendal Regency. The research method used qualitative
with 5 children as research objects and the research technique used interviews, observations and documentation,
with the results of the study that there were positive and negative influences on children's psychosocial
development. The negative impact is that children are less social and less enthusiastic about learning, while the
positive impact is that children can obey the rules in the duration of using Youtube. The contribution in this study
provides insight to parents to increase supervision of Youtube use in children which can have an impact on their
psychosocial development.
Keywords: Youtube; Child psychosocial
Abstrak
Pengawasan orang tua dan kebijakan orang tua sambil memarahi anaknya sudah boleh menonton youtube sendiri
atau belum sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak karena pada dasarnya pengguna
aplikasi youtube yang kurang terkontrol akan menjadi pengaruh negatif buat anak. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan bagaimana penggunaan aplikasi youtube dalam perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun
di Desa Kebonharjo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan
obyek penelitian 5 anak dan teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi,dengan
analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh positif dan negative pada perkembangan psikososial
anak. Dampak negative anak kurang bersosialisasi dan kurang bersemangat belajar, sedangkan dampak
positifnya yaitu anak dapat menaati aturan dalam durasi penggunaan youtube. Kontribusi dalam penelitian ini
memberikan wawasan terhadap para orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan penggunakan Youtube pada
anak yang dapat berdampak pada perkembangan perkembangan sosialnya.
Kata kunci: Youtube; Perkembangan sosial anak

References

Anonim. (2017). Teori Psikososial Erikson dan Perkembangannya. https://dosenpsikologi.com/teori-psikososial-erikson

Ashyla, F. H., Maranatha, J. R., & Muqodas, I. (2023). Analysis of psychosocial development in early children reviewed based on parents’ parenting in Purwakarta sub-district. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 508–519. https://doi.org/10.33369/jip.8.2.

Berliana, D., Rosidah, L., & Sayekti, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 23–37. https://doi.org/http://doi.org/10.19105/tjpi

Dewi Sayekti, Anita Chandra D.S., M. K. (2022). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Jetak Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan, 2(1), 70–78.

Febrianisa, A. E., Imanuloh, N. R., Desi, R., & Wulandari, T. (2023). Analisis Manajemen Resiko Penggunaan Aplikasi Youtube Pada Anak Usia Dini. 66–71.

Harining, N. L. S., & Suardana, I. K. P. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua dalam Menekan Dampak Negatif Konten Short Video Media Online YouTube pada Anak Usia Dini. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(1), 854–863.

Harismi, A. (2020). Memahami Pengertian Anak Usia Dini dan Karakteristiknya. Diambil Kembali Dari Sehatq. Com: Https://Www. Sehatq. Com/Artikel/Memahami-Pengertian-Anak-Usia-Dinidan-Karakteristiknya.

Hastuty, M., & Rosidah, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun. 6(1), 102–109.

Khadijah, N. Z. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Medan Sunggal: Merdeka Kreasi.

Kristianus, K. (2019). Pengaruh YouTube Terhadap Perkembangan Anak-Anak Di Indonesia. Communication binus.

Latifatul Khasanah. (2023). Generasi Emas Anak Usia Dini.

Lismanda, Y. F. (2017). Pondasi perkembangan psikososial anak melalui peran ayah dalam keluarga. Viractina: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 89–98.

Mohammad Salehudin. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. 5(2), 106–115.

Mudianti, H. (2023). Analisis Dampak Tayangan YouTube Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. 1(1), 1–7.

Pertiwi, N. P., Widayati, S., & Sulistyani, A. R. (2022). Parents’ Views on YouTube in Early Childhood Education. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 115–122. https://doi.org/10.17509/ebj.v4i2.40707

Pohan, N., Yani, Z., & Noviardi, R. (2023). Sosialisasi Cerdas Berteknologi Bagi Anak dan Remaja Mushalla Nurjannah. Pendidikan Dan Pelatihan, 7(1), 95–101. https://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/1306%0Ahttps://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/download/1306/867

Puspita, O., Elan, E., & Mulyadi, S. (2022). Perkembangan Psikososial Anak Usia Dini yang Mengalami Keterlambatan dalam Berbicara. 6(2), 215–220.

Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di Sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 137–145.

Siti, O., Kartika, R., Marlina, N. C., Si, M., K, A. W., & Sos, S. (n.d.). Makna Youtube Bagi Seorang Ibu.

Sulastri, S., & Rini, S. H. S. (2022). Hubungan Jenis Aplikasi Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah Di Kecamatan Weleri. Jurnal Surya Muda, 4(2), 118–132.

Weinstein, A., & Lejoyeux, M. (2015). New developments on the neurobiological and pharmaco‐genetic mechanisms underlying internet and videogame addiction. The American Journal on Addictions, 24(2), 117–125.

Wijanarko Jarot, E. S. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital. Keluarga Indonesia Bahagia.

Downloads

Published

2024-11-30