Correlation between Fine Motor Development and Children's Pre-Writing Skills

Korelasi antara Perkembangan Motorik Halus dan Keterampilan Pra Menulis Anak

Authors

  • Desvi Wahyuni Universitas Bengkulu
  • Elisa Aprillia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Febrianti Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Fauzi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1160

Keywords:

Writing, Fine Motor Skills, Early Childhood

Abstract

Abstract

This study aims to see the relationship between fine motor development and pre-writing skills in children aged 4-5. This study uses a quantitative approach in the form of correlation involving 45 children aged 4-5 years in Kindergarten X Palembang. Data collection in the study in the form of observation, questionnaires, and documentation was analyzed using SPPS version 29 to test validity, reliability, normality test, linearity test, and hypothesis test. From the calculation obtained, the value of r count = (0.343), while df = n (45) -2 = 43 with a significant level (0.05). The calculation obtained, r count > r table, shows a relationship between the two variables tested. Following the criteria for hypothesis testing, namely r count > r table, Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is a relationship between fine motor development and pre-writing skills there is a relationship between fine motor development and pre-writing skills of children aged 4-5 years in Kindergarten X Palembang.

Keywords: Writing; Fine Motor Skills; Early Childhood

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perkembangan motorik halus dan keterampilan pra menulis pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk korelasional dengan melibatkan 45 anak usia 4-5 tahun di TK X Palembang. Pengumpulan data pada penelitian berupa observasi, angket, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan SPPS versi 29 untuk menguji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis. Dari perhitungan tersebut diperoleh nilai r hitung= (0,343) sedangkan df= n (45)-2= 43 dengan taraf signifikan (0,05). Dari perhitungan tersebut didapat r hitung > r tabel yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara dua variabel yang diujikan. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yakni r hitung > r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dilihat bahwa terdapat hubungan antara perkembangan motorik halus dan keterampilan pra menulis anak usia 4-5 tahun di TK X Palembang. Sehingga, dengan pemberian stimulasi yang tepat untuk perkembangan motoric halus, akan berdampak pula pada keterampilan pra menulis pada anak.

Kata kunci: Pra Menulis; Motorik Halus; Anak Usia Dini

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: Teori, diagnosis, dan remediasinya. Rineka Cipta.

Agustriana, N., & Wahyuni, D. (2025). Stimulasi kemampuan berbahasa melalui kegiatan edutainment “WordWall” untuk anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 95–104. https://doi.org/10.31004/AULAD.V8I1.871

Akbar, G. F., Karta, I. W., & Astawa, I. M. S. (2022). Pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif, motorik halus dan sosial emosional pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Labuhan Haji. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2695–2703. https://doi.org/10.29303/JIPP.V7I4B.1042

Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). Keterampilan penting sebelum anak siap menulis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2519–2532. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1973

Anindita, D. N., Utami, M. S. S., & Eriany, R. P. (2024). Melatih konsentrasi pada anak TK-B dengan brain gym. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 105–114. https://doi.org/10.26877/PAUDIA.V13I1.17811

Ardi, W. I., & Devianti, R. (2021). Peran guru terhadap aktivitas bermain anak usia dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 125–134. https://doi.org/10.46963/MASH.V4I02.344

Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi pemanfaatan alat permainan edukatif (APE) dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21831/JPA.V6I1.15678

Astuti, E. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik pada balita usia 4-5tahun di TK Siswa Harapan Ciliwung Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.47560/KEB.V9I1.241

Dinehart, L. H. (2015). Handwriting in early childhood education: Current research and future implications. Journal of Early Childhood Literacy, 15(1), 97–118. https://doi.org/10.1177/1468798414522825

Elan, E., Gandana, G., & Patimah, E. (2023). Studi literatur: Peningkatan kemampuan menulis permulaan melalui media writing skills board pada anak usia 4-5 tahun. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 2481–2492. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2288

Falera, A. (2024). Optimizing soft motoric stimulation as a pre-writing activity for early childhood with dysgraphia tendency. Efektor, 11(2), 118–125. https://doi.org/10.29407/E.V11I2.23768

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (1st ed.). Badan Penerbitan Universitas Diponogoro.

Hasanah, E. N. (2023). Hubungan Perkembangan Motorik Halus, perkembangan motorik kasar dan sosial emosional terhadap kejadian stunting pada usia 24 – 59 bulan di puskesmas Karet Kuningan Kecamatan Setiabudi tahun 2022. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 2(4), 681–687. https://doi.org/10.53801/OAJJHS.V2I4.128

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi perkembangan . Erlangga.

Larasati, W. E., Wahyuni, D., & Astuti, M. (2024). Media benda nyata specimen : Eksperimen terhadap stimulasi sensori anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 21(2), 113–123. https://doi.org/10.17509/EDUKIDS.V21I2.71701

Lestari, R. A., & Watini, S. (2023a). Implementasi Model ATIK dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak usia 4-5 tahun melalui les privat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 53–62. https://doi.org/10.37905/AKSARA.9.1.53-62.2023

Lestari, R. A., & Watini, S. (2023b). Implementasi model ATIK dalam meningkatkan kemampuan pra menulis anak usia 4-5 tahun melalui les privat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 53–62. https://doi.org/10.37905/AKSARA.9.1.53-62.2023

Maryani, D., Rahayu, S., & Iskandar, M. R. (2023). Upaya meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggambar menggunakan penggaris putar di BKB PAUD Musdalifah Ciracas Jakarta Timur. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 227–239. https://doi.org/10.26877/PAUDIA.V12I2.15936

Meilani, F., & Musthofa, A. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik halus anak batita (toodler) di Posyandu Anggrek Merah RW 08 Cilolohankelurahan Hahuripan Kota Tasikmalaya. Jurnal Sehat Masada, XV, 102–111.

Mulyani, W. H., Sufa, F. F., & Wahyuseptiana, Y. I. (2024). Peningkatan Kemampuan pra membaca dan pra menulis melalui collaborative play usia 4-5 tahun. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(1), 217–223. https://doi.org/10.33087/DIKDAYA.V14I1.625

Noviana, A. karisma, & Tabi’in, A. (2024). Upaya Guru dalam Menstmulasi Gangguan Bahasa untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia dini melalui media pasir di RA Radhotussibbyan Hadirul Ulum Tasikrejo. SINAU Seminar Nasional Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 509–518. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2221

Novianti, R., Marega, D., & Wahyuni, D. (2022). Tebona: Permainan untuk melatih konsentrasi anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.19109/RA.V6I1.13292

Riskayanti, S., & Suwardi. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan finger painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61–69. https://doi.org/10.36722/JAUDHI.V1I1.567

Ropikoh, Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Penggunaan media pasir untuk kemampuan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(2), 182–193. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V5I2.1445

Santrock, J. W. (2008). Perkembangan anak (11th ed.). Erlangga.

Sartika, I. D., Wahyuni, D., Agustini, A. ’A, Aryanti, Sari, L. D., & Larasati, W. E. (2023). Desain pembelajaran kecerdasan kinestetik berbasis pendekatan reggio emillia pada anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 188–202. https://doi.org/10.26877/PAUDIA.V12I2.15640

Satria, M. H., Aliriad, H., Kesumawati, S. A., Fahritsani, H., Endrawan, I. B., & S, A. (2023). Model pengembangan keterampilan motorik my home environment terhadap anak disabilitas intelektual. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2336–2347. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V7I2.4415

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Ulfadilah, N., & Setiasih, O. (2024). Kegiatan jurnal pagi sebagai upaya mengembangkan kemampuan pra literasi anak usia dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 351–358. https://doi.org/10.26877/PAUDIA.V13I2.1062

Verina, A., Mulyana, E. H., Qonita, & Svitri, D. (2024). Implementasi pendidikan keselamatan untuk memfasilitasi perilaku keselamatan anak usia dini. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 7(2), 145–151.

Wahyuni, D., Sartika, I. D., & Atika, N. (2023). Kesiapan Implementasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUDHI). Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 73–89. https://doi.org/10.19109/RA.V7I1.20578

Wardana, R. W., Yanti, F. A., Ardina, M., & Fitri, E. A. (2024). Development and design of cooperative contextual reconstruction oriented science learning (KOKO) for students with special needs. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 6(2), 112–126. https://doi.org/10.29300/IJISEDU.V6I2.2392

Yanti, E., & Fridalni, N. (2020). Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), 225–236. https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.761

Downloads

Published

2025-02-13