The Image of a Good Child in the Main Character of the Nona Series Picture Story Book by Dian Novitasari
Citra Anak yang Baik pada Tokoh Utama Buku Cerita Bergambar Seri Nona Karya Dian Novitasari
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1252Keywords:
Image, Good Children, Picture Story BookAbstract
Abstract
Storybooks have an important role in building children's character. Through story books, children observe how the characters in them are, especially the main character. Previous studies focused a lot on character. This research aims to describe good children in the main character of the Nona Series picture book by Dian Novitasari which consists of 6 books. These books are Halo, Aku Nona, Ayo Bantu Ibu dan Ayah, Saatnya Bermain, Tersesat di Pasar, Hiih, Nona Takut! and Serunya Naik Angkutan Umum. The research employs a descriptive qualitative method. Data collection techniques utilize document analysis. The results of the study indicate that there are 16 good child images in the book. These images include being cheerful, independent, brave, helpful, tidy, exploratory, respectful of others, honoring parents, obedient, and socialize, likes animals, likes traditional games, brave, admits mistakes and apologizes and has initiative. This research can be used as a reference for educators and writers to create inspirational texts and images for young children.
Keywords: Image; Good Children; Picture Story Book
Abstrak
Buku cerita mempunyai peran penting dalam membangun karakter anak. Melalui buku cerita, anak mengamati bagaimana tokoh-tokoh yang ada di dalamnya, terutama tokoh utama. Penelitian-penelitian terdahulu banyak berfokus pada karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan anak baik pada tokoh utama buku cerita bergambar Seri Nona karya Dian Novitasari yang terdiri dari 6 buku. Buku-buku tersebut antara lain berjudul Halo, Aku Nona, Ayo Bantu Ibu dan Ayah, Saatnya Bermain, Tersesat di Pasar, Hiih, Nona Takut! dan Serunya Naik Angkutan Umum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 16 citra anak baik dalam buku tersebut. Citra ini mencakup bersikap ceria, mandiri, berani, suka menolong, rapi, eksploratif, menghargai orang lain, menghormati orang tua, patuh, bersosialisasi menyukai binatang, menyukai permainan tradisioanal, pemberani, mengakui kesalahan dan meminta maaf serta memiliki inisiatif. Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi pendidik dan penulis untuk menciptakan teks dan gambar yang inspiratif bagi anak usia dini.
Kata kunci: Citra; Anak yang Baik; Buku Cerita Bergambar
References
Agustin, P., Cholimah, N., & Tjiptasari, F. (2023). Stimulasi Kemandirian Anak Menggunakan Metode Project Based Learning di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7288–7298. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5761
Amril, R., & Pransiska, R. (2021). Analisis Buku Cerita Bergambar “Bee Series” Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 175–184. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3488
Aprily, N. M., Chaerunnisa, P., Handayani, R., Wulandari, R., & Kotrunnada, S. A. (2023). Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 130–138. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473
Astuti, A. P., Hutfatuningtias, D., & ... (2021). Hubungan Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan pada Anak. Proceeding …. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/NaSReCD/article/view/1104
Aziz, M. T., & Susan, T. (2021). Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Sondah Gunung (Engklek). El-Mujtama: Jurnal Pengabdian …. https://doi.org/DOI:10.47467/elmujtama.v1i1.262
Azwar, B. (2023). Pembentukan Disiplin Santri dengan Pembiasaan dalam Teori Behavioristik di TK Ummatan Wahidah Curup. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 163–175. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.13494
Daffa, M. A., & Faisal, D. (2022). Buku Cerita Interaktif Dalam Membangun Rasa Saling Menghargai Pada Anak Usia 4-5 Tahun. DEKAVE : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 12(1), 90. https://doi.org/10.24036/dekave.v12i1.117143
Diana Putri, F., Rahmawati, A., & Shofiatin Zuhro, N. (2022). Spiritual Parenting Pada Anak usia Dini (Vol. 10, Issue 4). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v10i4.56189
Dzhorova, B. G. (2020). The preschool child: Initiative, active and independent. 215–226. https://doi.org/10.32591/coas.e-conf.04.19215d
Faidah, C. N. (2018). Dekonstruksi Sastra Anak: Mengubah Paradigma Kekerasan Dan Seksualitas Pada Karya Sastra Anak Indonesia. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2458
Fatimah, S., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2020). Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum Anak dalam Bersosialisasi di TK Dharma Wanita Kempleng II. PRESCHOOL Jurnal Perkembangan Anak Usia Dini, 2. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.9507
Fitriyana, R., Vira Zwagery, R., & Safitri, J. (2019). Perbedaan Perilaku Menolong Pada Anak Usia Dini yang Diberikan Cerita Moral yang Menekankan Emosi Negatif Pengamat dengan Cerita Non Moral di PAUD Idaman Banjarbaru. In Jurnal Kognisia (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jk.v2i2.1672
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v6i2.28400
Hasanah, N., Tinggi, S., Islam, A., Raya, B., Mira, S., Lubis, Y., Silfa, S., Pulungan, H., Alamat, S., Ki, J., Dewantara, H., 66 B, N., Lawas, P., & Utara, S. (2024). Penerapan Kegiatan Pembelajaran Eksplorasi Dalam Mengembangkan Kognitif Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Di TK Yudi Pratama Desa Pagur Satio. 2(1), 57–68. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i1.867
Hasanati, N. (2019). Implementasi metode pembelajaran tradisional “kucing dan tikus” dalam meningkatkan perkembangan social emosional anak di RA Al-Wardah Sumberrejo Jaken. repository.iainkudus.ac.id. http://repository.iainkudus.ac.id/3094/
Hasirci Aksoy, S., & Kucukavsar, A. (2021). A Content Analysis of National and International Graduate Theses on Children’s Literature. In Dil Eğitimi ve Araştırmaları Dergisi (Vol. 7, Issue September 2017). https://doi.org/10.31464/jlere.831792
Hayati, S. N., & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344
Heldanita. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1).
Huang, S., & Cui, C. (2020). Preventing Child Sexual Abuse Using Picture Books: The Effect of Book Character and Message Framing. Journal of Child Sexual Abuse, 29(4), 448–467. https://doi.org/10.1080/10538712.2020.1719449
Izzaty, R. E. (2018). Happiness in early childhood. Psychological Research and Intervention, 1(2), 64–77. https://doi.org/DOI:10.21831/pri.v1i2.22024
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2023). Arti kata akurasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. KBBI.
Khadijah, & Nurul, zahraini jf. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Korotaeva, E. V., & Svyattseva, A. V. (2016). Initiative Development in Preschool Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233, 280–286. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.127
Nabila, S. U., Lestari, G. D., & Yulianingsih, W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Kepedulian Lingkungan pada Anak Usia Dini melalui Prinsip Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1105–1118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3859
Neves, C. M., Meireles, J. F. F., da Rocha Morgado, F. F., & Ferreira, M. E. C. (2018). Physical appearance concerns and behaviors of children: A qualitative approach. Psicologia Em Estudo, 23. https://doi.org/10.4025/psicolestud.v23.e40289
Nguyen, A. (2022). “Children Have the Fairest Things to Say”: Young Children’s Engagement with Anti-Bias Picture Books. Early Childhood Education Journal, 50(5), 743–759. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01186-1
Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra Anak Dan Pembentukan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3), 25–40. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.232
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Putra, H. M., Prakasa, A., & Kurniati, P. (2022). Internalisasi Nilai Kemandirian Anak melalui Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3846–3854. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2342
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Russell, S. J., & Cain, K. (2022). The animals in moral tales: Does character realism influence children’s prosocial response to stories? Journal of Experimental Child Psychology, 219. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2022.105392
Saakinah Tamsil, I. (2022). Pesan Pantang Menyerah dan Ikhlas Melalui Teknik SinematografiI pada Film “Nusa the Movie 2021.” Calacitra, 02. https://jurnal2.isi.dps.ac.id/index.php/calaccitra
Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni, S. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan: Teori …. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364
Suhaili, A. (2023). Memahami Konsep Alquran tentang Birrul Walidain : Kewajiban dan Penghormatan kepada Orangtua dalam Islam. Al Bayan , 6. https://doi.org/https://doi.org/10.35132/albayan.v6i2.430
Sunengsih, N. (2022). Penanaman Nilai Kejujuran pada Anak di Lingkungan Keluarga. ISTIGHNA, 5(1).
Thahir, A. (2018). Psikologi Perkembangan. Aura Publisher. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/11010
Toha-Sarumpaet, R. K. (2014). Pedoman Penelitian Sastra Anak: Edisi Revisi. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 7, Issue 2).
Trismahwati, D., & Sari, N. I. (2020). Identifikasi Kemampuan Kerjasama Naka Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. … Pendidikan Anak Usia Dini. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/204
Wardiyaningsih, B., Munawar, M., & Karmila, M. (2017). Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua: Sudi Komparatif pada Anak Kelompok A RA Al Iman Ungaran. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v6i2.2108
Yasari, K., Tegeh, I. M., & ... (2017). Pengaruh Permaianan Tradisional Engklek Terhadap Kemampuan Anak dalam Mengenal Angka Pada Kelompok B di TK Bayu Kumdhala. … Pendidikan Anak Usia …. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v5i2.11592
Yuswara, L. (2021). Citra Perempuan dalam Buku Anak 20 Cerita Manis Diambil dari Majalah Bobo. Nuansa Indonesia, 23(1), 85–103. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/ni.v23i1.55918
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.