The Application of Religious Singing Methods in Improving Religious Knowledge in Early Childhood
Penerapan Metode Bernyanyi Religi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Keagamaan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1829Keywords:
Singing Method, Religious Knowledge, Early ChildhoodAbstract
Abstract
Instilling moral and religious values from an early age is very important for shaping children's religious character. One effective and enjoyable learning method is through singing religious songs. This study aims to explain the application of the religious singing method in improving the religious knowledge of early childhood students at RA Imama Kedungpane, Mijen, Semarang City. The study employs a qualitative approach with all students in class B2 as subjects. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. The results indicate that the religious singing method creates a pleasant learning environment, facilitates children's understanding of religious material, and enhances their religious knowledge. The religious songs used in the learning activities made the children more enthusiastic and actively involved in the learning process. The study also identified positive responses from the children during the activities and demonstrated the potential of this method as a learning strategy that supports the development of religious values in young children. Therefore, the religious singing method is worthy of further development as part of educational innovation in early childhood education in general.
Abstrak
Penanaman nilai moral dan agama sejak usia dini sangat penting untuk membentuk karakter religius anak. Salah satu metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan adalah melalui bernyanyi lagu-lagu religi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode bernyanyi religi dalam meningkatkan pengetahuan keagamaan anak usia dini di RA Imama Kedungpane, Mijen, Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek seluruh peserta didik kelas B2. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi religi mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mempermudah anak dalam memahami materi keagamaan, serta meningkatkan pengetahuan agama mereka. Lagu-lagu religi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran membuat anak lebih antusias dan terlibat aktif dalam proses belajar. Penelitian ini juga mengidentifikasi respon positif anak selama kegiatan serta menunjukkan potensi metode ini sebagai strategi pembelajaran yang mendukung pengembangan nilai keagamaan pada anak usia dini. Dengan demikian, metode bernyanyi religi layak dikembangkan lebih lanjut sebagai bagian dari inovasi pembelajaran di pendidikan anak usia dini secara umum.
Kata kunci: Metode Bernyanyi; Pengetahuan Keagamaan; Anak Usia Dini
References
Abrivani, V., & Sholichah, L. W. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Tematik Tema 2 Di Kelas Ii Mi Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Abnauna: Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.52431/jurnalilmupendidikananak.v2i1.2190
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Anggraini, W., & Syafril, S. (2023). Pengembangan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Osfpreprints, 1–9.
Aprily, N. M., Chaerunnisa, P., Handayani, R., Wulandari, R., & Kotrunnada, S. A. (2023). Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 130–138. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473
As, M., Agustin, M., Rahman, T., & Robayanti, D. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Permainan Edukatif dalam Meningkatkan Kecerdasan Jamak Anak Raudhatul Athfal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 242–258. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.972
Ayyubi, I. I. Al, Noerzanah, F., Herlina, A., Halimah, S., & Sa’adah, S. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget DalamPembelajaran Anak Usia Dini. ALMAHEER Jurnal Pendidikan Islam, 2, 83–90. https://doi.org/10.69503/ijert.v4i2.932
Busahdiar, Karimah, U., Farihen, Wahyuni, S., Qursiasih, P., Fahriah, P. H., & Mu’minah, U. (2023). Edukasi Anak Usia Dini: Pentingnya Belajar Pendidikan Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–8. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/581%0Ahttps://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/download/581/498
Fadilah, S. R. N., Hidayat, H., & Muftie, Z. (2023). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Lagu Religi Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 13, 26.
Fauziah, Q. (2023). Penerapan Metode Wawancara Narasumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.51878/language.v3i2.2305
Hanipudin, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(2), 117. https://doi.org/10.18592/jea.v6i2.4109
Ifah, M. (2024). Urgensi Perkembangan Jiwa Keagamaan Pada Anak Usia Dini. Cons-Iedu, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.51192/cons.v4i1.814
Imroatun, Bastian, A. B. F. M., Imoy, S., Pandini, F. D., & Santoso, F. S. (2024). Pengenalan Literasi Keagamaan Melalui Metode Kreatif Dan Interaktif Untuk Anak Usia Dini. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 14, 137–150.
Indrawati, E., Raharjo, T. J., & Formen, A. (2025). Hubungan Pemahaman dan Harapan Orang Tua dengan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Usia dan Status Pendidikan. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 183–196. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1285
Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482
Karmila, M. (2016). Implementasi Pendekatan Klarfikasi Nilai atau Values Clarification Techinic (VCT) Dalam Pembelajaran Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Paudia, 2(1), 126–141.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter Pra Sekolah). Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Khasanah, U., & Istikharoh, N. (2020). Peningkatan Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Di Tk Muslimat NU 10 Tarbiyatul Masyithoh Kebumen Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 2(01), 1–9. https://doi.org/10.53863/kst.v2i01.17
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Mukti, A., Wulandari, I. I., Rahayu, S. F., & Ramadhani, D. K. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Mengembangkan Nilai Agama Moral Anak Usa Dini DI Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 65–82.
Munirah, M., & Tapu, Z. R. (2022). Pentingnya Menerapkan Nilai-Nilai Moral Keagamaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 2(3), 141–152. https://doi.org/10.55883/jipkis.v2i3.33
Murdiono, M. (2018). Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 38(2), 167–186. https://doi.org/10.21831/jk.v38i2.20730
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD (A. Kamsyach (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Nafisatur, M. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.
Naif, M. M., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Gabriel Manek Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1729–1736.
Nikmah, A., Shofwan, I., & Loretha, A. F. (2023). Implementasi Metode Project Based Learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4857–4870. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4999
Nurhayati, N., Sudamara, N., Amrullah, & Durrotunnisa. (2024). Pengembangan Pengenalan Nilai Keagamaan dan Akhlak pada Masa Golden Age: Melibatkan Kegiatan Bernyanyi Religi dalam Pembelajaran Anak. Jurnal Al-Thariqah, 9(1), 33–49. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.
Nurohma, N. (2017). Strategi Pengembangan Kegiatan Keagamaan Anak Usia Dini Di TK Harapan Ibu Tanah Mas Banyuasin. El-Ghiroh, 13. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005 %0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983
Pujianti, Y., Rosa, A. T. R., Nuryati, E., & Aminah, S. (2025). Bagaimana Anak Usia Dini Memahami Pendidikan Nilai-Nilai Agama ? PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 359–375. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1603
Ramadhini, F. (2021). Analisis Nilai-Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini dalam Tayangan Film Kartun Nusa dan Rara. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 9(1), 53–68. https://doi.org/10.24952/di.v9i1.3626
Rijkiyani, R. P., Syarifuddin, S., & Mauizdati, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2986
Risman, K., Saleh, R., Susanto, A., & Hanafi, H. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5539–5552. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5165
Rohmah, N. H., Pusari, R. W., Prasetiyawati, D., & Hariyanti, D. (2025). Analisis Penerapan Nilai Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 210–225. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1564
Rukmana, T., Rosyid, A., & Elvia, F. (2022). Metode Bernyanyi Islami: Penanaman Nilai Tauhid pada Anak Sejak Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 14. https://doi.org/10.24235/awlady.v8i1.9640
Saedah, S., Masruroh, W., & Aziz, T. (2020). Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan). Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 10–22. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2974
Sari, D. M., & Muthohar, S. (2025). Implementasi Metode Bercerita Interaktif untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(2), 226–241. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1573
Sugiyono. (2008). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. ALFABETA, cv.
Syafmaini, I. E. S., Shantini, Y., & Joni Rahmat Pramudia. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 192–207. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.478
Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di era Digital. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Yuliani, R., Pamungkas, J., & Cholimah, N. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Akhlak Budaya (Abud) pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7557–7567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4649
Zulaeha, V. S., & Setiasih, O. (2025). Read Aloud Sebagai Sarana Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini : Studi Literatur. 14(1), 38–54. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1182
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Zumrotul Mardhiyah, Sofa Muthohar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.