Pengembangan Aplikasi Android Matematika Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Imam Azro’I Institut Pesantren Mathaliul Falah
  • Farah Kamelia Ali Putri Institut Pesantren Mathaliul Falah
  • Nia Lailin Nisfah Institut Pesantren Mathaliul Falah
  • Al Khoridatul Anisah Institut Pesantren Mathaliul Falah
  • Desy Fitriyanti Institut Pesantren Mathaliul Falah

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.467

Keywords:

Early Chilhood Math, Android, SDLC, Mobile Application, Matematika Anak Usia Dini, Aplikasi Seluler

Abstract

Abstract

Teachers at Early Childhood Education institutions stated that mathematics lessons for Early Childhood (AUD) only included the introduction of numbers, geometry and measurement. Whereas according to the (National Council of Mathematics Teachers), mathematics for AUD includes 5 standard mathematical processes: problem solving, reasoning and proof, communication of mathematical ideas, mathematical representations, and mathematical connections, and includes 5 content standards which include Numbers and their operations, algebra, geometry , measurement, data analysis and probability. The results of the PISA score show that mathematics needs to be taught from an early age (since in Early Childhood Education institutions) so that students are familiar with mathematical calculations. The purpose of this research is to make mathematics learning media that can be used by early childhood easily and is also accompanied by quizzes. The method in this study is the Research and Development (R&D) method. The research that will be carried out by researchers is the development of information systems, because of that their R&D research uses a special approach to designing information systems. The approach used in the design of information systems will be carried out using the SDLC (System Development Life Cycle) method.

Keywords: Early Chilhood Math; Android; SDLC; Mobile Application

Abstrak

Guru lembaga Pendidikan Anak Usia Dini menyatakan bahwa untuk pelajaran matematika bagi Anak Usia Dini (AUD) hanya meliputi pengenalan angka, geometri dan pengukuran. Padahal menurut (The National Council of Teachers of Mathematics), matematika untuk AUD meliputi ada 5 standar proses matematika: pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian, komunikasi gagasan matematika, representasi matematika, dan koneksi matematika, dan meliputi 5 standar isi yang meliputi Angka dan operasionalnya, aljabar, geometri, pengukuran, analisis data dan probabilitas. Hasil skor PISA mengindikasikan bahwa matematika perlu diajarkan sejak dini (sejak di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini) agar siswa terbiasa dengan perhitungan matematika. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran matematika yang dapat digunakan oleh usia anak usia dini secara mudah dan juga disertai dengan kuis. Metode dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan pengembangan sistem informasi, dan menggunakan pendekatan khusus untuk perancangan sistem informasi. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem informasi yang dilakukan menggunakan metode SDLC (Sistem Development Life Cycle).

Kata kunci: Matematika Anak Usia Dini; Android; SDLC; Aplikasi Seluler

References

Afni, R. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Pengenalan Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 22–34.

Ali, M., Ichsan, I., & Kasmiati, K. (2021). Pengaruh Permainan Teka-teki Angka dan Huruf Terhadap Kecerdasan Logika-Matematika Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 254-265. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8737

Brown, C. V., Dehayes, D. W., Hoffer, J. A., Martin, E. W., & Perkins, W. C. (2010). CONTENTS : CASE STUDIES.

Dwi Febriati, L., Fauziah, A., Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan UNRIYO, P., & III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan UNRIYO, P. D. (2019). Intensitas Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pra Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 488–497.

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina kec. Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 49-54.

Handayani, F. F., Munawaroh, F., Kurniawan, N. A., & Devianti, R. (2022). Metode Bermain: Upaya Menstimulusi Perkembangan Matematika Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(02), 73-84.

Maulyda, M. A. (2020). PARADIGMA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NCTM (Issue January). CV. IRDH MALANG.

Misrawati, M., & Suryana, D. (2022). Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Tematik terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 298-306.

Nazidah, M. D. P., Zahari, Q. F., & Chasanah, T. U. (2022). Kesiapan Belajar Calistung Siswa SD Kelas Rendah dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Layananan Bimbingan Konseling. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 417-428. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11232

Nisa, M. K., & Rejeki, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1–8.

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rozi, F., Mubarak, A. F., & Humaidah, H. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 266-277.DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.8339

Schleicher, A. (2018). Effect of normovolemic anemia with HES on distribution of cardiac output in dogs (Japanese). In PISA 2018 Insights and Interpretations (pp. 12–17).

Suprapti, E. (2015). Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Dengan Microsoft Powerpoint Ispring Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v2i1.27

Smith, S. S. (2006). Early Childhood Mathematics.

Sousa, K. J., & Oz, E. (2014). Management information systems for the information age seventh edition.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1),119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 153–159. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9355

Wijaya, A. B., & Andriyono, R. O. (2020). Penerapan HOTs Pada Media Pembelajaran Game Matamatika Dengan Metode DGBL. JITU : Journal Informatic Technology And Communication, 4(2), 25–33. https://doi.org/10.36596/jitu.v4i2.258

Downloads

Published

2024-11-30