Pengaruh Pemberian Reward Stempel Prestasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Raudhotut Tholibin Bungo

Authors

  • Laili Maulida Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Anita Afrianingsih Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.494

Keywords:

Reward, Learning Motivasion, Achievement Stamp, Hadiah, Motivasi Belajar, Stempel Prestasi

Abstract

Abstract

The low learning motivation of group A students at TK Raudhotut Tholibin Bungo was the basis for this research. Providing achievement stamp rewards is an activity that can increase learning motivation for young children. This research aims to determine the influence of giving achievement stamp rewards on the learning motivation of young children in group A of Raudhotut Tholibin Bungo Kindergarten. This type of research is pre-experimental quantitative research with a one-group pretest post-test design. The sample in this study was students in group A of Raudhotut Tholibin Bungo Kindergarten, namely 25 children. Data collection for this research uses observation and documentation techniques through pretest and posttest activities, while data analysis techniques use validity, reliability, and t-tests.  The results of this research were a significant increase from the average pretest score of 16.84 to a posttest score of 28.92 after providing treatment through achievement stamp rewards. The results of the research show that giving achievement stamp rewards has a big influence on children's learning motivation. Based on these results, it is hoped that teachers will have creativity and develop more innovation to increase learning motivation in young children so that children have enthusiasm for learning and good learning achievements to prepare themselves for higher levels of education. This research provides a way and makes it easier for teachers to increase the learning motivation of young children through the medium of providing attractive rewards.

Keywords: Reward; Learning Motivasion; Achievement Stamp

Abstrak

Rendahnya motivasi belajar anak pada kelompok A TK Raudhotut Tholibin Bungo menjadi alasan mengapa dilakukan penelitian ini. Pemberian reward stempel prestasi merupakan kegiatan yang  meningkatkan semangat atau motivasi belajar anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian reward stempel prestasi terhadap motivasi belajar anak usia dini di kelompok  A TK Raudhotut Tholibin Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pre experimental dengan desain one group pretest post test design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik pada kelompok  A TK Raudhotut Tholibin Bungo, yaitu sebanyak 25 anak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi melalui kegiatan pretest dan posttest, sedangkat teknik analisi data menggunakan uji validits, resbilitas, dan uji-t.  Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan yang signifikan dari skor rata-rata pretest sebesar 16,84 menjadi skor posttest sebesar 28,92 setelah dilakukan pemberian treatment melalui reward stempel prestasi. Hasil penelitian menunjukkan  pemberian reward stempel prestasi terhadap motivasi belajar anak memiliki pengaruh yang besar. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan guru memiliki kreativitas dan lebih mengembangkan inovasi untuk meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini, agar anak memiliki semangat belajar dan prestasi belajar yang baik untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini memberikan cara sekaligus memudahkan guru dalam meningkatkan motivsi belajar anak usia dini melalui media pemberian reward yang menarik

Kata kunci: Hadiah; Motivasi Belajar; Stempel Prestasi

References

Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18072

Afrianingsih, A., Amalia, D., & Damayanti, S. S. (2023). The effectiveness of providing rewards and punishment for moral development of early childhood. 74–85.

Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101–2113. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128

Anggriani, D., & Eliza, D. (2023). Pengaruh Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 12–27. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17241

Astari, T., Nur Aisyah, S., & Andika Sari, D. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 141–155. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90

Chintia, N., Studi, P., Anak, P., & Dini, U. (2019). PENERAPAN REWARD DAN PUNISHMENT PENDAHULUAN Luluk Asmawati , suatu proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola perilaku dan kebiasaan tertentu , terutama untuk meningkatkan kualitas demikian , keluarga mental dan disiplin Dengan dalam sebagai mengatak. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Pelitapaud ©, 112–120.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Faridatun Nisa, T., & Suhermanto, F. (2014). Pengaruh Pemberian Motivasi Terhadap Prestasi Belajar AUD Dalam Education Golden Garden For Children. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 1(2), 76–146.

Febianti, Y. N. (2018). Jurnal Edunomic Vol. 6, No. 2, Tahun 2018 93. Jurnal Edunomic, 6(2), 93–102. https://core.ac.uk/download/pdf/229997374.pdf

Gunawan, M. L., Djoehaeni, H., & Gustiana, A. D. (n.d.). Hubungan Tingkat Kesejahteraan dengan Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. 12(2), 176–187. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.15587

Hajar, F., & Wardhani, J. D. (2022). Pengaruh Pemberian Stimulasi Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. 6(6), 6245–6257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3325

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Meuthia, N. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. 10(2), 354–363.

Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian penguatan ( reinforcement ) dan kreatifitas mengajar guru sebagai determinan motivasi belajar siswa ( reinforcement and teacher creativity as determinant of student. 5(1), 83–96. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Nurhidayah, W. A. (2023). Pemberian reward dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak usia dini di bustanul athfal aisiyah kalilandak.

Pratiwi, E. F., & Nurjaman, A. R. (2023). Analisis efek pemberian reward ”Bintang Prestasi” terhadap motivasi belajar siswa kelas 2 SDN Cimekar. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1), 35. https://doi.org/10.26418/jdn.v1i1.65779

Rompas, C. A., Wijayanti, T. D., Kristen, U., & Wacana, S. (2024). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050

Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468

Skrip, P. S. I., & Mu, A. (2018). ustakaan IAIN Pekalongan Perpustakaan IAIN Pekalongan.

Susanti, L. (2015). Pemberian Motivasi Belajar kepada Peserta Didik. Jurnal PPKn & Hukum, 10(2), 71–83.

Susanti, M. D. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 646–650. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12358

Ta, K. M., & Puspitasari, R. (2016). PENGARUH PEMBERIAN HADIAH ( REWARD ) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI TK TUNAS MUDA KARAS. November 2015, 53–55.

Downloads

Published

2024-06-19