Pola Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay)
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.499Keywords:
Pola Interaksi, keterlambatan bicara, anak usia diniAbstract
Abstract
The pattern of social interaction in children who experience speech delays (Speech Delay) is an important aspect that influences language development and children's social interaction abilities. This research aims to examine the patterns of social interaction that cause speech delays and the impacts of speech delays. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects were 4 people, 1, a 4 year old child who was a student at Al Azhar Kindergarten 10 Serang, along with the student's parents and class teacher. Data collection techniques through observation and interviews. The data analysis technique is carried out through three stages, namely data reduction, data presentation and conclusions. The research results show that the social interaction pattern that has the potential to be a factor causing speech delay is assimilation in the form of the use of bilingual communication by parents at home and is an associative interaction pattern. Meanwhile, the social interaction patterns that are the impact of speech delay are conflicts and contraventions which are dissociative interaction patterns. It is hoped that the results of this research will be useful in optimizing language development as well as preventing speech delay and therapy for pre-school children who experience speech delay.
Keywords: Interaction patterns, speech delay, early childhood
Abstrak
Pola interaksi sosial pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (Speech Delay) adalah suatu aspek penting yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan kemampuan interaksi sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pola interaksi sosial yang menjadi penyebab speech delay dan yang merupakan dampak dari speech delay Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah 4 orang, 1, anak usia 4 tahun yang merupakan siswa TK Al Azhar 10 Serang, beserta orang tua siswa dan guru kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pola interaksi sosial yang berpotensi menjadi faktor penyebab speech delay adalah asimilasi dalam bentuk penggunaan komunikasi dwibahasa oleh orangtua di rumah dan merupakan pola interaksi asosiatif. Sementara, pola interaksi sosial yang merupakan dampak dari speech delay adalah konflik dan kontravensi yang merupakan pola interaksi disosiatif. Hasil kajian atas penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam upaya optimalisasi perkembangan bahasa serta pencegahan speech delay dan terapi bagi anak pra sekolah yang mengalami speech delay.
Kata kunci: Pola Interaksi, keterlambatan bicara, anak usia dini
References
Adniy, S. R., Nugroho, D. A., & Apsari, N. C. (2023). Perkembangan Sosial Pada Anak Bilingual. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 3(3), 139. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3.49285
Aminah, S., & Ratnawati. (2022). MENGENAL SPEECH DELAY SEBAGAI GANGGUAN KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK ( KAJIAN PSIKOLINGUISTIK ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah , STKIP Muhammadiyah Kuningan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah , STKIP Muhammadiyah Kuningan Info Artikel Abstrak Ab. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah, 8(2), 79–86.
Ardiansyah, M. (2020). perkembangan bahasa dan deteksi dini keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia dini. Guepedia.
Arnianti. (2019). Teori Perkembangan Bahasa. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 139–152. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Az Zahra, N., Hendriawan, D., & Anesty Mashudi, E. (2023). Kecemasan Berbahasa Asing pada Calon Pendidik Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 335–348. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.217
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Berlianti, A., & Sundari, N. (2020). GANGGUAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4 TAHUN YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA.
Creswell, J. W. (2014). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran.
Fauzia, W., Fithri Meiliawati, & Ramanda, P. (2020). Mengenali dan menangani speech delay pada anak. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 102–110.
Hadriyanti, U. P. (2021). POLA INTERAKSI SOSIAL KONTRAVENSI PADA SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH MATARAMNo Title.
Hapiz, A. (2021). ANALISIS POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGKELAK MAS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Hidayat, A. (2022). Interaksi Sosial Anak Speech Delay Di Sekolah Raudhatul Athfal Al Barkah Kecamatan Citeras Kabupaten Serang. Journal, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.46306/jas.v1i1
I. Herpiyana, N. I Hasanah, R. (2021). Interaksi Sosial Anak Yang Memiliki Speech Delay Ika. Jurnal Smart Paud, 4(1), 11–22.
Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool, 2(2), 206–216. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026
Karisma, W. T., Prasetiyawati, D., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102.
Khoiriyah, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (Speech Delay).
Kurnia, L. (2020). Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. Jurnal Aksioma Al-Asas:Jurnal Islam Anak Usia Dini, 1(2), 70–85.
Kusuma Djati, A. (2023). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BIBLIOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK SPEECH DELAY DI PAUD INKLUSI HARAPAN BUNDA WITA KARTASURA. Journal of Engineering Research.
Marsal, A., & Hidayati, F. (2017). Pengaruh smartphone dengan interaksi sosial. Jurnal Ilmiyah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 78–84. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i1.3529
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu.
Muslimat, A. F., Lukman, L., & Hadrawi, M. (2020). Faktor dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33648/alqiyam.v1i1.122
Nafiah, Q. N., & Maemonah, M. (2021). Analisis Pembiasaan Berbahasa Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 278–288. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9000
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & Sumarlam, S. (2019). ANALISIS BAHASA LISAN PADA ANAK KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) USIA 5 TAHUN. Jurnal Lingua, 15.
Putra, R. P. (2022). INTERAKSI SOSIAL ANAK PANTI ASUHAN ADE IRMA SURYANI NASUTION BATUSANGKAR. 8.5.2017, 2003–2005.
R.P., S. M., & Nur Wahyumiani. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Saputra, K. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia Prasekolah. Repository Unja, 1–14.
Siva, E., Rohmah, N., & Sasmiyanto, S. (2019). HUBUNGAN BERMAIN DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI RA. NAHDLATUTH- THALABAH KESILIR KECAMATAN WULUHAN. Unmuh Jember, 2–14.
Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Raja Wali Press.
Sri Winarti, R. N. A., Shafa Fitriyani, Anisa Rizqi Rahmatillah, & Lathipah Hasanah. (2022). Evaluasi Speech Therapy Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Speech Delay. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(1), 25–44. https://doi.org/10.15642/jeced.v4i1.1858
Syam, A. F., & Damayanti, E. (2020). Capaian Perkembangan Bahasa Dan Stimulasinya Pada Anak Usia 4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 71–88. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6235
Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.519
Viandari, K. D., & Susilawati, K. P. A. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 76. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p08
Wahyudi, A. (2015). Konflik, Konsep Teori Dan Permasalahan. Jurnal Publiciana, 8(1), 1–15.
Yulianda, A. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 41 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK BALITA. 2019, 3(2), 41–48. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool/article/download/12026/pdf
Zulkarnaini, Chaizuran, M., & Rahmati. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Speech Delay pada Anak Usia Dini di Paud IT Khairul Ummah. Darussalam Indonesia Journal of Nursing and Midwifery, 5(1), 42–52. http://jurnal.sdl.ac.id/index.php/dij/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.