Pengembangan Immersive Learning Berbasis Virtual Reality Dalam Pengenalan Rumah Ibadah Agama Kristen untuk AUD

Authors

  • Desy Novitasari Universitas Tanjungpura
  • Dian Miranda Universitas Tanjungpura
  • Siska Perdina Universitas Tanjungpura
  • Lukmanulhakim Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.508

Keywords:

Education, Early Childhood Education, Early Childhood, Immersive Learning, Virtual Reality, Pendidikan, Anak Usia Dini

Abstract

Abstract

Immersive learning allows children to see the subject matter in a real way because the media used in this type of learning can display actual objects that correspond to real conditions. One of the advantages of virtual reality (VR) is its ability to facilitate an interactive learning environment and provide a learning experience that supports students' abstract thinking and communication. The aim of this study is to develop immersive learning based on virtual reality to create a breakthrough in the education sector, making it easier for teachers to introduce Christian places of worship virtually. The method used is Research and Development with the ADDIE model. The research development results show that virtual reality used for introducing Christian places of worship to early childhood achieved an average score of 5, categorized as highly feasible based on all aspects validated by material and media experts, and practical tests conducted by teachers and effectiveness tests conducted with early childhood users. Based on the research data, the development of virtual reality is deemed feasible and effective for introducing Christian places of worship to early childhood.

Keywords: Education; Early Childhood; Immersive Learning; Virtual Reality;

Abstrak

Pembelajaran immersive anak-anak dapat melihat secara nyata tentang pembelajaran yang sedang dipelajari, karena media yang digunakan dalam pembelajaran immersive ini bisa menampilkan objek yang nyata yang sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Mampu memfasilitasi lingkungan belajar yang interaktif dan memberikan pengalaman belajar yang mendukung pemikiran dan komunikasi abstrak siswa adalah salah satu keunggulan virtual reality (VR). Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan pembelajaran immersive berbasis virtual reality yang menciptakan terobosan baru dalam dunia pendidikan agar memudahkan guru dalam mengenalkan tempat ibadah agama kristen berbasis virtual. Metode yang digunakan adalah Research and development dengan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa virtual reality yang digunakan untuk pengenalan rumah ibadah agama Kristen pada anak usia dini mendapatkan nilai rata-rata 5 dikategorikan sangat layak berdasarkan semua aspek yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah di uji coba kepraktisan pada pengguna guru dan keefektifan produk pada anak usia dini. Berdasarkan data penelitian tersebut pengembangan virtual reality layak atau efektif digunakan untuk pengenalan rumah ibadah agama Kristen pada anak usia dini.

Kata kunci: Pendidikan; Anak Usia Dini; Immersive Learning; Virtual Reality

References

Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. UIN Raden Intan Lampung.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Fernandez, M. (2020). Augmented-Virtual Reality: How to improve education systems. Higher Learning Research Communications, 7(1), 1. https://doi.org/10.18870/hlrc.v7i1.373

Hakim, L., & Dalli, C. (2021). ‘To be professional is a never-ending journey’: Indonesian early childhood practitioners’ views about the attitudes and behaviours of a professional teacher. Early Years, 38(3), 244–257. https://doi.org/10.1080/09575146.2016.1256275

Harefa, I. D., & Suprihatin, E. (2023). Strategi Mengatasi Problematika Mutu Pembelajaran Melalui Merdeka Belajar di Lembaga PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 70–77. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14617

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Hurrahman, M., Erlina, E., Melati, H. A., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi Dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Pembelajaran Materi Bentuk Molekul. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 89–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.22579

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia, 9(1), 126–130. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107

Kurdi, M. S. (2021). Realitas Virtual Dan Penelitian Pendidikan Dasar: Tren Saat Ini dan Arah Masa Depan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 60–85. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1317

Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 66–73. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755

Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.

Mystakidis, S., & Lympouridis, V. (2019). Immersive learning. Practical Pedagogy, 182–185. https://doi.org/10.4324/9780429485534-31

Poluan, D. M., & Arifianto, Y. A. (2023). Mengaktualisasikan Pendidikan Agama Kristen Anak dalam Pelayanan Misi. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 4(2), 95–103.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Media Pustaka.

Rompas, C. A., & Wijayanti, T. D. (2023). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050

Siahaan, M., Oktaviani, K., & Julia, J. (2021). Immersive Learning Experience pada Pembelajaran Daring dengan Penggunaan Virtual Reality. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 06, 13–20. https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i1.1052

Soelistya, D., Julhadi, Rahmi, S., Priyatiningsih, N., Siregar, M., Supriatna, U., & Saputra, N. (2023). The Effect of Immersive Learning on Students’ Cognitive and Affective Aspects. Studies in Media and Communication, 11(5), 79–84. https://doi.org/10.11114/smc.v11i5.6072

Wibowo, A. T. (2021). Strategi Penerapan Augmanted Reality dalam Pembelajaran Literasi Sain Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Didik Selama Pandemi Covid19. Prosiding Nasional Pendidikan, 196–202. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1159

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2), 176–194. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096

Downloads

Published

2024-06-23