Implementasi Nilai-Nilai Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Agribisnis di TK IT Al-Kautsar Mejobo Kudus

Authors

  • Rahma Shofa Salsabila Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Mursid Mursid Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.517

Keywords:

Early Childhood, Entrepreneurial Values, Agrribusiness, Anak Usia Dini, Nilai-Nilai Kewirausahaan, Agribisnis

Abstract

Abstract

Al-Kautsar IT Kindergarten is an agribusiness-based kindergarten in its learning activities. This is very rare to find in other kindergarten institutions. Therefore, the purpose of this study is to describe how to apply entrepreneurial values in early childhood through agribusiness activities at TK IT Al-Kautsar Mejobo Kudus. This research was conducted using descriptive qualitative method. Where data collection techniques are carried out using interview techniques, observation, documentation, and taking from various sources or other relevant data. The subjects in this study were students and students of Al-Kautsar Mejobo Kudus IT Kindergarten. The results of this study show that educators can instill or implement entrepreneurial values in early childhood at Al-Kautsar Mejobo Kudus IT Kindergarten through agribusiness activities cultivating rabbits, ornamental chickens, catfish and cultivating vegetables such as eggplants, long beans, tomatoes, sweet corn, and gambas. The findings show that educators play a very important role in providing facilities to develop the cultivation of entrepreneurial values in children because these agribusiness activities certainly require adequate space and educators, therefore these agribusiness activities need to be prepared more carefully so that their implementation can run effectively.

Keywords: Early Childhood; Entrepreneurial Values; Agrribusiness

Abstrak

TK IT Al-Kautsar merupakan TK yang berbasis agribisnis dalam kegiatan pembelajarannya. Hal ini sangat jarang kita temui pada lembaga-lembaga TK lainnya. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang cara penerapan nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini dengan melalui kegiatan agribisnis di TK IT Al-Kautsar Mejobo Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Yang mana teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, serta mengambil dari berbagai sumber atau data lainnya yang relevan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi TK IT Al-Kautsar Mejobo Kudus. Hasil penelitian ini pendidik dapat menanamkan atau mengimplementasikan nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini di TK IT Al-Kautsar Mejobo Kudus melalui kegiatan agribisnis budidaya kelinci, ayam hias, ikan lele dan melakukan budidaya sayur-sayuran seperti terong, kacang panjang, tomat, jagung manis, dan gambas. Dari temuan tersebut menunjukkan bahwa pendidik sangat berperan penting dalam menyediakan fasilitas guna mengembangkan penanaman nilai-nilai kewirausahaan pada anak karena kegiatan-kegiatan agribisnis tersebut tentunya memerlukan tempat dan tenaga pendidik yang memadai, oleh karena itu maka kegiatan agribisnis ini perlu disiapkan lebih matang lagi agar pelaksanaannya dapat berjalan secara efektif.

Kata kunci: Anak Usia Dini; Nilai-Nilai Kewirausahaan; Agribisnis

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Aliefiani, G., Putri, M., Maharani, S. P., Nisrina, G., & Penulis, K. (2022). Literature View Pengorganisasian: SDM, Tujuan Organisasi dan Struktur Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 286–299.

Amruddin, Fahmi, A., Hikmah, Nugroho, R. J., Asasandi, I. G. N. A., Pratiwi, L. P. K., Firmansyah, H., Saranani, M., Amiruddin, A., Ulyasniati, Adah, & Setyowati, E. (2021). Manajemen Agribisnis (A. I. Asir (ed.)). CV Media Sains Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.

Asir, A. I., Widaningsih, N., Hikmah, H., Anggarawati, S., Wibaningwati, D. B., Ulyasniati, U., Febrinova, R., Rianti, T. S. M., Firmansyah, H., & Arifien, Y. (2022). Paradigma Agribisnis. CV Widina Media Utama.

Ernawati, S. H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPPH Melalui Bimbingan Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 6(1), 1–6.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 2(3), 291–314.

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 105–110.

Karahayon, I. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama di SMA Yos Sudarso Sokaraja. IAIN Purwokerto.

Kartini, E. (2021). Pembinaan Guru Melalui Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Raudhatul Athfal. JENTRE, 2(2), 48–54.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82–89.

Mansyur, N. I., Pudjiwati, E. H., & Murtilaksono, A. (2021). Pupuk dan Pemupukan. Syiah Kuala University Press.

Mappa, N., & Sahlan. (2022). Analisis Proyek Agribisnis. Cv. Azka Pustaka.

Ningsih, I. F., Munastiwi, E., & Gusti, N. S. (2022). Implementasi Nilai–nilai Kewirausahaan Melalui Market Day di TK IT Ar-Rahmah. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 21–29.

Nurhafizah, N. (2018). Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 205–210.

Octavia, I. L., Nufus, H., & Rizkyah, N. (2021). Modernisasi Pertanian Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(1), 882–887.

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rohmah, L. (2017). Implementasi Pendidikan Entrepreneurship pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Sukonandi Yogyakarta. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 15–26.

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublish.

Sa’Diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46.

Subekti, I. (2022). Pengorganisasian Dalam Pendidikan. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3(1), 19–29.

Suradi, S. (2017). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(4), 522–533.

Uno, H. B. (2023). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wahjono, S. I. (2022). Manajemen dan Peran Manajer. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Wahyuni, A., & Suyadi, S. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22.

Wahyuningsih, D. (2017). Eksistensi Iuran Ili-Ili untuk Petani Padi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Raman Aji Kecamatan Raman Utara). IAIN Metro.

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60.

Yuliati, P. U. (2020). Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Literasi Media Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Internasional Kolokium 2020.

Downloads

Published

2024-08-11