Efektivitas Penggunaan Media Virtual Reality Dalam Pembelajaran Sains
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.766Keywords:
Virtual Reality, Learning Media, Learning Effectiveness, Media pembelajaran, Efektivitas pembelajaranAbstract
Abstract
The Independent Curriculum encourages qualified teachers to utilize technology with the aim of improving the quality of learning in schools. It focuses on key elements of the Independent Curriculum, including basic skills and digital skills. In fact, there are still many kindergarten teachers who are not yet technologically literate and do not have access to the latest applications for create learning media. The urgency of this research is based on poor student learning outcomes due to less than optimal understanding of the material. This must be approached in an effort to improve students' cognitive skills. This research uses data collection techniques through surveys conducted with parents of students, the extent of students' understanding in learning science at school. The results show that many students have difficulty learning science. So the existence of virtual realty media can increase students' understanding in learning science.
Keywords: Virtual Reality; Learning Media; Learning Effectiveness
Abstrak
Kurikulum Merdeka mendorong guru yang berkualitas untuk memanfaatkan teknologi dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Berfokus pada elemen kunci dari kurikulum merdeka, termasuk keterampilan dasar dan keterampilan digital. Faktanya, masih banyak guru TK yang belum melek teknologi dan belum memiliki akses terhadap aplikasi terkini untuk membuat media pembelajaran. Urgensi penelitian ini didasari oleh buruknya hasil belajar siswa akibat pemahaman materi yang kurang optimal. Hal ini harus didekati dalam upaya meningkatkan keterampilan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman bahan ajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran berbasis virtual reality serta mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis virtual reality dalam meningkatkan keterampilan pemahaman siswa Taman kanak kanak. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data melalui survey yang dilakukan kepada orang tua siswa, sejauh mana pemahaman siswa dalam pembelajaran sains disekolah. Hasilnya menyatakan bahwa banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari sains. Sehingga dengan adanya media virtual realty dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran sains.
Kata kunci: Virtual Reality; Media pembelajaran; Efektivitas pembelajaran
References
Andri, Yanti, S., & Somawati. (2023). Mengenal Huruf Alphabet Berbasis Android. 2(May), 28–33.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. ejournal.stitpn.ac.id. https://ejournal.stitpn.ac.id/Index.Php/Bintang/Article/View/558
Anshoriyah, S., Ayuni, F. J. P., Abidah, N., (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember. Jurnal Teknologi, Bisnis https://ejurnal-wit.ac.id/index.php/JTBP/article/view/85
Arianto, I. W., Hidayati, A., & ... (2023). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Materi Sistem Indra Pendengaran Pada Manusia. Jurnal Wawasan Dan https://pdfs.semanticscholar.org/89ea/96838c4e527318912769bce2acfcee667030.pdf
Asani, S. N. (2023). Systematic literature review: Efektivitas media pembelajaran IPA berbasis android dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Indonesian Journal of Intellectual Publication. http://journal.intelekmadani.org/index.php/ijipublication/article/view/358
Batubara, A. A., & Sinaga, I. A. (2023). Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Rangkuman Isi Buku Pada Perpustakaan Fakultas Berbasis Android. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan http://djournals.com/klik/article/view/1253
Choirin Attalina, S. N., Efendi, A., Niswah, N., & Nugroho, V. A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (Vr) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Materi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v11i1.2599
Fadil, M., & Wahid, N. (2021). Pembangunan Aplikasi m-Pembelajaran Secara Realiti Maya untuk Sains Tahun 4. Applied Information Technology And https://publisher.uthm.edu.my/periodicals/index.php/aitcs/article/view/2602
Hanannika, L. K., & Sukartono, S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3269
Hikmah, Nurul., M. A. (2022). Prinsip Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al- Qur ’ an. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 899–921. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2344
Laksono, A., Suhartini, S., & ... (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF TEMA TATA SURYA MELALUI DIGITAL MODULE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIC SMP 26 SEMARANG SEMESTER JOEL: Journal of. https://www.bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/5968
Lesmana, E. A., Farida, I., & ... (2021). Application of Augmented Reality Learning Media in Covalent Bond Formation Based on Valence Bond Theory To Improve Submicroscopic Representation Ability. Djati Conference Series. http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/36
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086
Novianti, I., & Arti, E. S. (2020). Pengaruh Permainan Lempar dan Tangkap Bola Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di TK Kartini Rambipuji Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/487
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333–9343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Pinem, S., Rosit, M., & Djuniarto, E. (2022). Pemberdayaan Virtual reality Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SMP Negeri 8 Jakarta. Jurnal Pengabdian. http://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/426
Rahmatika, A., Manurung, A. A., & ... (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan empati anak usia dini dengan Metode MDLC (Multimedia Development Life Sudo Jurnal Teknik. https://jurnal.ilmubersama.com/index.php/sudo/article/view/330
Safitri, E. R., Raharjo, M., & Harlin, H. (2023). Validitas Video Interaktif dengan Pendekatan Etnopedagogik Berbasis Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Aulad: Journal on Early Childhood. https://www.aulad.org/aulad/article/view/527
Sutrisno, S., Wardah, W., Panjaitan, M., Marlina, S., & ... (2023). Media Pembelajaran: Konsep Dan Aplikasi. Penerbit Tahta …. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/436
Tricahya, R. S. (2023). APLIKASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK ANAK PAUD MENGGUNAKAN HTML 5. Jurnal Teknologi Pintar. http://teknologipintar.org/index.php/teknologipintar/article/view/374
Utami, T. N., & Utami, F. (2023). Pengaruh Lembar Kegiatan Anak dengan QR Code Terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood. https://aulad.org/aulad/article/view/465
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.