Peningkatan Motorik Kasar Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama

Authors

  • Desy Sinta Dewi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Iman Nurjaman Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Evy Fitria Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.776

Keywords:

Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Senam Irama, Penelitian Tindakan Kelas, PTK, CAR, Gross Motor Skill, Early Childhood, Rhythmic Gymnastics

Abstract

Abstract

This study looks at how rhythmic gymnastics practices may help young children (ages 4-5) develop their gross motor abilities. Evidence from previous studies shows that the formative years of a child's early years are crucial for the maturation of their gross motor skills, which include the use of their limbs and other major muscles. 17 students from TK Islam Al Bayan Tangerang participated as the subject research in this study, which followed a CAR methodology with two cycles of planning, doing, observing, and reflecting. A quantitative analysis was performed on data that had been gathered via observation, interviews, and documentation. According to the study's findings, 41% of the kids' gross motor abilities were in the "Starting to Develop" stage prior to the intervention. Cycle II saw a substantial rise to 82% in the "Developing Very Well" category, after a 60% gain in the "Developing as Expected" category after cycle I. Rhythmic gymnastics programs are great for helping preschoolers develop their gross motor abilities. According to these studies, rhythmic gymnastics is a great way for kids to improve their gross motor abilities.

 

Keywords: Early-Childhood; Gross Motor Skill, Rhythmic Gymnastics; CAR

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan senam ritmik terhadap peningkatan perkembangan motorik kasar anak 4-5 tahun. Penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa kemampuan motorik kasarnya anak, yang meliputi penggunaan anggota tubuh serta otot utama lainnya, sebagian besar berkembang selama beberapa tahun pertama dalam kehidupannya. Penelitian yang melibatkan 17 siswa TK A dari TK Islam Al Bayan Tangerang sebagi subjek penelitian ini menggunakan teknik PTK, yang terdiri dari dua siklus yaitu persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Setelah mengumpulkan informasi melalui wawancara, dokumentasi, serta observasi, analisis kuantitatif dilakukan terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, 41% kemampuan motorik kasar anak berada pada tahap "MB". Pada siklus II, persentase siswa yang dinilai "BSB" meningkat secara signifikan menjadi 82%, dibandingkan dengan 60% pada siklus I yang hanya 60%. Anak-anak prasekolah dapat memperoleh manfaat yang besar dari pelatihan senam ritmik dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar mereka. Penelitian ini menemukan bahwa senam ritmik sangat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan motorik kasarnya mereka.

Kata kunci: AUD; Motorik Kasar; Senam Irama; PTK

References

Ajhuri, K. F., & Humaida, R. (2021). Efektifitas Permainan Bola dan Rintangan untuk Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 169–178. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2021.64-01

Amaliah, A., Muzakki, M., & Saudah, S. (2024). Meningkatkan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kreasi Senam Ceria Di RA Al-Hijrah Desa Hampalit, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 491–495. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.847

Baan, A. B., Rejeki, H. S., & Nurhayati, N. (2020). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Bungamputi, 6(1).

Baiti, N., & Rahman, M. A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Irama. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 5(2), 112–119. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/prymerly.v5i2.1438

Damayanti, A., Pusari, R. W., & Kusumaningtyas, N. (2021). Status Gizi Anak Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 1-2 Tahun. Paudia, 10(1), 219–227. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8252

Efriyansyah, E., Sukendro, S., & Saputra, A. (2022). TINGKAT KETERAMPILAN DASAR SEPAKBOLA DI TINJAU DARI KEMAMPUAN MOTORIK. Score, 2(2), 70–76.

Hendarsyah, A. P., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Stimulasi Layanan Rumah Anak SIGAP Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak di Kecamatan Koroncong. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 140–150. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17260

Husnah, A., & Prayogo, B. H. (2018). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 108–116. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/jecie.v1i2.454

Jannah, M. H. (2023). Penerapan Metode Bermain Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Cahaya Bunda Lampung Selatan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Maghfiroh, S. T. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(1), 40–46.

Maryuqoh, S., & Sutapa, P. (2022). Pengembangan Model Senam Si Buyung Untuk Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2345–2358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2126

Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina Betti, Osriyenti, & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619–2625. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081

Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi permainan lompat tali dalam mengembangkan motorik kasar anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06

Muriyan, O. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini 4-5 Tahun Melalui Gerakan-Gerakan Senam Di TK Negeri Pembina Kalianda Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Novita, Y. (2021). Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Senam (Kajian Literatur). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Purnama, S., Rohmadheny, P. S., & Pratiwi, H. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Islam Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, E., & Habibah, U. (2022). Pembelajaran Senam Irama Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak Kelompok A. JECER (Journal Of Early Childhood Education And Research), 3(2), 80–86.

Putri, O. Y. U. (2022). Penerapan Senam Irama dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Raudlatul Ulum Bunga Mayang Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rahman, T. R., Sumardi, S., & Cahyani, D. D. (2020). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 143–151.

Rizky, O. B., & Chairuna, C. (2017). Studi Deskriptif Kemampuan Motorik Kasar Siswa Kelas a Paud It Baitul Izzah Kota Bengkulu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2).

Royani, I., Anggraini, H., & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan Video Senam Ritmik untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 42–48.

Sasmita, Darmawani, E., & Sinaga, S. I. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tanjung Raja Kec. Tanjung Raja. PERNIK Jurnal PAUD, 3(1).

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27.

Shofwah, S., & Kristanto, K. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Kaki) Anak Melalui Permainan Lari Pindah Ikan Pada Tk A Kb-Tk Madinatul Ilmi Al-Amien Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62.

Wijaya, C., & Syahrum. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (R. Ananda, Ed.; Cetakan ke-2). Citapustaka Media Perintis.

Wijayanti, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama (Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(1), 1–10.

Wijayanti, A. (2021). PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama (Kelompok Bermain Nurul Iman Padas Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 1–10.

Yuyu, P. S. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Senam Irama di PAUD Azizi Lueng Bata Kota Banda Aceh. Tarbiyatul - Aulad Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 6(1), 77–96.

Downloads

Published

2024-09-02