ANALISIS VALIDASI DAN RELIABILITAS INSTRUMEN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
validitas isi, reliabilitas, instrument observasiAbstract
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen kemampuan berfikir kritis siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi dan reabilitas instrument asesmen kemampuan berfikir kritis yang sebelumnya sudah disusun. Instrument yang dikembangkan berupa angket yang di uji validitas menggunakan Koefisien V oleh Aiken’s sedangkan untuk uji reliabilitasnya menggunakan bantuan SPSS windows 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembar observasi berupa angket dalam penelitian ini terbukti valid. Koefisien V Aiken’s tertinggi yaitu 0,85 dan reliabel dengan koefisien Cronbach’s Alpha > 737 dengan predikat Excellent. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pengembangan instrument kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar layak untuk digunakan.