VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
validitas isi, reliabilitas, instrumen observasi aktivitas belajarAbstract
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan asesmen Aktivitas Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi dan reabilitas Instrument asesmen Aktivitas Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar .Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Kegiatan pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Sumber pengetahuan hanya berjalan satu arah yaitu dari guru ke siswa sehingga siswa cenderung pasif dan hanya menjadi pendengar dan kemudian mencatat apa yang telah disampaikan oleh gurunya. Jarang terjadi diskusi kelompok sehingga aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika masih kurang. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan PMRI. Analisis isi dan lembar observasi peneltian ini menggunakan Koefesien V oleh Aiken’s sedangkan Reliabelitas diestimasi menggunakan Kappa dengan bantuan SPSS windows 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: lembar observasi berupa rubrik pensekoran tergolong valid . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka asesmen peningkatan Aktivitas belajar siswa layak digunakan pada penelitian ini, Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai kriteria baik.