VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PELAJARAN MATEMATIKA
Keywords:
validitas, reliabilitas, motivasi, matematikaAbstract
Motivasi merupakan salah satu variabel penelitian yang banyak dikaji dalam berbagai bidang keilmuan bidang, termasuk mata pelajaran matematikadan olahraga. Namun pada tingkat Sekolah Dasar (SD) masih jarang ditemukan instrumen motivasi dalam mata pelajaran Matematika yang memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen motivasi belajar siswa SD dalam pendidikan matematika. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Populasi menggunakan siswa kelas 4 SD Negeri Bantarkulon Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan dengan sempel sebanyak 11 siswa. Teknik analisis data menggunakan Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menyimpulkan instrumen motivasi belajar siswa SD dalam pendidikan matematika memiliki reliabilitas yang sangat baik. Agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan teknik analisis yang lebih kompleks dalam penganalisisan data.