Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Di UPT SPF SD Negeri Pattingalloang I Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26877/3pdgr473Keywords:
TGT; Flash card; Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan atas dasar permasalahan pada lingkup Sekolah Dasar yakni rendahnya hasil belajar peserta didik kelas III UPT SPF SD Negeri Pattingalloang I mata pelajaran Bahasa Inggris. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Flash card dalam meningkatkan pengenalan kosakata Bahasa Inggris. Setting dalam penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Negeri Pattingalloang I pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru dan seluruh peserta didik kelas III yang berjumlah 25 peserta didik. Rancangan tindakan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori baik dan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I berada pada kategori cukup dan hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik pada siklus I dengan nilai di bawah KKTP dan berada pada kategori belum tuntas sedangkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siklus II dengan nilai di atas KKTP dan berada pada kategori tuntas. Jadi disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Flash card dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III UPT SPF SD Negeri Pattingalloang I.
References
Akbar. (2022). Flash card Sebagai Media Pembelajaran dan Penelitian .Sukabumi: Penerbit Haura.
Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V4i1.3961
DeVries, D. L., & Slavin, R. E. (1978). Teams-Games-Tournament (TGT): Review of Ten Classroom Experiments. Journal of Research and Development in Education, 12(1), 28–38.
Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( Tgt ) Dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. 4(3), 315–321.
Padlang. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Flash card Berbantuan Model Teams Games Tournament (Tgt) Di Sd Negeri 75 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM. Vol.5 No.1.
Ratminingsih Ni Made. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Abad Ke-21. Depok: Rajawali Pers.
Jeti, L., & Buton, U. M. (2024). Stimulasi Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Bangsa , Kabupaten. 5, 84–96.
Sari, Patta. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media “Flash card” Terhadap Kemampuan Peserta didik Menulis “Procedure Text. 01(01), 22–31
Slavin, R. E. (2016). Instruction Based on Cooperative Learning. Handbook of Research on Learning and Instruction, Second Edition, 388–404. https://doi.org/10.4324/9781315736419-27
Sugiyono. (2018).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.