ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS : DAMPAK MODEL PENUGASAN DENGAN LEMBAR KERJA DAN PRAKTEK PADA PERKEBANGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DI TK KEMALA BHAYANGKARI 44 KUDUS

Authors

  • Yuyun Eka Susanti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Komunikasi Matematis, Penugasan dengan LK, Siswa TK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa kemampuan komuniaksi siswa usia dini dengan model penugasan dengan lembar kerja dan praktek menyelesaikan soalĀ  matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 10 siswa kelompok A TK Kemala Bhayangkari 44 yang dipilih melalui hasil siswa mengerjakan soal Lembar Kerja dan praktek terkait matematika. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yakni memberikan Lembar kerja kepada 10 siswa kemudian melakukan analisis data dengan melihat kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan indikatornya. Kemudian mengelompokkan siswa menjadi tiga yang terdiri dari kemampuan komunikasi matematis tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Hasil pada penelitian ini yakni satu siswa mempunyai kemampuan komunikasi kategori sedang yang mana menuliskan jawaban kurang benar. 4 siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori rendah yang menjawab soal tidak benar. Sebanyak 6 siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis kategori tinggi yang memenuhi semua indikator komunikasi

Downloads

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles