Strategi Pembelajaran Inklusif Untuk Siswa Dengan Disleksia di Kelas V SD Negeri 5 Pojok

Authors

  • Zunif Wachida Sukroni Universitas PGRI Semarang
  • Zunif Wachida Sukroni Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana ,Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26877/sbtrg589

Keywords:

Strategi, Pembelajaran Inklusif, Disleksia

Abstract

Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran inklusif di kelas V SD Negeri 5 Pojok Kabupaten Grobogan bagi siswa dengan disleksia belum sepenuhnya diimplementasikan secara efektif. Meskipun sekolah telah menerima siswa dengan kebutuhan khusus termasuk disleksia, guru belum memiliki strategi pembelajaran yang dirancang khusus sesuai karakteristik dan kebutuhan belajar siswa tersebut. Pembelajaran masih bersifat seragam dan belum memperhatikan prinsip diferensiasi dan multisensori yang sangat penting dalam membantu siswa disleksia mengembangkan kemampuan literasi dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan secara jelas strategi pembelajaran inklusif yang diterapkan pada siswa berkebutuhan khusus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih menerapkan metode ceramah, membaca bersama, dan tugas menyalin dari papan tulis. Siswa disleksia mengalami kesulitan akademis, kurang percaya diri, dan penarikan diri dari kegiatan sosial. Berdasarkan temuan dan tinjauan literatur, peneliti merekomendasikan strategi seperti metode multisensori, media visual dan digital, pembelajaran individual atau kelompok kecil, pelibatan orang tua dan terapis, serta modifikasi penilaian. Strategi terbaik yang dapat diterapkan adalah kombinasi pembelajaran multisensori dan pengurangan ukuran kelompok kecil yang difasilitasi oleh kolaborasi dengan teman sebaya. Strategi ini realistis diterapkan dalam konteks sekolah dasar dengan sumber daya terbatas dan efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Dengan strategi yang tepat, siswa disleksia dapat belajar secara optimal, berpartisipasi aktif, dan merasa menjadi bagian dari komunitas belajar yang setara.

 

References

Fatmawati, N. F., Umar, N. F., & Sayekti, H. (2024). Strategi Pembelajaran Kreatif Dalam Pedidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(2), 118-132.

Hoirunnisah, A., Mulia, D., Setiawan, S., & Tisnasari, S. (2023). Analisis Upaya Guru Terhadap Kemampuan Membaca Disleksia Kelas V SDN Jatinegara Kaum 14. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 396-402.

Mellymayanti, H., Nurfadhillah, S., & Nuraeni, Y. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 1(1), 40-49.

Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181-196.

Sulistyaningrum, Y., & Nursalim, M. (2025). Mengoptimalkan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Anak Disleksia Melalui Metode Non-Eja. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 1130-1139.

Suroya, A. U. (2021). Strategi Pembelajaran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Peserta Didik Disleksia di Madrasah Ibtida’iyah Al-Hasib Pakis Kabupaten Malang.

Tarishah, S. D., Hikmah, N., & Dewina, Z. (2025). Strategi Pembelajaran dan Kebijakan Sekolah Dalam Mendukung Pendidikan Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar . Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 1264-1271.

Wafiqni, N., Rahmaniah, N., & Supena, A. (2023). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Inklusif. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 95-112.

Yuwono, I., & Mirnawati, M. (2021). Strategi pembelajaran kreatif dalam pendidikan inklusi di jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 2015-2020.

Zaer, A. I., Habibirrahim, M., & Gusmaneli, G. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 154-161.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles