PENGARUH APLIKASI LIVEWORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SDN SRONDOL KULON 03

Authors

  • Ardiana Dwi Suratimah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

LiveWorksheet, hasil belajar, pembelajaran

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi LiveWorksheet terhadap prestasi akademik siswa SDN Srondol Kulon 03. Dengan menggunakan kelompok kontrol sebelum dan sesudah intervensi, penelitian ini mengikuti protokol kuasi-eksperimental. Dalam penelitian tersebut, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok menggunakan aplikasi LiveWorksheet sebagai pelengkap pembelajaran, sementara kelompok lainnya mengandalkan metode pendidikan yang lebih konvensional. Pemeriksaan hasil belajar sebelum dan sesudah terapi digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan besar antara kedua kumpulan data, kami menggunakan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa dibandingkan dengan kelompok kontrol, kelompok eksperimen belajar lebih banyak. Analisis data menunjukkan bahwa kelompok kontrol memperoleh rata-rata 64,8 sebelum ujian dan 70,2 setelahnya, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 82,7. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara signifikan dengan menggunakan program LiveWorksheet. Penelitian kami menunjukkan bahwa aplikasi LiveWorksheet mungkin merupakan alat yang hebat untuk digunakan oleh para pendidik di kelas, dan kami mendorong para instruktur di SDN Srondol Kulon 03 dan di tempat lain untuk mencobanya.

 

 

References

Redhana. (2019). Perkembangan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Era Digital. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 5(2), 85–91.

Greenstein, L. (2012). Skills for 21st Century Learning. Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 5(1), 15–27.

Faisal, M., et al. (2020). Integrating Technology into Teaching: Challenges and Opportunities. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 10(1), 1–20.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007. Pedoman Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan IT. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Hamijoyo. (2020). Pembaharuan Pendidikan dalam Konteks Perubahan Teknologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 55–67.

Wang, C., et al. (2018). The Effect of LiveWorksheet on Student Learning Outcomes. Educational Technology & Society, 21(3), 158–169.

Jones, A., et al. (2019). Quality Analysis of Technology-Based Learning: A Comparative Study. Journal of Educational Technology, 12(2), 45–56.

Smith, B., et al. (2020). Technology Implementation in Primary Education: Lessons Learned. International Journal of Primary Education, 4(1), 23–35.

Brown, S., et al. (2021). Evaluation of LiveWorksheet Usage by Teachers. Journal of Educational Technology & Society, 24(2), 102–115.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles