Analisis Masalah Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Didik di Kelas Rendah dan Penanganannya

Authors

  • budi astuti universitas PGRI semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Perkembangan sosial emosional

Abstract

Perkembangan sosial dan emosional siswa kelas awal memainkan peran penting dalam keberhasilan akademik dan kesejahteraan psikologis mereka.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah yang berkaitan dengan perkembangan sosial dan emosional anak sekolah dasar dan mengevaluasi strategi penanganan yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipan. Penelitian menunjukkan bahwa masalah utama siswa meliputi kesulitan mengatur emosi, keterampilan interaksi sosial yang buruk, dan perilaku agresif dan acuh tak acuh. Strategi penanganan yang efektif memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan guru, orang tua, dan lingkungan sekolah. Intervensi sistematis seperti program pengembangan keterampilan sosial, konseling individu, dan kegiatan ekstrakurikuler telah terbukti meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak. Studi ini menunjukkan bahwa sekolah mengambil pendekatan multidisiplin untuk mengatasi masalah sosial dan emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung.

References

Nurmalita, Femmi. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. FPUGM: Bulletin Psikologi.

Amalia R. (2023). Kajian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Systematic Literature Review). Aulad : Journal on Early Childhood. Volume 6

Saeful, Dandy. (2018). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. Bogor. JURNAL PENDIDIKAN & PENGAJARAN GURU SEKOLAH DASAR

Syalsa Dwi Aprina1 , Abyena Hafza 2 , Putri Meida Sari3 , Novia Ramadani4 , Nofia Handayani5. (2023). Analisis Permasalahan Perkembangan Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar dan Solusinya. e-mail: abyenahafza107@gmail.com

Dewi AR. (2020). PERILAKU SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Jurnal Golden Age. Volume 4.

Gultom LE. (2023). Perkembangan Sosial dan Emosional pada Anak Sekolah Dasar. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Volume 3.

Adinda Nida Nurzahra¹ Hayani Wulandari². (2023). ANALISIS PERMASALAHAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Putri. MAK, Nuroso. H, Purnamasari. I,Kusniati. S. (2023). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Peserta Didik Kelas IVA SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 5.

Labudasari E. (2019). PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR.

Nurzahra, Adinda Nida. Wulandari, Hayani. 2023. ANALISIS PERMASALAHAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5.

Rizki Amalia1, Mulawarman2 , Petra Kristi Mulyani3 , Isnaria Rizki Hayati4 , Amin Yusi Nur Saidah5. 2023. Kajian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood. Volume 6 Issue 3 2023

Gultom, Lois Angelina. 2023. Perkembangan Sosial dan Emosional pada Anak Sekolah Dasar. MITRA ABDIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT. Volume 3.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles