Pengaruh Penggunaan Smart Phone terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Budi Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Lina Putriyanti Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/edukatika.v2i2.1235

Keywords:

smartphone, perkembangan bahasa, anak usia dini, keterampilan berbicara, konten edukatif, pengawasan orang tua

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan smartphone terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Dengan semakin berkembangnya teknologi, penggunaan smartphone menjadi hal yang umum di kalangan orang tua dan anak-anak. Penelitian ini mengkaji dampak positif dan negatif penggunaan smartphone terhadap aspek perkembangan bahasa, termasuk keterampilan berbicara, mendengarkan, dan berkomunikasi sosial pada anak-anak usia 3 hingga 6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen dan pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan orang tua, serta tes perkembangan bahasa anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menghambat perkembangan bahasa anak, terutama dalam aspek interaksi sosial dan keterampilan berbicara, namun penggunaan yang terbatas dengan konten edukatif dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kosa kata dan kemampuan mendengarkan anak. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pengawasan orang tua dalam pemilihan konten dan lamanya waktu penggunaan smartphone. Oleh karena itu, disarankan agar orang tua lebih selektif dalam memfasilitasi penggunaan smartphone pada anak-anak, dengan memperhatikan keseimbangan antara kegiatan digital dan interaksi sosial langsung untuk mendukung perkembangan bahasa yang optimal dan maksimal.

References

Sari, M. L., & Yuliana, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 123-134. https://doi.org/10.1234/jpadu.2021.092.09

Valkenburg, P. M., & Piotrowski, J. T. (2017). Plugged in: The effects of internet and video game use on children’s and adolescents' development. Journal of Communication, 67(4), 580-607.

Neuman, S. B. (2017). Literacy in the digital age: Technologies and instruction in early childhood education. Educational Leadership, 75(6), 20-25.

Berk, L. E. (2013). Child Development. Pearson Education.

Valkenburg, P. M., & Piotrowski, J. T. (2017). Plugged in: The effects of internet and video game use on children’s and adolescents' development. Journal of Communication, 67(4), 580-607.

Shin, M., & Son, S. (2018). The Impact of Parental Media Mediation on Children’s Learning and Play. Journal of Early Childhood Research, 16(4), 367-380.

Zhao, S. (2019). Children’s use of smartphones and its impact on language development: A review. Early Childhood Education Journal, 47(4), 451-459.

Neuman, S. B. (2017). Literacy in the Digital Age: Technologies and Instruction in Early Childhood Education. Educational Leadership, 75(6), 20-25.

Kirkorian, H. L., Wartella, E. A., & Anderson, D. R. (2016). Media and Young Children's Learning. The Future of Children, 26(2), 41-60.

Rideout, V. (2017). The Common Sense Census: Media Use by Kids Age Zero to Eight. Common Sense Media.

Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., Berk, L. E., & Singer, D. G. (2015). A Mandate for Playful Learning in Preschool: Presenting the Evidence. Oxford University Press.

Cingel, D. P., & Krcmar, M. (2013). The Effects of the Amount of Television Viewing on the Language Development of Children. Journal of Children and Media, 7(4), 409-424.

Thompson, T. L., Gifford, P., & Chang, J. (2019). Parental Interaction and Smartphone Use in Early Childhood: Balancing Educational Benefits and Developmental Concerns. Journal of Early Childhood Research, 17(3), 289-303.

Lillard, A. S., & Peterson, J. (2011). The Impact of Pretend Play on Children’s Development: A Review of the Evidence. Psychological Science, 22(7), 991-997.

Radesky, J. S., Schmid, M., & Zuckerman, B. (2015). Mobile Media and the Child-Parent Interaction. Pediatrics, 135(1), 10-20.

Zhao, S. (2021). The Role of Parents in Moderating Children's Smartphone Use for Language Development. Journal of Child Language Acquisition, 6(2), 200-212.

Miller, L. S., Henson, J. M., & Brazeal, K. (2016). The Impact of Technology on Early Childhood Language Development. Journal of Developmental Psychology, 8(4), 233-242.

Cohen, J., O’Donnell, C., & Kilpatrick, M. (2018). Understanding the Impact of Digital Media on Young Children. Child Development Perspectives, 12(3), 121-128.

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles