Penalaran dan Pembuktian Matematis Anak Dalam Aktivitas Bermain Toping Pizza Di TK PGRI 62 Purwoyoso
DOI:
https://doi.org/10.26877/vdqm5361Keywords:
Aktivitas bermain, Media topping pizza, Kemampuan matematis anak, Penalaran dan pembuktian, Pendidikan anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas aktivitas bermain dengan media topping pizza dalam mengembangkan kemampuan matematis anak usia dini, khususnya dalam hal penalaran dan pembuktian. Penelitian dilakukan di TK PGRI 62 Purwoyoso dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Aktivitas bermain melibatkan berbagai tahapan, seperti mengenali pola dan jumlah topping, membuat prediksi, serta menghitung untuk menguji prediksi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar anak mampu mencari pasangan angka (64,29%), membuat dugaan (57,14%), dan menghitung untuk membuktikan kesesuaian pasangan angka (85,71%). Bahkan, 92,86% anak mampu menjelaskan alasan pasangan angka yang dipilih, dan seluruh anak (100%) berhasil mencocokkan jumlah topping dengan angka yang tertera. Tantangan utama meliputi kebutuhan beberapa anak akan bimbingan tambahan untuk memahami konsep dasar. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan pemahaman matematis tetapi juga memfasilitasi interaksi sosial yang mendukung perkembangan kognitif dan emosional anak. Studi ini menggarisbawahi pentingnya media bermain berbasis pengalaman konkret dalam pembelajaran anak usia dini.
References
Frost, J. L., Wortham, S. C., & Reifel, S. (2001). Play and child development. Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan anak (Edisi ke-11). Jakarta: Erlangga.
Van de Walle, J. A. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah: Pengembangan pengajaran (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Sarama, J., & Clements, D. H. (2018). Early childhood mathematics education research: Learning trajectories for young children. New York, NY: Routledge.
Piaget, J. (1954). The construction of reality in the child. New York, NY: Basic Books.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Suyadi. (2021). Strategi pembelajaran anak usia dini berbasis neurosciences. Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Piaget, J. (1964). The early growth of logic in the child: Classification and seriation. London: Routledge & Kegan Paul.
Rogoff, B. (2003). The cultural nature of human development. New York, NY: Oxford University Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.