Situational Leadership in Early Childhood Education: Strategies for Improving Teacher Competence

Kepemimpinan Situasional dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Strategi Peningkatan Kompetensi Guru

Authors

  • Rinta Juniawati Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang
  • Sutarno Sutarno Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1131

Keywords:

Situational Leadership, Early Childhood Education, Teacher Competence

Abstract

Abstract

Situational leadership is increasingly gaining attention in early childhood education, where the role of teachers is crucial in laying the foundation for children's development. This paper presents findings from a literature review aimed at exploring the concept of situational leadership and its implementation approaches in enhancing teachers' competencies in early childhood education. The research method involves searching for and analyzing relevant articles from scientific databases, including more than 20 articles reviewed using thematic analysis techniques. This approach explores the concept of situational leadership and strategies for improving teacher competence based on the literature. Findings from the literature highlight the relevance of situational leadership in addressing the complexity of classroom dynamics and the individual needs of children. The reviewed articles identify several strategies involving the use of situational leadership, such as understanding children's needs, adjusting instruction, providing individual support, and fostering collaborative mentoring. The implications of these findings suggest that applying the concept of situational leadership can have a positive impact on enhancing teacher competence and the quality of learning in early childhood education institutions.

 

Abstrak

Kepemimpinan situasional kini semakin mendapat perhatian dalam pendidikan anak usia dini, di mana peran guru sangat krusial dalam membangun dasar perkembangan anak-anak. Tulisan ini menyampaikan temuan dari kajian literatur yang bertujuan untuk menggali konsep kepemimpinan situasional serta pendekatan implementasinya dalam meningkatkan kemampuan guru di bidang pendidikan anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pencarian dan analisis artikel-artikel terkait dari database ilmiah yang meliputi sejumlah 20 lebih artikel yang akan direview dengan menggunakan teknik analisis tematik, yakni mengeksplorasi konsep kepemimpinan situasional dan strategi peningkatan kompetensi guru berdasarkan literatur. Temuan dari literatur menyoroti relevansi konsep kepemimpinan situasional dalam mengatasi kompleksitas dinamika kelas dan kebutuhan individual anak-anak. Artikel-artikel yang ditinjau mengidentifikasi beberapa strategi yang melibatkan penggunaan kepemimpinan situasional, seperti pemahaman akan kebutuhan anak-anak, penyesuaian instruksi, pemberian dukungan individual, dan pembinaan kolaboratif. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa penerapan konsep kepemimpinan situasional dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini.

Kata kunci: Kepemimpinan Situasional; Pendidikan Anak Usia Dini; Kompetensi Guru

References

Aditama, R., & Andari, S. (2022). Kepemimpinan situasional kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran guru di era revolusi industri 4.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(2), 470–481.

Azizaturrohmi, Harun, M. A., & Zulkifli, M. (2024). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENUNJANG KUALITAS KINERJA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS NW SURABAYA. TABIAT NAHDLAH: JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN DAKWAH. https://doi.org/10.51806/tabiat.v1i2.113

Blanchard, K. H., Zigarmi, P., & Zigarmi, D. (1985). Leadership and the one minute manager: Increasing effectiveness through situational leadership. William Morrow & Co.

Darmawan, S., & Roselini, B. T. (2022). Studi gaya kepemimpinan situasional (Situational Leadership Model Hersey-Blanchard) pada rumah makan padang se-kabupaten Sleman D.I.Y. Jurnal Telaah Bisnis, 23(1), 248. https://doi.org/10.35917/tb.v23i1.248

Ellis, A., & Hossain, M. A. (2017). The importance of situational leadership in the effectiveness of change management. Journal of Business Studies Quarterly, 8(3), 81–95.

Emmy Fakry dan Tati Rosmiati. (2005). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Pengelolaan Pendidikan. UPI.

Helmina, A., Giatman, M., & E. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah menengah kejuruan. Journal of Education Research, 4(2), 669–676.

Hersey, P., & Blanchard, K. H. (1982). Management of organizational behavior: Utilizing human resources. Prentice-Hall.

Hidayati, A. N. (2022). Pentingnya kompetensi dan profesionalisme guru dalam pembentukan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Profesi Keguruan, 8(1), 1–9.

Hoeriah, Y. (2010). Pengaruh Kepemimpinan Situasional Dan Komunikasi Internal Terhadap Kinerja Mengajar Guru Tk Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 12(1).

Lee, J., Kim, J., & Lee, Y. (2020). The effects of situational leadership on teacher performance and student outcomes in early childhood education. Journal of Early Childhood Education, 40(2), 1–14.

Lidiawati, L., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6971–6975.

Lipham, J. M. (1985). The Principal Concepts, Competencies, and Cases. New York: Longman Inc.

Lorenz, K. (2017). Situational leadership theory: A model for project management. Journal of Leadership Studies, 10(3), 64–78.

Maduratna, M. (2013). Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Guru dan Pegawai di Sekolah Dasar Negeri 015 Samarinda. EJournal Administrasi Negara, 1(1), 70–84.

Mizal, B., & Hidayani, Y. T. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru di SMA Negeri Simeulue Tengah. Jurnal Intelektualita, 10, 140–162.

Mulyasa, E. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit PT Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. PT Remaja Rosda Karya.

Mustabsyiah, L., Purwadi, P., & Kusumaningtyas, N. (2019). KEPEMIMPINAN KEPALA KELOMPOK BERMAIN BERBASIS ANALISIS SWOT YANG MENDUKUNG PROGRAM PEMBELAJARAN DI KB BINA ANAK SHOLIH KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4043

Nilahayati, S. H. (2019). Gaya kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Al Iman Gebang Purworejo. Jurnal Ar-Rihlah Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 4(2).

Rahma, N. D., Jannah, S. R., & Zukhairina, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru. Jurnal Smart PAUD, 5(2), 156–169. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24

Republik Indonesia. Kementerian Nsional. (2003). Goverment Document.

Sari, Y. M., & Huzairin, A. (2021). Manajemen supervisi dalam lembaga PAUD di TK Negeri Pembina Nasal. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 187–196. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8166

Todorović, Z., & Todorović, B. (2020). Situational leadership in service organizations. Acta Economica, 18(33), 115–129. https://doi.org/https://doi.org/10.7251/ACE2033115T

Yuni Saputri, O., & Darsinah, D. (2023). Manajemen Supervisi Akademik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.276

Zhen Wang, Yuan Liu, S. L. (2019). Authoritarian leadership and task performance: the effects of leader-member exchange and dependence on leader. Frontiers of Business Research in China, 13(19). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s11782-019-0066-x

Downloads

Published

2025-04-28