Effectiveness of Using E-Modules Oriented by Ethnopedagogical Approaches to Early Childhood Social Learning Materials on Students' Pedagogical Competence
Efektivitas Penggunaan E-Modul Berorientasi Pendekatan Etnopedagogi Materi Pembelajaran Sosial Anak Usia Dini terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1254Keywords:
E-Module, Ethnopedagogy Approach, Social Learning, Early ChildhoodAbstract
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of the use of ethnopedagogical approach-oriented e-modules in early childhood social learning materials on the pedagogical competence of prospective PAUD teacher students. The type of research used was a pre-experiment with a one group pre-test post-test design, involving 38 students as subjects. Data collection was carried out through multiple-choice objective tests in the form of pre-tests (before treatment) and post-tests (after treatment). The results of the analysis showed an average pre-test score of 63.42, and a post-test of 89.21, with an N-gain of 0.73 which is included in the high category. In addition, the percentage of class completion reached 92%. These findings indicate that the use of ethnopedagogical e-modules has proven effective in improving students' pedagogical competence. This e-module not only strengthens pedagogical understanding, but also makes social learning more meaningful and contextual, while supporting the preservation of local culture. Thus, this e-module can be an innovative digital learning media based on local wisdom, and has a positive impact on the professional readiness of students as prospective PAUD teachers.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul berorientasi pendekatan etnopedagogi dalam materi pembelajaran sosial anak usia dini terhadap kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru PAUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pre-test post-test, melibatkan 38 mahasiswa sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui tes objektif pilihan ganda berupa pre-test (sebelum perlakuan) dan post-test (setelah perlakuan). Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor pre-test sebesar 63,42, dan post-test sebesar 89,21, dengan N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kategori tinggi. Selain itu, persentase ketuntasan kelas mencapai 92%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul etnopedagogi terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa. E-modul ini tidak hanya memperkuat pemahaman pedagogik, tetapi juga menjadikan pembelajaran sosial lebih bermakna dan kontekstual, sekaligus mendukung pelestarian budaya lokal. Dengan demikian, e-modul ini dapat menjadi media pembelajaran digital inovatif yang berbasis kearifan lokal, dan berdampak positif terhadap kesiapan profesional mahasiswa sebagai calon guru PAUD.
Kata kunci: E-Modul; Pendekatan Etnopedagogi; Pembelajaran Sosial; Anak Usia Dini
References
Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Savalas, L. R. T. (2022). Sosialisasi Pembelajaran dengan Pendekatan Etnopedagogi pada Guru-Guru di Kecamatan Pujut Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 64–69. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2372
Chibuye, B., & Singh, I. Sen. (2024). Integration of local knowledge in the secondary school chemistry curriculum - A few examples of ethno-chemistry from Zambia. Heliyon, 10(7), e29174. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29174
Cintami, A. D., Purwanto, A., & Hamdani, D. (2024). Pengaruh Problem Based Learning Model Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 186–195. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17679
Djafri, N. (2021). Pedagogi dalam Perspektif Pembelajaran di Era Society 5.0. In P. P. Ardini (Ed.), Universitas Negeri Gorontalo (1st ed., pp. 85–101). Yayasan Sahabat Alam Rafflesia. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/9168/Book-Chapter-Pedagogi-dalam-Perspektif-Pembelajaran-di-Era-Society-50-Etnopedagogi-dalam-Praktek-Pendidikan-dan-Pendidikan-Keguruan.pdf
Encarnacion, R. F. E., Galang, A. A. D., & Hallar, B. J. A. (2020). The Impact and Effectiveness of E-Learning on Teaching and Learning. International Journal of Computing Sciences Research, 5(1), 383–397. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.47
Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 476–482. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39008
Farihah, M. J., Norawi, A. M., & Jahan, A. N. (2021). Game-Based STEM Module Development for KSSM Science Teachers. Journal of Turkish Science Education, 18(2), 249–262. https://doi.org/10.36681/tused.2021.63
Gunardi, A., Muhyidin, A., Leksono, S. M., & Jamaludin, U. (2024). Ethnopedagogy as an approach to primary education. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(6), 654–661. https://doi.org/10.35335/cendikia.v14i6.5374
Handayani, R., Mamoh, O., Ahzan, Z. N., & Fitriani. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2071–2078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20987
Hasanuddin, M. I., Nurharyanto, D. W., Hasanuddin, M. I., & Abdullah, S. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PGSD melalui Peer Teaching pada Perencanaan Pembelajaran SD. Journal of Education Research, 5(4), 4764–4771. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1581
Herminayu, & Sulasmono, B. S. (2020). Pengembangan Modul Pelatihan Model Pembelajaran BCCT Bagi Guru dan Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1112–1123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.512
Hidayati, I., Marbun, S., Wulan, D. S. A., & Listia, W. N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method Pada Mata Kuliah Seminar PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 297–306. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16659
Ibrahim, & Suranti, N. M. Y. (2024). The Trend Ethnopedagogy Research as Contribution in Elementary Science Learning in The Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 642–652. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2000
Irfindari, A. A., Romelah, R., & Mardiana, D. (2024). Kesiapan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang sebagai Calon Guru. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 12(1), 78–93. https://doi.org/10.24952/di.v12i1.11321
Khalisha, F. N., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Layanan Bermain Bersama Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di Rumah Anak SIGAP Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 127–139. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17220
Kinasih, N. F., Wardani, S., & Hanifah, D. P. (2023). Tingkat Pemahaman Mahasiswa PGMI UNSIQ Pada Pembelajaran Berbasis ETNO-STEM. Prosiding SEMAI 2, 123–129. http://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai%0ATINGKAT
Lestari, E. T., & Bahri, S. (2024). Implementation of Ethnopedagogy Through Tabak Educative Traditional Games for Multicultural Value Reinforcement. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1061–1070. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4332
Lestari, W., & Suningsih, T. (2025). Pengaruh Media Video Animasi Lalu Lintas Terhadap Perilaku Disiplin Berlalu Lintas Anak Usia 5-6 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 129–139. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.29392
Li, W., Cashell, A., Jaffray, D. A., & Moseley, D. (2016). Development and Implementation of an Electronic Learning Module for Volumetric Image-Guided Radiation Therapy. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 47(1), 43–48. https://doi.org/10.1016/j.jmir.2015.12.001
Lidi, M. W., Wae, V. P. S. M., & Daud, M. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnopedagogik pada Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Biologi. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 446–454. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v7i2.3541
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Mahendra, M. R., Enawaty, E., Junanto, T., Muharini, R., & Lestari, I. (2023). Efektivitas Penggunaan E-Modul Kimia Dasar Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Mahasiswa pada Materi Termokimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 15(2), 120–127. https://doi.org/10.22437/jisic.v15i2.27826
Marpaung, C., Syarifah, & Hidayat. (2023). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Karakter Interitas Terhadap Kemampuan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 7(2), 219–228. https://doi.org/10.30 651/else.v7i2.20823
Minarti, D., & Widodo, H. (2024). Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri 101751 Klambir Lima. 2(1), 174–181. https://pelitaaksara.or.id/index.php/terpadu/index%0APengaruh
NCSS. (1994). Expectations of Excellence Curriculum Standards for Social Studies. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED378131.pdf
Ngilmiah, H., Muslim, A. H., & Irawan, D. (2022). Monopoli: Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung, November, 191–205. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27232
Octavianingrum, D. (2020). Pentingnya Komptensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru. Faktor Jurnal: Ilmiah Kependidikan, 7(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6401
Rahmawati, Febriani, S. R., & Haq, S. N. (2024). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Melalui Modul Berbasis HOTS. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 281–297. https://doi.org/10.36915/la.v4i2.156
Rasiman, Dwijayanti, I., & Koyimah, S. (2023). Profil Pendidik Pos Paud Kota Semarang Ditinjau dari Kompetensi Pedagogik dan Profesional. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 328–339. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i2.16556
Rismaini, L., & Devita, D. (2022). Efektivitas E-Modul Model Pembelajaran Problem Solving pada Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1511–1516. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1392
Rohyadi, E., Desiana, C., & Rosmilawati, I. (2024). Pendekatan Etnopedagogi dalam Proses Pembelajaran untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 778–785. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.836
Rosenberg, A. R. (2020). Social studies in early childhood education and care: A scoping review focusing on diversity. Contemporary Issues in Early Childhood, 21(4), 312–324. https://doi.org/10.1177/1463949120953911
Rukiyah, Suningsih, T., Rantina, M., Rahmayanti, E., & Saptaria, M. A. (2023). Pengembangan E-Modul berbasis Problem Solving Materi Perawatan Batita pada Layanan Taman Penitipan Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 718–731. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.370
Safitri, A., B, N. A. Y., & Siagian, T. A. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Matematika Berbasis Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 248–258. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.248-258
Sakti, S. A., Endraswara, S., & Rohman, A. (2024). Revitalizing local wisdom within character education through ethnopedagogy apporach: A case study on a preschool in Yogyakarta. Heliyon, 10(10), e31370. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e31370
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2888
Suningsih, T., & Anggraini, R. (2024). Metode Make a Match pada Pembelajaran Sosial Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 11(2), 150–160. https://doi.org/10.36706/jtk.v11i2.734
Suningsih, T., Rukiyah, & Andarini, R. S. (2023). Development of Digital Teaching Material in the South Sumatra Traditional Games Course. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(1), 64–75. https://doi.org/10.21831/jitp.v10i1.54862
Syawalia, G. F. F., Rahman, T., & Giyartini, R. (2022). Media Pembelajaran Yang Digunakan Untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun (Studi Literatur). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 510–521. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11919
Wiranti, W., & Suningsih, T. (2025). Pengaruh Penerapan Buku Cerita Empat Kata Ajaib Terhadap Sikap Sopan Santun Anak Usia 5-6 Tahun. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 116–128. https://doi.org/10.22373/bunayya.v9i2.29399
Yuliani, V., & Suningsih, T. (2025). Pengaruh Permainan Balok terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 467–475. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.1433
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.