Model of Transition Activities for Early Childhood Education (ECE) to Primary School (SD) Based on six Aspects of Transition Foundations in Malang City
Model Kegiatan Transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) Berdasarkan enam Aspek Pondasi Transisi di Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1370Keywords:
Educational Transition, Early Childhood, Foundational Aspects of TransitionAbstract
Abstract
This qualitative research aims to determine the effectiveness of the transition program from early childhood education (PAUD) to elementary school (SD) in Malang, based on six fundamental aspects. Through a survey of teachers and principals, this study explores the model, implementation process, and factors influencing the program's transition. Data were collected using a questionnaire and analyzed to assess the extent to which six basic aspects are included in the transition process. Researchers point out that despite efforts to combine these aspects, challenges such as lack of teacher training, inconsistent implementation, and emphasis on academic achievement still remain. This study highlights the need for a more holistic approach to transition programs that prioritizes social-emotional development, critical thinking, and a love of learning. The recommendations include providing professional development to teachers on six basic aspects, fostering collaboration between PAUD and SD, and involving parents in the transition process.
Abstrak
Studi ini menyoroti perlunya pendekatan yang lebih holistik terhadap program transisi yang memprioritaskan pengembangan sosial-emosional, pemikiran kritis, dan kecintaan belajar. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program peralihan dari pendidikan anak usia dini (PAUD) ke sekolah dasar (SD) di Malang, berdasarkan enam aspek mendasar. Melalui survei terhadap guru dan kepala sekolah, yakni sebanyak 50 responden studi ini mengungkapkan mengenai eksplorasi model, proses implementasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi program transisi tersebut. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis untuk menilai sejauh mana enam aspek dasar diintegrasikan ke dalam proses transisi. Peneliti menunjukkan bahwa meskipun ada upaya untuk menggabungkan aspek-aspek ini, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru, implementasi yang tidak konsisten, dan penekanan pada prestasi akademik masih tetap ada. Rekomendasinya antara lain memberikan pengembangan profesional kepada guru pada enam aspek dasar, membina kolaborasi antara PAUD dan SD, dan melibatkan orang tua dalam proses transisi.
Kata kunci: Transisi Pendidikan; Anak Usia Dini; Aspek Dasar Transisi
References
Anggraeni, V., Sephiana, R. S., Mauluddia, Y., & Agustin, M. (2024). Apakah Guru PAUD Mampu Beradaptasi Pada Setiap Perubahan Kurikulum Yang Terjadi ? PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 115–126. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17459
Alma Muthia, A., Hasbi, S., & Adharina, D. P. (2025). Peran Guru dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Alma. Jurnal Ilmiah Potensia, 10(1), 74–88. https://doi.org/10.33369/jip.10.1.74-88
Bidi, U. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Mosikolah (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial), 1(1), 116–120. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i3.980.
Dewi Rayani. (2021). Gambaran Kesiapan Ibu Dengan Dual-Career Menjalani Masa Transisi Anak Menuju Sekolah Dasar. Journal of Mandalika Literature, 2(4), 74–78. https://doi.org/10.36312/jml.v2i4.936
Eddy, G. (2001). Mempersiapkan Anak Masuk Sekolah. 82. https://doi.org/10.51212/jdp.v10i2.611
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Masturoh, U., Noorhayati, S. M., & Widyaningrum, N. (2024). Strategies For Acting Preschool Teachers In Preparing The Paud Transition To Primary School Level Through Literacy Movement. 2(2), 95–103.
Mustifa, R. (2019). Transisi paud ke jenjang sd:ditinjau dari muatan kurikulum dalam memfasilitasi proses kesiapan belajar bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 412–420. https://doi.org/10.1007/s13524-011-. 0080-x
Novianti, R., Umari, T., Maemunaty, T., & Bahar, A. (2021). Resilience As a Supporter of Children ’ S Readiness To Enter Elementary School Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 10 Nomor 6 Desember 2021. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah, 10, 1428–1435. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8642
Pebriani, I., & Handayani, K. (2024). Mewujudkan Transisi yang Lancar: Strategi Menarik dalam Mendukung Anak Menuju SD dari PAUD. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02), 94–98. https://jisma.org. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.696
Potensia, J. I. (2024). 2023 Accepted: February, 15. 9(1), 76–88.
Pujianti, Y., & Dhieni, N. (2024). Apa yang Dipikirkan Orang Tua : Perspektif Kesiapan Sekolah. 13(2), 334–350. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1083
Raoda Sari, N., Lismayani, A., & Alim Amri, N. (2023). Nur Raoda Sari) | 16 KARYA. Journal of Educational Community Service, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26858/karya.v2i1.57115
Ruswendi, A., & Abdurohim, A. (2024). Implementasi Program Transisi PAUD-SD Dalam Membentuk Kesiapan. 198–207.
Sari, A. Y., & Susanto, S. F. (2023). Problematika Adaptasi Sekolah Transisi Prasekolah ke Sekolah Dasar. JCE (Journal of Childhood Education), 7(1), 208–227. https://doi.org/10.307
Siti Fatimah Soenaryo, Susanti, R. D., & Beti Istanti Suwandayani. (2024). Tinjauan Kesiapan Belajar dalam Proses Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 98–112. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11452
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN. In Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.79.
Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320
Ulfadilah, N., & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. 13(2), 351–358. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062
Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 1982–1988. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766.
Yuliantina, I., Ambarrukmi, S., Yuniarti, S. L., & Isaeni, N. (2023). PKM Technical Guidance on Early Childhood Education-Primary School Transition for Early Childhood Education Teachers and Primary School Teachers. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), 2(2), 79–88. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i2.3606
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.