Development of Smart Train PAUD Learning Media Based on the Principle of Reuse

Pengembangan Media Pembelajaran Smart Train PAUD Berdasarkan Prinsip Reuse

Authors

  • Dewi Hajar Windi Antika Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Universitas Negeri Semarang
  • Deni Setiawan Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1490

Keywords:

Early Childhood, Used Mediaals, Creativity

Abstract

Abstract

Using used materials to create learning materials is one effective way to stimulate creativity in young children. This study aims to evaluate how to develop tools that can encourage creativity in early childhood. In this study, the approach applied is through document studies involving 19 documents related to reuse principle. The selection of documents in this study focuses on documents from Indonesia published in the last decade. The findings literature analysis indicate a need to create learning media that can stimulate the creativity of children at an early age to produce meaningful learning and working experiences. This also emphasizes the importance of developing learning media that can increase creativity students at early age. This media will be very useful for young children. This media is very suitable as an alternative for teachers in increasing students' creativity, by considering the development and characteristics of each child. Researchers have the opportunity to create teaching materials support the creativity of children at an early age by utilizing other used teaching materials, and it is hoped that the results of this study can be used as a reference for further research, especially development of teaching materials from used materials.

Keywords: Early Childhood; Used Mediaals; Creativity

Abstrak

Menggunakan bahan bekas untuk menciptakan media pembelajaran adalah salah satu cara yang efektif untuk merangsang kreativitas pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi cara pengembangan alat yang mampu mendorong kreativitas pada anak usia dini. Dalam penelitian ini, pendekatan yang diterapkan adalah melalui studi dokumen dengan melibatkan 19 dokumen yang berhubungan dengan Prinsip Reuse. Pemilihan dokumen dalam kajian ini berfokus pada dokumen asal Indonesia yang diterbitkan dalam satu dekade terakhir. Temuan analisis literatur menunjukkan adanya kebutuhan untuk menciptakan media pembelajaran yang bisa merangsang kreativitas anak-anak di usia dini untuk menghasilkan pengalaman belajar dan bekerja yang berarti. Ini juga menegaskan pentingnya pengembangan media pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas siswa di usia dini. Media tersebut akan sangat bermanfaat bagi anak usia dini. Media ini sangat sesuai sebagai alternatif bagi guru dalam meningkatkan daya kreativitas siswa, dengan mempertimbangkan perkembangan dan karakteristik masing-masing anak. Para peneliti memiliki kesempatan untuk menciptakan bahan ajar guna mendukung kreativitas anak-anak di usia dini dengan memanfaatkan bahan ajar bekas lainnya, serta diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian lebih lanjut, khususnya dalam pengembangan bahan ajar dari bahan bekas.

Kata kunci: Anak Usia Dini; Bahan Bekas; Kreativitas

References

A., H. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian Filosofis, Aplikasi, Proses, dan Hasil Penelitian. Literasi Nusantara. https://doi.org/https://elibrary.uinsgd.ac.id/detail/metode-penelitian-kepustakaan--library-research--kajian-filosofis--teoretis--aplikasi--proses--dan-hasil-penelitian--edisi-revisi-/48414

Abidin, R. (2022). Metode Pembelajaran berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam upaya memperdayakan kreativitas anak usia dini. Jurnal STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2. https://doi.org/http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/issue/view/124

Agustina, S., Nasirun, M., & D. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain dengan Barang Bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.3.1.24-33.

AP, A. (2023). Penanganan Sampah di Kendal Belum Optimal. RadarSemarang.id. https://doi.org/https://radarsemarang.jawapos.com/kendal/721405669/penanganan-sampah-di-kendal-belum-optimal-per-hari-410-ton-baru-tertangani-150-ton

Banchonhattakit, P., Inmuong, U., Duangsong, R., Phimha, S., Prachaiboon, T., & Padchasuwan, N. (2022). Dampak intervensi jaringan sekolah menggunakan Reduce, Reuse, dan Recycle di Thailand. Health Education Journal, 81(3), 363–371. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/00178969221079024

Daryanto. (2013). Media pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. https://doi.org/https://www.gavamedia.net/produk-222-media-pembelajaran-peranannya-sangat-penting-dalam-mencapai-tujuan-belajar.html

Efiawati, Fauziyah, D. N., Syafrida, R., &Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172–186. https://doi.org/http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/9676

Faridy, F., & Rohendi, A. (2021). The Role of Parents in Engaging Early Childhood to Implement 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 529(Iconetos 2020), 483–486. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.070

Fitria, K., Kristiana, D., & Setyowahyudi, R. (2022). Edupreneurship Berbasis 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) Sebagai Upaya Mensejahterakan Ekonomi Pendidik PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 273–279. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.380

Gutiawati, T. A. (2022). Penerapan Metode 3R(Reduce, Reuse, Recycle) Untuk Menstimulasi Kreativitas Pada Anak Usia Dini di Kelompok A TK Dharma Wanita Purwosari. Jurnal Ilmiah Potensia, 46. https://doi.org/https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/20139

Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360

Hanifah, M., & Mohamad Suhaily Yusri, C. N. (2016). 3R Practices Among Moe Preschool Pupils Through the Environmental Education Curriculum. SHS Web of Conferences, 23(04002), 1–13.

Hardiyani, I. K. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Proses Pengembangan Kemandirian dan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Juwana. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 129–144. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1146

Kebudayaan, K. P. (2014). Pendidikan Untuk Pembangunan Untuk Berkelanjutan (Education For Sustainable Development) di Indonesia Impementasi dan Kisah Sukses. https://doi.org/https://repositori.kemdikbud.go.id/12351/

Kurniati, E., Zaman, B., Kurniawati, Y., Adriana, N. P., Zeniputri, S., Wulandari, Kurniati, E., Zaman, B., Kurniawati, Y., Adriana, N. P., Zeniputri, S., Wulandari, N., Kamaliyah, N., Komalasari, I., Wahyuni, I., Nafisah, A. D., & Zumayyah, A. N., Kamali, A. (2023). (2023). Program Bimbingan Praktik Play Pedagogy bagi Orang Tua dengan Anak Usia Dini di Lingkungan Rumah. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 779–788. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.394

Kurniawati, Y., & Nafisah, A. D. (2022). Persepsi Anak Usia Dini Terhadap Guru Di Semarang. Konservasi Pendidikan, 1(1), 150–189. https://doi.org/https://bookchapter.unnes.ac.id/index.php/kp/article/view/40

Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh beberapa Lembaga. jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19. https://doi.org/https://www.neliti.com/id/publications/120796/pelaksanaan-pendidikan-untuk-pembangunan-berkelanjutan-oleh-beberapa-lembaga

Mohd Zain, N., Anua, SM, Marzuki, NS, & Abdul Rahman, H. (2022). Studi Komparatif tentang Efektivitas Program 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di Tumpat, Kelantan. Jurnal Internasional Riset Akademik dalam Bisnis dan Ilmu Sosial, 12(4). https://doi.org/https://doi.org/10.6007/ijarbss/v12-i14/15823

Nafisah, A. D., Antika, D. H. W., Latiana, L., Formen, A., & Maronta, Y. (2022). AttracPrincipal’s Leadership on “Sekolah Penggerak” Effectiveness in Improving the Quality of Education. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 320–328. https://doi.org/https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/4407

Nafisah, A. D., Nabelah, S., Zahrok, F., Arlika, F. A., Rohmatina, Z. L., Ningtyas, A. W., & Rahayu, N. C. (2024). Analysis Of Grandparenting Patterns In Children’s Character Formation In Lamongan City. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 7(2), 158–169. https://doi.org/https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/4407

Nafisah, A. D., Pranoto, Y. K. S., & Nuzulia, S. (2022). Studi Literatur: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Ditinjau dari Keterlibatan Ayah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 5(1). https://doi.org/https://doi.org/https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/37

Nafisah, A. D., Pranoto, Y. K. S., & Nuzulia, S. (2023). The Impact of Father Involvement in the Early Childhood Problematic Behavior. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(1), 14–30. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpud.171.02

Nafisah, A. D., Pranoto, Y. K. S., Nuzulia, S., Mulawarman, & Suminar, T. (2025). Father involvement as a predictor of early childhood external behaviors in Indonesian. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 14(1), 434~442. https://doi.org/https://ijphs.iaescore.com/index.php/IJPHS/article/view/24269

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865

Nafisah, A. D., Tajul, M. A., Arlika, F. A., & Zahrok, F. (2024). Pendidikan Seksualitas Pada Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah: Persepsi Guru. RAJULA Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 109–119. https://doi.org/https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/rajula/article/view/639

Nirmala, I., & Putri, F. E. (2015). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas. Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 125–144. https://doi.org/https://smartpaud.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/3

Pranoto, Y. K. S., Diana, Aksoy, N., Sugiyo, Nafisah, A. D., & Tri, A. U. R. (2024). Voices of first graders: exploratory study on starting school during post-pandemic period. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(3), 1511–1525. https://doi.org/https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.27320

Pranoto, Y. K. S., Sugiyo, S., Nafisah, A. D., & Prasojo, B. T. (2021). Praktik Terbaik Program Belajar dari Rumah (BDR) di Indonesia dan di Kota Mekkah. Journal of Community Empowerment, 1(2), 30–34. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jce.v1i2.53581

Putri, E. S., Guntur, M., & Hasis, P. K. (2024). Pengembangan Media Kotak Pintar Menggunakan Bahan Bekas Pendahuluan. 1, 79–93.

Rahayu, N. N. S., & Nafisah, A. D. (2024). Pola Permainan Batang Korek Api Dalam Memotivasi Kognitif Belajar Anak. RAJULA Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 65–82. https://doi.org/https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/rajula/article/view/628

Rahayu, T., & Setiana, N. (2024). 3R Activities and Their Effects on Science Learning in Malaysian National Schools. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 3(3), 132–145. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/ijise.v3i3.3596

Rohmalina. (2016). “3R” (Reduce, Reuse, Recycle) "Sebagai Media pembelajaran PAUD dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi, 1. https://doi.org/http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/333

Rompas, C. A., & Wijayanti, T. D. (2023). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050

Rubiantoro, E. A., & Susilowati, I. (2023). Pendampingan Tentang Pengolahan Sampah Dengan Prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jatinegoro, Kelurahan Jatinegoro, Kec Gunung Pati, Kota Semarang. Merdeka Indonesia Jurnal International, 3(1), 69–76.

Rudiyanto, R., Kurniati, E., Fitriani, A. D., Rengganis, I., Mirawati, M., & Justicia, R. (2021). Reduce, Reuse, and Recycle (3R) waste activities in the school environment for elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1987(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012052

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. https://doi.org/https://onesearch.id/Author/Home?author=Prof.+Dr.+H.+Wina+Sanjaya%2C+M.Pd

Setiawan, D., Nafisah, A. D., & D. (2022). Father ’ s Involvement in Children ’ s Distance Learning during the Pandemic. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 149–161. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.161.10

Setyowati, C. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Bahan Bekas. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80–91. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1696

Sinaga, W., Nasution, D. K., Syamsuyurnita, S., & Saragih, M. (2023). The Role Of The Teacher In Implementing The 3r-Based Learning Model To The Creativity Skills Of Class 1 Students Of Sanggar Guidance Kepong Malaysia. Academy of Education Journal, 14(2), 833–844. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1922

Sjamsir, H., Sutriany Jafar, F., & Nurjanah, A. (2018). Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Di Tk Islam Al-Kautsar Samarinda. Ijeces: Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2). https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/eceji/article/view/32395

Subekti, F. (2017). Implementasi Reduce, Reuse, Recycle (3r) Dalam Menumbuhkan Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan Di PAUD Gajah Wong, Balerejo, Mujamuju, Umbulharjo, DIY. Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta, 1. https://doi.org/https://eprints.uny.ac.id/view/year/2017.default.html

Sufia, R., & Arisona, R. D. (2021). Introducing environmental education to early children through 3R activities (an effort for Indonesia free trash). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012030

Suryani. (2012). Permainan Edukatif untuk mengembangkan potensi & mental positif. https://doi.org/https://perpustakaan.binadarma.ac.id/opac/detail-opac?id=517

Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). Bermain Kognitif Matematika Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 158–166. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34259

Syofnidah, Y. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar PAI Melalui Metode Pembelajaran Questions Students Have Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2. https://doi.org/https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1327

Wahyuni, D., Aprillia, E., & Fauzi, M. (2025). Korelasi antara Perkembangan Motorik Halus dan Keterampilan Pra Menulis Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 145–158. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1160

Yuni, R., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Pengembangan Media Kreatif Barang Bekas Untuk Melatih Kreativitas Anak Kelompok B Di Tk Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/48/38

Downloads

Published

2025-04-26

Issue

Section

Articles