Using Learning Media to Improve Beginning Reading Skills

Penggunaan Media Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

Authors

  • Auliya Ul Fahmiyah Universitas Negeri Malang
  • Dedi Kuswandi Universitas Negeri Malang
  • Sri Wahyuni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1568

Keywords:

Literacy, Early Childhood Education, Learning Media

Abstract

Abstract

Early reading literacy is an important foundation in the development of early childhood literacy skills that have a direct impact on their readiness to enter primary education. The urgency of this research is based on the low awareness of the importance of literacy stimulation from an early age and the limited utilization of contextual learning media. This study aims to examine in depth the concept of early reading literacy, the learning approaches used in its introduction, and the effectiveness of learning media in supporting the development of these skills. This research uses the literature study method by systematically tracing and reviewing more than twenty sources of current scientific literature, both in the form of journal articles, books, and research reports. The data analysis technique was conducted qualitatively through thematic analysis approach to identify key themes relevant to the topic. The results of the study show that learning media designed with a concrete and fun approach, such as literacy boards and phased word play, can significantly increase children's learning motivation and phonological understanding. The contribution of this study is not only to enrich the conceptual understanding of early literacy but also to provide practical recommendations in the selection and development of learning media that are suitable for early childhood characteristics. More broadly, the findings provide new directions for curriculum development and literacy learning strategies in the context of Early Childhood Education (ECED).

 

Abstrak

Literasi membaca permulaan merupakan fondasi penting dalam pengembangan keterampilan literasi anak usia dini yang berdampak langsung terhadap kesiapan mereka memasuki jenjang pendidikan dasar. Urgensi penelitian ini didasari oleh rendahnya kesadaran akan pentingnya stimulasi literasi sejak usia dini serta masih terbatasnya pemanfaatan media pembelajaran yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep literasi membaca awal, pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pengenalannya, serta efektivitas media belajar dalam mendukung pengembangan keterampilan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelusuri dan mereview secara sistematis lebih dari dua puluh sumber literatur ilmiah terkini, baik berupa artikel jurnal, buku, maupun laporan penelitian. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui pendekatan thematic analysis untuk mengidentifikasi tema-tema kunci yang relevan dengan topik. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan konkret dan menyenangkan, seperti papan literasi dan main kata bertahap, mampu meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman fonologis anak secara signifikan. Kontribusi dari penelitian ini tidak hanya memperkaya pemahaman konseptual terkait literasi awal, tetapi juga memberikan rekomendasi praktis dalam pemilihan dan pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Secara lebih luas, temuan ini memberikan arah baru bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran literasi dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kata kunci: Literasi, PAUD, Media Belajar

 

 

References

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Asyhar, R. (2012). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Beauchat, K. A., Blamey, K. L., & Walpole, S. (2009). Building Preschool Children’s Language and Literacy One Storybook at a Time. The Reading Teacher, 63(1), 26–39. https://doi.org/10.1598/rt.63.1.3

Eka Mei.2020, Outdoor Leraning terhadap Literasi Nunerasi.Institut Agama Islam Negeri Metro, Metro, Indonesia ekameiratnasari@metrouniv.ac.id

Fitriani Rizka, A., & Fuad, N. (2025). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Stres Kerja Guru : Sebuah Kajian Literatur Review. Journal on Education, 07(02).

Gerakan Literasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Jakarta. Materi Pendukung Literasi Numerasi

Handayani, S. (2019). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal melalui Media Big Book.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-007, 1--7. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php

Hapsari, A., Novitasari, R., & Wahyuningsih, H. (2018). Pelatihan Literasi Sumber dan Bahan Belajar di Internet bagi Guru PAUD di Kecamatan Ngaglik, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 135–140. https://doi.org/10.30653/002.201832.61

Helandri, J., Arsyad, M., Afiani, U., Munandar, A. A., Bukhori, N. Al, Fatih6, M. S. Al, & Rahman, S. (2024). Pengembangan Model Manajemen Evaluasi Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Bouseik: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–67. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i1.743

Herlina, E. S. (n.d.). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5.

Herlina, M. N., Fatimah, A., & Fahmi, F. (2018). PENINGKATAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA KARTU HURUF (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Assa’dah Serang-Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 15. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i1.4676

Julianto, H. F.. (2018). Penerapan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan

Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan 1 dan Kebudayaan.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (pp. 9–46). http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kustanto, P., Fadjriya, A., & Purnomo, R. (2021). Membaca Bakat dengan Aplikasi Talents Mapping untuk Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Catur Global Kota Bekasi (Vol. 4, Issue 1). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas

Latifah, S., & Salim, A. (2019). Self Concept and Language Development in Two Dyslexic Children Between The Ages of 6 and 12. In Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS) (Vol. 6, Issue 1).

Lestari, K. E. (2004). Paradigma pendidikan matematika realistik. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestary, A.2004. Perbedaan Efektivitas Metode Lembaga Kata dengan Alat Bantu Gambar dan Tanpa Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Taman Kanak – kanak. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Marlina, I., Susanti, D., & Pratama, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45-58.

Maya Pratiwi, S., Gandana, G., & Qonita, dan. (2024). Pentingnya Sex Education Untuk Anak Usia Dini Sebagai Pencegahan Pelecehan Seksual. Journal Genta Mulia, 15(2), 269–275. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm

Mirawati, & Nugraha, R. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Chilhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–15.

Nike Pransiska, Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Memancing Huruf Bergambar Di TK Negeri Pembina Agam, Jurnal Pesona PAUD, Vol. 1, No. 1, 2019, hal. 3.

Nudiati, D. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1

Purpura, D. J. (2009). Informal Number-Related Mathematics Skills: An Examination of The Structure of and Relations Between These Skills in Preschool. Unpublished dissertation, Florida State University.

Ramayulis. (2013). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia

Riani Indri Hapsari, Psikologi Perkembangan Anak, (Jakarta: PT Indeks, 2016), hal. 223. 4Arief S Sadiman, Media Pendidikan, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010), hal. 6Ritawati, Wahyudin.1996. Bahan Ajar Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelaskelas Rendah SD. Padang. IKIP.

Rifqi (2019).Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah tidak Terstruktur KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Volume 4, No. 1, April 2019, hal. 69-88

Ritonga, F. R., & Fathiyah, K. N. (2023). Kemampuan Membaca Permulaan melalui Penggunaan Media Big Book untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5907–5918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4560

Ruspita, Ane.2005. Membaca Dini Pada Anak Usia Prasekolah. Tugas Akhir D2 PGTK UPI Bandung.

Sakri Alfaregi, I., Hartati, S., & Akbar, Z. (n.d.).2024. KIDDO : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Eksplorasi Korelasi Gender Sebagai Mediator Dalam Keterlibatan Anak di Taman Kanak-Kanak. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.14910

Salingkat, S. (2023). Penerapan Pra Literasi Menggunakan Metode Bermain. Damhil Education Journal, 3, 63–67. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2088

Salingkat, S. (2023). Penerapan Pra Literasi Menggunakan Metode Bermain. Damhil Education Journal, 3, 63–67. https://doi.org/10.37905/dej.v3i2.2088

Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman dalam Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7

Shanie, A., Sugiarti, R., Erlangga, E., Psikologi, M., & Semarang, U. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. 5(1).

Sriningsih, N. (2008). Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung: Pustaka Sebelas

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2015. Penilaian Autentik. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryani dan Prima Aulia, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Memancing Hruuf Bergambar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiah 5 Padang, Jurnal of Family, Adult, and Early Childhood Education, Vol. 2, No. 1, 2020, hal. 2

Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Talango, S. R., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. In ECIE Journal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Early Childhood Islamic Education Journal (Vol. 01, Issue 01). https://kbbi.web.id.kembang.

Ulfadilah, N., & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. PAUDIA, 1-8.

Ulfadilah, N., & Setiasih, O. (2024). Kegiatan Jurnal Pagi Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini. 13(2), 351–358. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1062

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yilmaz, S (2016). Outdoor Environment and Outdoor activities in early childhood education. Mersin University Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.254

Yuli Pudji Lestari dan Mas’udah, Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Kartu Huruf Di TK Kusuma Putra Surabaya, Jurnal PAUD Teratai Vol, 8, No. 2, 2019, hal. 2.

Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.29313/ga

Downloads

Published

2025-04-30