Implementation of Interactive Storytelling Method to Develop Speaking Skills in Early Childhood Children

Implementasi Metode Bercerita Interaktif untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Dian Mayang Sari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Sofa Muthohar Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Mursid Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1573

Keywords:

Interactive Storytelling Method, Speech Skills, Early Childhood

Abstract

Abstract

Speaking ability is one of the important aspects in the physical and psychological development of early childhood. Therefore, children's speaking ability should be further developed from an early age. This study aims to determine the implementation of interactive storytelling methods to develop speaking ability in early childhood at RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang which consists of 16 children in class B1. This research uses qualitative descriptive methods. Data collection was done by observation, documentation and interview. The results of this study indicate that the implementation of interactive storytelling methods to develop children's speaking skills includes the pronunciation of sounds, language to express or convey thoughts, ideas or feelings orally. Before this method was applied, children tended to speak in less clear articulation. After the application of interactive storytelling method is applied, children are able to speak with clear articulation. Thus, the interactive storytelling method in developing children's speaking ability in class B1 at RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang proved to be successful in its implementation.

 

Abstrak

Kemampuan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan fisik dan psikologis anak usia dini. Oleh karena itu, kemampuan berbicara anak seharusnya semakin dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bercerita interaktif untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak usia dini di RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang yang terdiri dari 16 anak di kelas B1. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode bercerita interaktif untuk mengembangkan kemampuan berbicara pada anak meliputi pengucapan bunyi-bunyi, bahasa untuk mengekspresikan atau menyampaikan pikiran gagasan atau perasaan secara lisan. Sebelum metode ini diterapkan, anak cenderung berbicara dalam pengucapan artikulasi yang kurang jelas. Setelah penerapan metode bercerita interaktif diterapkan anak sudah mampu berbicara dengan artikulasi yang jelas. Dengan demikian, metode bercerita interaktif dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak pada kelas B1 di RA Al Hidayah UIN Walisongo Semarang terbukti berhasil dalam pelaksanaannya

Kata kunci: Metode Bercerita Interaktif; Kemampuan Berbicara; Anak Usia Dini

References

Aeni, S. Q., & Setiasih, O. (2024). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18072

Afshar, H. S., & Rahimi, M. (2014). The Relationship among Critical Thinking, Emotional Intelligence, and Speaking Abilities of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136, 75–79. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.291

Andi Hidayah Insani, Usman Bafadal, S. N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Audio Visual Dengan Metode Bercerita Pada Siswa Kelompok B TK Adinda Tarakan. Ilmiah Cahaya Paud, 6.

Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224

Anggreini, L. L. (2025). Implementasi Permainan Angklung Untuk Meningkatkan Kerjasama Anak dan Pelestarian Budaya Lokal di TK ABA 54 Semarang. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidangpendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 55–68. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1268

Astono, A. D. (2021). METODOLOGI PENELITIAN Metode Penelitian Manajemen Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Buku Ajar Perkuliahan. Cahya Ghani Recovery.

Dabis, Y., Novita Arifin, I., & Us Djuko, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Alam terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B. Student Journal of Early Childhood Education, 2(1), 2022.

Fadilah, R., & Aziz, T. (2024). KIDDO : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Penerapan Metode Bercerita dengan Pendekatan Ramah Anak untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di PAUD Ar Rahman. KIDDO Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1, 1–12. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.13615

FITRIYANI. (2021). meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media gambar di pendidikan anak usia dini darunnadwah kelurahan teluk pinang. In skripsi.

Hiramoto, T. (2024). Embedding answers into ongoing story (and other extended) telling in conversational interaction. Journal of Pragmatics, 234, 99–121. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2024.10.008

Huda, H., Azizah, M., Sholikhah, D. H., Rosidah, U., & Iktiarto, S. W. (2021). Upaya pengondisian kelas untuk mendisiplinkan siswa dalam pembelajaran. TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 139–152.

Insani, A. H., Mas’an, S., & Wahid, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Media Audio Visual Dengan Metode Bercerita Pada Nak Kelompok B Tk Adinda Tarakan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(2).

Jazilurrahman, J., Widat, F., Widat, F., Tohet, M., Tohet, M., Murniati, M., Murniati, M., Nafi’ah, T., & Nafi’ah, T. (2022). Implementasi Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3291–3299. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2095

Karim, I. K., & Juniarti, Y. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2). https://doi.org/http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah

Khan, N., & Ali, A. (2010). Improving the speaking ability in English: The students’ perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 3575–3579. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.554

Lestari, N. M. D. C. (2024). Metode stimulasi yang dapat diberikan untuk anak yang mengalami keterlambatan bicara ( speech delay). Journal Of Social Science Research, 4, 1167–1175.

Muhammad, P., Penerbit, Z., Zaini, M., Saputra, N., Penerbit, Y., Lawang, K. A., & Susilo, A. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif. https://www.researchgate.net/publication/370561417

Nielsen, T., Ahrenkiel, L., Petersen, M. R., & Pontoppidan, M. (2023). The PSECEC study: Protocol for a randomized controlled study of professional development in science for early childhood education and care staff. International Journal of Educational Research Open, 5(July), 100268. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2023.100268

Normaliza, Aulia, R., Tinggi, S., Islam, A., Mandailing, N., Jl, A., Andi, P., Nst, H., Stain, K., Lombang, P., Panyabungan, K., Natal, K. M., & Utara, S. (2024). metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak. Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 228–239. https://doi.org/https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1498

Nurhayati, M. (2024). Keterampilan bicara dan dampaknya pada perkembangan pragmatika anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(April), 226–237.

Nurlaela, L., Rahayu, W., & Apriyansyah, C. (2024). Pembentukan karakter religius anak usia dini melalui metode bercerita dengan media smart box di kober As – Siroj. 5(September), 138–147. https://doi.org/10.37373/bemas.v5i1.1344

Prasetiyawati, D., Kristanto, D. H. M., & Wahyu Pusari, R. (2011). upaya identifikasi kreativitas kader-kader paud di kecamatan ungaran melalui alat permainan edukatif (APE). In Jurnal Penelitian PAUDIA (Vol. 1, Issue 1).

Ramadhina, A., Permata Sari, D., Fadiah Nasution, R., & Islam Negeri Sumatera Utara, U. (2024). Karakteristik Perkembangan Kognitif Pada Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(4), 177–184.

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Samadi, F., Maghsoudi, M., & Azizmohammadi, F. (2014). The Impact of CALL Technology on Improving Iranian Female Highschool Students’ Speaking Ability. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 98(2011), 1666–1671. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.591

Sarwuna, Y., Ani, Y., & Soesanto, R. H. (2023). Penerapan metode bercerita bagi kemampuan numerasi siswa usia dini dalam pembelajaran tematik(application of the story method for early student numeration ability thematic learning). JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 7(1), 76. https://doi.org/10.19166/johme.v7i1.6468

Shofia, S., & Dirgayunita, A. (2024). Studi Literatur Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-6 Tahun Bercerita. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 76–93. https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.979

Vania, E. P. (2023). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi fabel pada siswa kelas VII SMP. Kurikula: Jurnal Pendidikan, 8(1), 7–19.

Wulandari, D. (2011). Keefektifan metode interaktif dan kolaboratif terhadap kemampuan bercerita pada siswa kelas vh smp negeri 7 palembang. In skripsi.

Wulyani, S., Djibran, A. K. S., & Lamadang, K. P. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Menggunakan Metode Cerita Bergambar Di Paud. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(november-april), 121. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1520

Yeni, F. (2021). pengaruh penerapan bermain tebak ekspresi terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Ummi Erni Percut Kota Medan.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). TIPE PENELITIAN DESKRIPSI DALAM ILMU KOMUNIKASI THE TYPE OF DESCRIPTIVE RESEARCH IN COMMUNICATION STUDY. In Jurnal Diakom (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2025-03-27

Issue

Section

Articles