How Do Early Childhood Children Understand Religious Values ​​Education?

Bagaimana Anak Usia Dini Memahami Pendidikan Nilai-Nilai Agama?

Authors

  • Yuli Pujianti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Marhalah Al Uya Bekasi
  • Ade Tutty R. Rosa Universitas Islam Nusantara
  • Entin Nuryati Universitas Islam Nusantara
  • Siti Aminah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1603

Keywords:

Early Childhood Perceptions, Religious Values, Honesty, Kindness, Mutual Respect

Abstract

Abstract

This study explored early childhood perceptions of religious values education at Kemala Bhayangkari 30 STIK Kindergarten. Using a quantitative approach with a survey method, this study involved 20 purposively selected children aged 4-6 years. Data was collected through direct observation to measure children's understanding of religious value concepts, such as honesty, kindness, and respect. The results showed that 40% of the children understood the value of honesty well, 35% understood the value of kindness, and 25% understood the value of respect. Children who engaged in interactive teaching with parental involvement showed higher understanding (85%) than children who only received lecture-based teaching (55%). In addition, support from the school environment also significantly influenced children's understanding, with a supportive environment resulting in a 90% comprehension rate. In comparison, a less supportive climate achieved only 55%. The study concludes that interactive teaching approaches, parental involvement, and support from the school environment are crucial in shaping children's understanding of religious values. The findings highlight the importance of improving teaching methods and cooperation between schools and parents in supporting the internalization of spiritual values in early childhood.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi anak usia dini terhadap pendidikan nilai-nilai agama di TK Kemala Bhayangkari 30 STIK. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian ini melibatkan 20 anak berusia 4–6 tahun yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui observasi langsung yang dirancang untuk mengukur pemahaman anak-anak terhadap konsep nilai agama, seperti kejujuran, kebaikan, dan rasa hormat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 40% anak memahami nilai kejujuran dengan baik, sementara 35% memahami nilai kebaikan dan 25% memahami nilai saling menghargai. Anak-anak yang terlibat dalam pengajaran interaktif dengan keterlibatan orang tua menunjukkan pemahaman yang lebih tinggi (85%) dibandingkan dengan mereka yang hanya menerima pengajaran ceramah (55%). Selain itu, dukungan lingkungan sekolah juga berpengaruh signifikan terhadap pemahaman anak, dengan lingkungan yang mendukung menghasilkan tingkat pemahaman 90%, sedangkan lingkungan dengan dukungan rendah hanya mencapai 55%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pengajaran yang interaktif, keterlibatan orang tua, dan dukungan lingkungan sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan pemahaman anak terhadap nilai-nilai agama. Implikasi dari temuan ini menyoroti pentingnya peningkatan metode pengajaran dan kerjasama antara sekolah dan orang tua dalam mendukung internalisasi nilai agama pada anak usia dini.

Kata kunci: Persepsi Anak Usia Dini; Nilai-Nilai Agama; Kejujuran; Kebaikan; Saling Menghargai

References

Ambarwati, R., Wulan, S., & Yetti, E. (2025). Parental Involvement in Qur’anic Education for Early Childhood: Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Al-Qur’an untuk Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 116–128. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1203

Benson, P. L., Roehlkepartain, E. C., & Rude, S. P. (2019). Spiritual development in childhood and adolescence: Toward a field of inquiry. In Beyond the Self (pp. 205–213). Routledge. http://dx.doi.org/10.1207/S1532480XADS0703_12

Cavalletti, S. (2020). Religious Potential of the Child: Experiencing Scripture and Liturgy with Young Children. LiturgyTrainingPublications.

Dharma, I. M. A., & Lestari, N. A. P. (2022). The Impact of Problem-Based Learning Models on Social Studies Learning Outcomes and Critical Thinking Skills for Fifth Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 263–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.46140

Einarsdottir, J., Purola, A.-M., Johansson, E. M., Broström, S., & Emilson, A. (2015). Democracy, caring and competence: Values perspectives in ECEC curricula in the Nordic countries. International Journal of Early Years Education, 23(1), 97–114. https://doi.org/10.1080/09669760.2014.970521

Fadli, F. (2019). Metode Praktek dalam Memperkenalkan Nilai-Nilai Keagamaan pada Anak Usia Dini di PAUD Mawar Tasikrejo Pemalang. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(1), 121–136. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v7i1.4938

Gliatto, P., Colbert‐Getz, J. M., Bhutiani, M., Cutrer, W. B., Edwards, S., Fleming, A., Keeley, M., Osterberg, L., Pilla, M. A., & Moynahan, K. F. (2019). Too Many Hats? Conflicts of Interest in Learning Community Faculty Roles. Journal of Medical Education and Curricular Development, 6. https://doi.org/10.1177/2382120519827890

Hanafi, M. Z. (2019). Implementasi Metode Sentra Dalam Pengembangan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41647

Hanifah, S., & Kurniati, E. (2024). Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 130–142. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11576

Hannam, P., Biesta, G., Whittle, S., & Aldridge, D. (2020). Religious literacy: A way forward for religious education? Journal of Beliefs & Values, 41(2), 214–226. https://doi.org/10.1080/13617672.2020.1736969

Hapidin, H., Pujianti, Y., & Dhieni, N. (2024). Apa yang Dipikirkan Orang Tua: Perspektif Kesiapan Sekolah. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(2), 334–350. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.1083

Hostini, L. (2022). Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati. Early Childhood Research and Practice, 3(01), 1–4. https://doi.org/10.33258/ecrp.v3i01.2546

Imelda, A. (2018a). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Jackson, R. (2018). Studying religious diversity in public education: An interpretive approach to religious and intercultural understanding. In Religious Education for Plural Societies (pp. 86–102). Routledge. https://www.taylorfrancis.com/chapters/edit/10.4324/9781315147314-8/studying-religious-diversity-public-education-robert-jackson

Junanto, S., Wahid, A., & Wahyuningsih, R. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(2), 42–46. https://doi.org/10.22460/ts.v6i2p%25p.2044

Kasmiati, K. (2023). Implementasi Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3067–3076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4483

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Komariah, N., & Nihayah, I. (2023). Improving the personality character of students through learning Islamic religious education. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 65–77. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.15

Mardia, R. (2024). Internalisasi Nilai Pendidikan Multibudaya Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Pengasuhan Ekologi Urie Bronfenbrenner dan Signifikansinya terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Al-Marifah| Journal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 219–231. https://doi.org/10.70143/almarifah.v4i2.328

Mas’ ulah, S. (2019). Teori Pembelajaran Albert Bandura dalam Pendidikan Agama Islam. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2984/

Mata-McMahon, J., Haslip, M. J., & Schein, D. L. (2019). Early childhood educators’ perceptions of nurturing spirituality in secular settings. Early Child Development and Care. https://doi.org/10.1080/03004430.2018.1445734

Maulidiyah, E. C. (2018). Penanaman nilai-nilai agama dalam pendidikan anak di era digital. Martabat, 2(1), 71–90. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.71-90

Mubin, M. N., Ikhasan, B. M. N., & Putro, K. Z. (2021). Pendekatan kognitif-sosial perspektif albert bandura pada pembelajaran pendidikan agama islam. Edureligia, 5(01), 92–103. https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i1.1792

Novitasari, D., Miranda, D., & Perdina, S. (2024). Pengembangan Immersive Learning Berbasis Virtual Reality Dalam Pengenalan Rumah Ibadah Agama Kristen untuk AUD. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 267–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.508

Nurlina, N., Halima, H., Selman, H., & Amalia, W. O. S. (2024). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini: Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 229–236. https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2970

Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. Paudia, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.7983

Pajarianto, H., Pribad, I., & Sari, P. (2022). Tolerance between religions through the role of local wisdom and religious moderation. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 78(4). https://doi.org/10.4102/hts.v78i4.7043

Pramashella, A. M., Muthohar, S., & Fatmawati, N. M. (2025). Analysis of the Implementation of PBL (Problem-Based Learning) in Stimulating Religious and Ethical Aspects in Early Childhood: Analisis Penerapan PBL (Problem Based Learning) Dalam Menstimulasi Kemampuan Aspek Agama Dan Budi Pekerti Pada Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 197–209. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1284

Pujianti, Y., Komara, E., Koswara, N., Nuryati, E., & Aminah, S. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini: Tinjauan Psikologi dan Sosiologi. Jurnal SOLMA, 13(2), 1327–1337. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.13526

PURNAMA, H. (2022). PERKEMBANGAN MORAL MANUSIA DALAM PERSPEKTIF JEAN PIAGET DAN LAWRENCE KOHLBERG. S2-MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://repository.syekhnurjati.ac.id/11519/

Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif al-quran. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.32678/assibyan.v6i1.9929

Rukiyati, R., Siswoyo, D., Hendrowibowo, L., Yogyakarta, N., & Java, C. (2020). Moral education of kindergarten children in rural areas: a case study in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www. Ijicc. Net, 14(3), 1278–1293. https://ww.ijicc.net/images/Vol_14/Iss_3/14378_Rukiyati_2020_E_R1.pdf

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode penanaman nilai-nilai agama dan moral anak usia dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. http://dx.doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312

Safitri, R. N., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.289

Sakwin, D. L., & Muqowim, M. (2020). Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam. Generasi Emas, 3(2), 77–85. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(2).5137

Saputra, H. (2023). Me metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26. https://ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/32

Sharma, R., & Shukla, C. S. (2023). Constructivist approach in education: Projecting the insights of Piaget and Vygotsky into future. International Journal of Research Culture Society, 7(3), 79–84.

Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271–285. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/937

Yulianti, K. N., Mayar, F., Eliza, D., & Livia, R. (2023b). Peranan profesional guru dalam meningkatkan nilai karakter anak usia dini di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5597–5606. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5243

Yunanda, D., Fernandes, R., Sylvia, I., & Putra, E. V. (2019). Pilihan Rasional Orang Tua Menyekolahkan Anak ke SDIT Adzkia Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). http://dx.doi.org/10.24036/sikola.v1i2.17

Zahra, N. Q. (2021). Membangun Karakter Sejak Anak Usia Dini Melalui Peenanaman Nilai-nilai Agama. Educatio, 16(1), 50–57. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3479

Zannatunnisya, Z., Harahap, A. S., Parapat, A., & Rambe, A. (2024). Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 624–634. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i4.32931

Downloads

Published

2025-05-04