Development of Lift the Flap Book Media Introduction to Numbers for Early Childhood
Pengembangan Media Lift the Flap Book Pengenalan Bilangan untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1693Keywords:
Development, Early Childhood, Lift the Flap Book, Number RecognitionAbstract
Abstract
Introducing numbers to early childhood is essential to build a foundation for logical thinking and problem-solving skills that will be used throughout their lives. This study developed an interactive learning medium in the form of a Lift the Flap Book Mengenal Bilangan 1–10 to help early childhood learners recognize numbers from 1 to 10. The research employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE model, which includes the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The trial involved one teacher and five parents from TK Kanisius Genuk, as well as one teacher and five parents from TK PGRI Baran. Data were collected through expert validation of the content and media, and practicality tests using questionnaires administered to teachers and parents. During the implementation phase, the media was used on a limited basis in early childhood classes to observe children’s responses and the ease of use by teachers. Evaluation was conducted by collecting feedback from teachers and parents regarding their experience using the media during learning. The validation results indicated a feasibility score of 90.5%, while the practicality test achieved a score of 91%, suggesting that the media is both valid and practical for teaching number recognition to early childhood learners. This research produced an innovative learning medium that effectively supports an engaging learning process for children.
Abstrak
Pengenalan bilangan pada anak usia dini sangat penting untuk membangun dasar kemampuan berpikir logis dan keterampilan pemecahan masalah yang akan digunakan sepanjang hidup anak. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa buku Lift the Flap Mengenal Bilangan 1–10 untuk anak usia dini mengenal bilangan 1 sampai 10. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba melibatkan satu guru dan lima orang tua murid dari TK Kanisius Genuk serta satu guru dan lima orang tua dari TK PGRI Baran. Data dikumpulkan melalui validasi ahli materi dan media serta uji kepraktisan menggunakan angket kepada guru dan orang tua. Pada tahap implementasi, media digunakan secara terbatas di kelas PAUD untuk mengamati respons anak dan kemudahan penggunaan oleh guru. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik dari guru dan orang tua mengenai pengalaman penggunaan media selama pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 90,5%, sedangkan uji kepraktisan mencapai skor 91%, mengindikasikan bahwa media ini valid dan praktis untuk pembelajaran pengenalan bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran inovatif yang mendukung proses belajar anak secara menarik..
Kata kunci: Anak Usia Dini; Lift The Flap Book; Pengembangan; Pengenalan Bilangan
References
Angely, O., Ramadani, N., Chandra Kirana, K., Astuti, U., & Marini, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6). https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432
Astuti, F., & Rasidi. (2020). Persepsi Guru Tentang standar Pembelajaran Matematika Di Tk Di Kabupaten Magelang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9, 111–125. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6233
Azimah, N., & Febrina Dafit. (2022). Pengembangan Media Lift the Flap Book pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 372–382. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51391
Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2024). Panduan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Dhear, A., & Cahyani, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 170–179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Dina. (2019). Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 124–133.
Dwijayanti, I., Andri Nugroho, A., Khasanah, I., & Esti Utami, R. (2024). Pengenalan Numerasi Awal pada Anak Usia 0-6 Tahun melalui Activity Book di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1657–1665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6143
Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan melalui Pembelajaran Multimedia pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 66–76. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Gunawan, S., Hayat, N., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i2.7337
Lisjayanti, M. F., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2022). Pengenalan Konsep Bilangan melalui Alat Permainan Tradisional Dakon pada Anak Usia 5-6 Tahun. Wawasan Pendidikan, 2(2), 574–581. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10048
Marinda Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 116–152.
Maulida Hasanah, P., Martati, B., & Rahayu, P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 116–129.
Meuthia, N., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 354–363. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8905
Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499
Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021a). Pengaruh Media Lift the Flap Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 20–30. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021b). PENGARUH MEDIA LIFT THE FLAP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Vol. 9, Issue 1). https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Nugrahani, R., & Dwi Permata, R. (2021). Pengembangan Media Buku Lift The Flap Flanel Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 532–541. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE
Nugrahani, R., & Permata, R. (2024). Desain Media Buku Lift the Flap untuk Menstimulasi Kemampuan Logika Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1473–1477.
Rahmawati, C. (2018). PERANCANGAN FLAP BOOK SEBAGAI SARANA PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA UNTUK ANAK USIA 7-10 TAHUN. Jurnal Seni Rupa, 6, 816–822.
Romlah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK SEKAR WANGI KEDATON BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini.
Rozi, F., & Faizul Mubarak, A. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 266–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8339
Sabatini, G., Tri Ananda, I., Lubis, K., Marisca, L., & Sari, V. (2024). Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran: Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–103. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.349
Sulasmi. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1-10 melalui Permainan Congklak pada Siswa Kelompok A TK Idhata 2 Pule. Jurnal Simki Postgraduate, 2(4), 313–322. https://jiped.org/index.php/JSPG
Syafitri Nurinta, D., & Muftie, Z. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 sampai 10 melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3267
Trinaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Anak TK A Dalam Mengenal Lambang Bilangan 1–5 Menggunakan Media Pasir dan Papan Pintar di TK Negeri Pembina Bangsri. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(2), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/audiensi.vol2.no22023pp117-125
Vidatul Zummiasa, A., Widayati, S., & Reza, M. (2023). Pengembangan Media Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 pada Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 66–76.
Vita Vela, L., Asih, Arsih, F., & Fuadiyah, S. (2021). Validitas dan Kepraktisan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo untuk Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 41–48. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mareta Delfiana, Danang Setyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.