Pengembangan Media Lift the Flap Book Pengenalan Bilangan untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • Mareta Delfiana Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1693

Kata Kunci:

Pengembangan, Anak Usia Dini, Lift The Flap Book, Pengenalan Bilangan

Abstrak

Pengenalan bilangan pada anak usia dini sangat penting untuk membangun dasar kemampuan berpikir logis dan keterampilan pemecahan masalah yang akan digunakan sepanjang hidup anak. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa buku Lift the Flap Mengenal Bilangan 1–10 untuk anak usia dini mengenal bilangan 1 sampai 10. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba melibatkan satu guru dan lima orang tua murid dari TK Kanisius Genuk serta satu guru dan lima orang tua dari TK PGRI Baran. Data dikumpulkan melalui validasi ahli materi dan media serta uji kepraktisan menggunakan angket kepada guru dan orang tua. Pada tahap implementasi, media digunakan secara terbatas di kelas PAUD untuk mengamati respons anak dan kemudahan penggunaan oleh guru. Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan umpan balik dari guru dan orang tua mengenai pengalaman penggunaan media selama pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 90,5%, sedangkan uji kepraktisan mencapai skor 91%, mengindikasikan bahwa media ini valid dan praktis untuk pembelajaran pengenalan bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran inovatif yang mendukung proses belajar anak secara menarik.

Referensi

Angely, O., Ramadani, N., Chandra Kirana, K., Astuti, U., & Marini, A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN (STUDI LITERATUR). JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6). https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432

Astuti, F., & Rasidi. (2020). Persepsi Guru Tentang standar Pembelajaran Matematika Di Tk Di Kabupaten Magelang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9, 111–125. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6233

Azimah, N., & Febrina Dafit. (2022). Pengembangan Media Lift the Flap Book pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 372–382. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51391

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). (2024). Panduan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dhear, A., & Cahyani, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Balok Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(3), 170–179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Dina. (2019). Pengenalan Lambang Bilangan Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 124–133.

Dwijayanti, I., Andri Nugroho, A., Khasanah, I., & Esti Utami, R. (2024). Pengenalan Numerasi Awal pada Anak Usia 0-6 Tahun melalui Activity Book di Pos PAUD Nusa Indah Jaya 8. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1657–1665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6143

Gunanti, E., Wahyuningsih, S., & Dewi, N. K. (2021). Mengenal Konsep Bilangan melalui Pembelajaran Multimedia pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(2), 66–76. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Gunawan, S., Hayat, N., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 DENGAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/pedagogi.v7i2.7337

Lisjayanti, M. F., Khasanah, I., & Rakhmawati, E. (2022). Pengenalan Konsep Bilangan melalui Alat Permainan Tradisional Dakon pada Anak Usia 5-6 Tahun. Wawasan Pendidikan, 2(2), 574–581. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.10048

Marinda Leny. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 116–152.

Maulida Hasanah, P., Martati, B., & Rahayu, P. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 116–129.

Meuthia, N., & Suyadi. (2021). Penggunaan Media Permainan Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 354–363. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8905

Nari, N., Akmay, Y., & Sasmita, D. (2020). Penerapan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan membilang. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.26499

Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021a). Pengaruh Media Lift the Flap Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 20–30. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021b). PENGARUH MEDIA LIFT THE FLAP BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN (Vol. 9, Issue 1). https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Nugrahani, R., & Dwi Permata, R. (2021). Pengembangan Media Buku Lift The Flap Flanel Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 532–541. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE

Nugrahani, R., & Permata, R. (2024). Desain Media Buku Lift the Flap untuk Menstimulasi Kemampuan Logika Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1473–1477.

Rahmawati, C. (2018). PERANCANGAN FLAP BOOK SEBAGAI SARANA PENGENALAN PERMAINAN TRADISIONAL INDONESIA UNTUK ANAK USIA 7-10 TAHUN. Jurnal Seni Rupa, 6, 816–822.

Romlah. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE MELALUI KARTU ANGKA DI TAMAN KANAK-KANAK SEKAR WANGI KEDATON BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini.

Rozi, F., & Faizul Mubarak, A. (2021). Penggunaan Media Permainan Bola Angka Terhadap Kemampuan Mengenalkan Konsep Bilangan 1-10 pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 266–277. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.8339

Sabatini, G., Tri Ananda, I., Lubis, K., Marisca, L., & Sari, V. (2024). Pengembangan dan Aplikasi Media Pembelajaran: Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–103. https://doi.org/10.59342/jgt.v3i1.349

Sulasmi. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Bilangan 1-10 melalui Permainan Congklak pada Siswa Kelompok A TK Idhata 2 Pule. Jurnal Simki Postgraduate, 2(4), 313–322. https://jiped.org/index.php/JSPG

Syafitri Nurinta, D., & Muftie, Z. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1 sampai 10 melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3267

Trinaningsih. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Anak TK A Dalam Mengenal Lambang Bilangan 1–5 Menggunakan Media Pasir dan Papan Pintar di TK Negeri Pembina Bangsri. AUDIENSI: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(2), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/audiensi.vol2.no22023pp117-125

Vidatul Zummiasa, A., Widayati, S., & Reza, M. (2023). Pengembangan Media Lift the Flap Book untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Penjumlahan 1-5 pada Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 66–76.

Vita Vela, L., Asih, Arsih, F., & Fuadiyah, S. (2021). Validitas dan Kepraktisan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo untuk Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 5(1), 41–48. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Diterbitkan

2025-07-10