Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.478

Keywords:

Keywords: Discovery Learning Model; students’ activity; kindergarten

Abstract

Abstract

Early childhood tends to absorb new knowledge if it happens in concrete real life. So that teachers must be able to provide learning based on realistic experiences, learning methods are needed that can stimulate student activeness. This research was held at TK Kasih Bunda (Kindergarten), Tanah Datar District. This study aimed to 1). Describe the application of the Discovery Learning Model in TK Kasih Bunda, 2). See the benefits of the Discovery Learning Model in learning proccess, 3). See the teacher's responses to the application of the Discovery Learning Model in learning proccess. In addition, the method used in this study was qualitative with descriptive methods. The subject of the study was the teacher and students of Kasih Bunda Kindergarten. The data analysis technique applied is descriptive data analysis, using the stages of data reduction, data presentation, and conclusions. The data collection techniques applied two sources of data, namely primary and secondary sources. The strategy in collecting data was through observation, interviews, and documentation studies. In short, the findings of this study were that the application of the Discovery Learning Model ran properly implemented and it can increase students’ activity. The applied to three learning activities which were dancing, prayer, and gardening practices. Thus, the Discovery Learning Model has been proven to have a positive impact on increasing activeness, independence, self-confidence, courage, and be able to improve students' skills in TK Kasih Bunda, Tanah Datar District.

Keywords: Discovery Learning Model; Students’ Activity; Kindergarten

Abstrak

Anak usia dini cenderung menyerap suatu ilmu baru jika hal tersebut terjadi dalam kehidupan nyata yang bersifat konkrit. Sehingga guru harus mampu menyediakan pembelajaran yang berbasis pengalaman-pengalaman realistis maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa. Penelitian ini diselenggarakan di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Menggambarkan penerapan model Discovery Learning di TK Kasih Bunda, 2). Mengetahui manfaat model Discovery Learning dalam pembelajaran, 3). Mengetahui tanggapan guru terhadap penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa TK Kasih Bunda. Teknik analisis data yang diterapkan ialah analisis data deskriptif, menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menerapkan dua sumber data yaitu sumber primer dan sekunder. Strategi dalam pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan model Discovery Learning berjalan lancar dan tepat dilaksanakan dan dapat meningkatkan keaktifan siswa. Diterapkan pada tiga kegiatan pembelajaran yaitu praktik menari, praktik ibadah salat, dan praktik berkebun. Simpulan dari penelitian ini yaitu model Discovery Learning terbukti memberikan dampak yang positif terhadap peningkatkan keaktifan, kemandirian, percaya diri, keberanian, dan terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa di TK Kasih Bunda, Kab. Tanah Datar

Kata kunci: Discovery Learning; Keaktifan Siswa; Taman Kanak-Kanak

Author Biography

Yanti Shantini, Universitas Pendidikan Indonesia

Community of education

Informal learning

Nonformal learning

References

Adnyani, N. W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini ”Merdeka Belajar” Di Era Belajar Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 13. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1876

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Anggraini, H., Haryono, S. E., Muntomimah, S., Wijayanti, R., & Akbar, M. R. (2022). Strategi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Individual Differences. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 64–74.

Apoko, T. W., & Sya’ban, M. B. A. (2022). The impact of online learning implementation on satisfaction, motivation, quality of the learning process, and student learning outcomes. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5923–5932. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2096

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Artika, W., Nurmaliah, C., Studi, P., Pendidikan, M., Fkip, B., Syiah, U., & Aceh, B. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis STEM pada Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 99–107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591

Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA (Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57–71. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5745

Borman, R. I., & Erma, I. (2018). Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Taman Kanak-Kanak (Tk) Dengan Implementasi Model Pembelajaran Visualitation Auditory Kinestethic (Vak). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 3(1), 8–16. https://doi.org/10.29100/jipi.v3i1.586

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8

Darma Putra, I. G., & Sujana, I. W. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Fitriana, F. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 5(2), 100. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1805

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2009). How to Design and Evaluate Reseach in Education (Eight Edition). McGraw-Hill.

Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Irdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil

BelajIrdam Idrus, & Sri Irawati. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2).

Istikomah, Hartono, R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Discovery Learning Untuk Pemahaman Sains Pada Anak Tk B. Journal of Primary Education, 2(2), 71–76.

Kusen, K. (2022). Analysis of the Need for Development of Blended Learning Model in Early Childhood Education Programs in the Rejang Lebong Region. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 611–618. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1198

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurhamidah, M. S., Maryani, K., & Kusumawardani, R. (2022). Pengaruh Peran Guru Pendamping Terhadap Proses Pembelajaran di Taman Kanak Kanak Kecamatan Purwakarta , Cilegon-Banten The Influence of the Role of Assistance Teachers on the Learning Process in Kindergarten , Purwakarta District , Cilegon-Banten. 9(2), 90–100.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1985), 1308–1314.

Oktari, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1 (2017): Paud Lectura, 49–57.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR (KESEIMBANGAN TUBUH) ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI KELOMPOK B TUNAS RIMBA II TAHUN AJARAN 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA.

Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 130–134. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544

Qurota Aeni, S., & Setiasih, O. (2023). Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini: Strategi Komunikasi Guru. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.26877/paudia

Sapitri, U. E., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2016). PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI KALOR. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(September), 64–66.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar . Rajawali.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarseh, & Eliza, D. S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–75.

Wulandari, H., Amalia, H. A., Shohabi, A. F., Hendriani, I., Anmbia, N. N., Saputri, O. N., & Riani, S. (2022). Pelatihan Media Powerpoint untuk Mengembangkan Pembelajaran Kreatif di Taman Kanak Kanak. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89–98.

Downloads

Published

2024-06-20