Penggunaan Aplikasi Smart Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Sela Nurlaela Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lizza Suzanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deni Widjayatri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v13i2.493

Keywords:

Smart game applications, numbering skills, early childhood, Aplikasi Smart Game, Kemampuan Numerasi, Anak Usia Dini

Abstract

Numeration is a challenge for preschool children, but it can be a fun thing to use a game app. The aim of this study is to find out the impact of the application of Smart Games on numeration skills in preschool children. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques through observation and documentation of 18 children aged 5-6 years at BONA City Attack. The data analysis techniques used refer to the Miles and Huberman concepts, namely data collection, data reduction, data presentation, and inference. Research results show that the use of the Smart Game app significantly improves the understanding and numeration skills of preschool children. These findings confirm that technology integration, especially gaming applications, can be an effective tool in early childhood education. Proper support from educators and parents is also identified as a key factor in ensuring the successful implementation of this technology. Strong collaboration between schools, teachers, and parents can be a strong foundation for improving the quality of early childhood mathematics education through the use of the Smart Game app. The research supports the numeration improvement program in the PAUD field by involving the development of applications for preschool children.

Keywords: Smart Game Applications, Numbering Skills, Early Childhood

Abstrak

Numerasi menjadi tantangan bagi anak prasekolah, namun hal ini bisa dijadikan sesuatu yang menyenangkan dengan penggunaan sebuah aplikasi permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aplikasi Smart Game terhadap kemampuan numerasi pada anak prasekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui melalui observasi dan dokumentasi terhadap 18 anak usia 5-6 tahun di TK BONA Kota Serang. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Smart Game signifikan meningkatkan pemahaman dan kemampuan numerasi anak prasekolah. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi teknologi, khususnya aplikasi game, dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan anak usia dini. Dukungan yang tepat dari pendidik dan orang tua juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam memastikan keberhasilan implementasi teknologi ini. Kolaborasi yang kokoh antara sekolah, guru, dan orang tua dapat menjadi fondasi yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika anak usia dini melalui penggunaan aplikasi Smart Game. Penelitian ini mendukung program peningkatan numerasi di bidang PAUD dengan melibatkan pengembangan aplikasi untuk anak prasekolah.

Kata kunci: Aplikasi Smart Game, Kemampuan Numerasi, Anak Usia Dini

References

Astari, T., & Chozin, N. (2019). Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika Melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun.

Ayu Raniah, D., Ika Sari Rakhmawati, N., Negeri Surabaya, U., Lidah Wetan, J., Wetan, L., Lakarsantri, K., & Timur, J. (2023). Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun melalui Pembelajaran STEAM dan Bahan Loose Parts. Journal on Education, 06(01), 7030–7040. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3928

Chan, J. Y. C., & Scalise, N. R. (2022). Numeracy Skills Mediate the Relation Between Executive Function and Mathematics Achievement in Early Childhood. Cognitive Development, 62. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2022.101154

de Chambrier, A. F., Baye, A., Tinnes-Vigne, M., Tazouti, Y., Vlassis, J., Poncelet, D., Giauque, N., Fagnant, A., Luxembourger, C., Auquière, A., Kerger, S., & Dierendonck, C. (2021). Enhancing children’s numerical skills through a play-based intervention at kindergarten and at home: a quasi-experimental study. Early Childhood Research Quarterly, 54, 164–178. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.09.003

Elparesi, R. K. , & Z. Z. (2023). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Pada Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6599

Faizah, S., & Masitoh, S. (2023). Pengembangan Game Spelling Word Scrabble Untuk Perkembangan Aspek Bahasa Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 30–38. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.14386

Fatdianti, R. , & R. E. (2016). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Anak Kelompok B. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6731

Fauziyah, C., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Game Numerasi (GANU) Menggunakan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia 5-6 Tahun. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 231–238. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4419

Fitria, N. , & A. Z. (2022). (2022). Peningkatkan Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Main Numerika Untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat (SENDAMAS), 2(1), 141. https://doi.org/10.36722/psn.v2i1.1628

Hasrawati. (n.d.). Pinisi: Journal of Teacher Professional Media Smart Car Game Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini Artikel info Abstrak. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138

Kurniasih, S. W. (2022). Penerapan Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga Raksasa di Pos PAUD PELANGI. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 3(2), 10–16. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/79

Macdonald, A. , & R. J. (2015). Investigating Mathematics, Science and technology in early childhood.

Maghfirah, F., Satriana, M., Sagita, A. D. N., Haryani, W., Jafar, F. S., Yindayati, Y., & Norhafifah, N. (2022). Media Digital Menstimulasi Keterampilan Numerasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6027–6034. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3370

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 283. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183

Mukalipah, T. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Peserta Didik Kelompok B3 TK Negeri Pembina Mataram. ARZUSIN, 2(2), 189–204. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i2.369

Niklas, F., & Schneider, W. (2017). Home Learning Environment and Development of Child Competencies From Kindergarten Until the End of Elementary School. Contemporary Educational Psychology, 49, 263–274. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2017.03.006

Niklas, F., & Tayler, C. (2018). Room Quality and Composition Matters: Children’s Verbal and Numeracy Abilities in Australian Early Childhood Settings. Learning and Instruction, 54, 114–124. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.08.006

Novianti, R. (2015). Pengembangan permainan roda putar untuk meningkatkan kemampuan berhitung angka anak usia 5-6 tahun (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2803

Priyono, P. A. , & H. R. (2016). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Lagu Warna-Warni Duniaku Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok A.

Rahiem, M. D. H. (2021). Storytelling in early childhood education: Time to go digital. International Journal of Child Care and Education Policy, 15(1). https://doi.org/10.1186/s40723-021-00081-x

Reswita, R. , & W. S. (2018). Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. In Lectura: Jurnal Pendidikan (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v9i1.

Salwa, S. , A. A. A. K. , K. A. F. , & H. L. (2022). Peningkatan Konsep Pengukuran pada Anak Usia 4-5 Tahun Menggunakan Media Donat Susun. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6731

Setiasih Toala, D., Mansoer, Z., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran (Perbandingan Lebih Dari-Kurang Dari) melalui Media Manipulatif.

Setyani, N. H., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). Pengembangan Keterampilan Numerasi Dan Kemampuan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunakan Bahan Alam. Jurnal Insan Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 1(3), 55–73. https://doi.org/10.59581/jipsoshum-widyakarya.v1i3.776

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Sugiyono, Ed.). ALFABETA, CV.

Susanti, S., Rachmawati, Y., Deni Gustiana Program Studi Pendidikan Guru Pendiddikan Anak Usia Dini, A., Setiabudhi No, J., & Bandung, K. (2020). EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengukuran Dalam Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.22508

Tairi Nurtiani, A., Fitriani, dan, Bina Bangsa Getsempena, U., Kunci, K., Bola Angka, P., & Berhitung, K. (2022). Efektivitas Permainan Bola Angka Dalam Menstimulasi Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Poeteumeureuhom Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840–5849. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3202

Wahyuni, S. S., & Ali, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Pohon Hitung Usia 4-5 Tahun Di TK. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i7.15828

Widjayatri, R. D. , 1, W., Suzanti, L., Sundari, N., Fitriani, Y., Nurazka, R. A., Rahmadini, F., Ichsan, R. Y., & Qotrunnida, N. (2022). EduGame Maru: Application for Early Mathematics Learning as an Alternative for Optimizing Cognitive Ability for 4-6 Years Children Article Info. In EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Widjayatri, R. D. , N. S. Fitriasari. , L. Suzanti. , U. R. Saidah. , A. Nurhasanah. , S. Regiana. , S. N. (2023). Aplikasi “Smart Game” Sebagai Stimulasi Kesiapan Kognitif Anak Usia Prasekolah Ke Lembaga Pendidikan Formal. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zaini, A. , T. J. , & K. S. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656

Downloads

Published

2024-05-07