Effectiveness of Joyful Learning Using Tahfidz Cards on Al-Qur'an Memorization Ability and Happiness of Kindergarten Students

Efektivitas Penerapan Joyful Learning Menggunakan Kartu Tahfidz Terhadap Kemampuan Menghafal Al–Qur’an dan Happiness Siswa TK

Authors

  • Novi Zulfiyanti Universitas Medan Area
  • Siti Aisyah Universitas Medan Area
  • Amanah Surbakti Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1637

Keywords:

Joyful Learning, Happiness, Qur'an Memorisation Ability

Abstract

Abstract

One important aspect of early childhood education is the introduction to and memorization of the Qur'an, which plays a role in cognitive development and the formation of religious character. However, conventional and rigid learning approaches often cause children to feel bored and unmotivated to memorize. To overcome this, a fun approach is needed, such as joyful learning. This study aims to examine the effectiveness of the joyful learning approach using tahfidz cards in improving the Quran memorization ability and happiness of kindergarten students. This study used a quasi-experimental method with a non-randomized pretest-posttest control group design. The subjects consisted of 34 kindergarten students in Medan City, divided into two groups: experimental and control, each with 17 students. Data were collected through a Quran memorization test and a children's happiness scale, then analyzed using the paired sample t-test and independent t-test. The results indicate that the joyful learning approach significantly improves memorization ability (t = 11.830, p = 0.000) and student happiness (t = 7.062, p = 0.000). The average increase in memorization was 17.706 points and happiness was 9.353 points. This study emphasizes the importance of joyful learning in supporting children's potential and emotional well-being.

 

Abstrak

Salah satu aspek penting dalam pendidikan anak usia dini adalah pengenalan dan penghafalan Al-Qur'an, yang berperan dalam pengembangan kognitif sekaligus pembentukan karakter religius. Namun, pendekatan pembelajaran yang konvensional dan kaku sering menyebabkan anak merasa bosan dan kurang termotivasi dalam menghafal. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan yang menyenangkan, seperti joyful learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan joyful learning dengan media kartu tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an dan kebahagiaan (happiness) siswa TK. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain non-randomized pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa TK di Kota Medan yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol, masing-masing 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes menghafal Al-Qur'an dan skala kebahagiaan anak, lalu dianalisis dengan paired sample t-test dan independent t-test. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan joyful learning secara signifikan meningkatkan kemampuan menghafal (t = 11.830, p = 0.000) dan kebahagiaan siswa (t = 7.062, p = 0.000). Peningkatan rata-rata menghafal mencapai 17.706 poin dan kebahagiaan sebesar 9.353 poin. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang menyenangkan untuk mendukung potensi dan kesejahteraan emosional anak.

Kata kunci: Pembelajaran Menyenangkan; Kebahagiaan; Kemampuan menghafal Al – Qur’an

References

Ainia, W., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232

Akhyar, Y., & Ningsih, W. (2023). Metode Guru Dalam Pembelajaran Tahfidz dan Kesulitannya pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Di Tk Cemara Pekanbaru. EDUSIANA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2022), 1–12.

Alam, A. (2022). Investigating Sustainable Education and Positive Psychology Interventions in Schools Towards Achievement of Sustainable Happiness and Wellbeing for 21st Century Pedagogy and Curriculum. ECS Transactions, 107(1), 19481. https://doi.org/10.1149/10701.19481ecst

Alwaely, S. A., Yousif, N. B. A., & Mikhaylov, A. (2021). Emotional development in preschoolers and socialization. Early Child Development and Care, 191(16), 2484–2493. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1717480

Anand, P. (2016). Happiness , well-being and human development : the case for subjective measures. In Human Development Report background paper (Issue July). http://eprints.lse.ac.uk

Andriana, A., Erwing, E., & Adiansyah, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Strategi Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone. Biodik, 9(3), 169–175. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28524

Aprily, N. M., Chaerunnisa, P., Handayani, R., Wulandari, R., & Kotrunnada, S. A. (2023). Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 130–138. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473

Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2017). Joyful learning strategy using game method of treasure clue to improve reading comprehension skill. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.11601

Asqia, N., & Suridha. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qurán Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4129–4138.

Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30–35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572

Diener, E., Biswas-Diener, R., & Diener, E. (2019). Noba textbook series: Psychology. Champaign, IL: DEF.

Ekayanti, I. A. S., & Mubarokah, N. (2022). PAUD: Pengembangan Media Bambu Aroma Berbantuan Kartu Gambar pada Kemampuan Indra Penciuman Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 408–416. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9838

Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(2), 189. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03

Hasan, Budiarti, D., Khadijah, & Hasanah, N. I. (2023). Problematika dalam menghafal Al-Qur’an bagi anak Balita di Rutaba Hijrah Sulingan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 26. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281

Huda, H., Dewi, N. M., & Widyaningrum, L. (2018). Mengemas Kelas Bahasa Inggris (EFL) melalui Joyful Learning Based Social Constructivism Pedagogy. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 17(2), 237. https://doi.org/10.21580/dms.2017.172.2428

Husted, H. S. (2017). The relationship between psychological well-being and successfully transitioning to university.

Izzaty, R. E. (2018). Happiness in early childhood. Psychological Research and Intervention, 1(2), 64–77.

Izzaty, R. E., & Ayriza, Y. (2024). Anteseden kebahagiaan pada anak prasekolah. Jurnal Psikologi Ulayat, 11, 6–23. https://doi.org/10.24854/jpu563

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.

Khoiroh, M., Prasetiyawati, D., & Karmila, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Shalat Melalui Gambar Seri Pada Peserta Didik Ra A 2020/2021 Miftahul Ulum Ngemplak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 367–372. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9512

Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode menghafal Alquran pada anak usia dini di tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30

Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Alyani, N. N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161

Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983

Reichardt, C. S. (2019). Quasi-Experimentation A Guide To Design And Analysis (T. D. Little (ed.)). The Guilford Press.

Rettalina, & Aulia, P. (2020). Studi Literatur Meningkatkan Hafalan Al- Qur ’ an Anak dengan Metode Al-Jawarih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3323–3329. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/846

Sharif, S. (2014). School playground : Its impact on children ’ s learning and development. December.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini : konsep dan teori. Bumi Aksara, Sinar Grafika Offset. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22349

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Sutarto. (2022). Analisis Hafalan Al-Qurán Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7016–7023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440

Syahdinur, M. R., & Alfarisi, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menghafal (E-ISSN: 2714-6286 2.).

Thote, P., & S, G. (2020). Experiential Learning: Tool for Joyful Learning. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 8(5), 100–107. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i5.2020.88

Tuzzahra, F., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Papan Pintar Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematik Kelas III SDN 26 Ampenan. 9, 2367–2374.

UNESCO. (2024). Why The World Need Happy School. https://www.unesco.org/en/education-policies/happy-schools#:~:text=UNESCOhasdevelopedthe,Theinitiativeencourageseducation

Yang, N., Shi, J., Lu, J., & Huang, Y. (2021). Language Development in Early Childhood: Quality of Teacher-Child Interaction and Children’s Receptive Vocabulary Competency. Frontiers in Psychology, 12. https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2021.649680

Yulidaspa, S., & Mustika, D. (2023). Pengaruh Model Joyful Learning dengan Media Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 193 Pekanbaru. Alsys, 3(5), 500–516. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i5.1470

Downloads

Published

2025-05-24