Efektivitas Penerapan Joyful Learning Menggunakan Kartu Tahfidz Terhadap Kemampuan Menghafal Al–Qur’an dan Happiness Siswa TK
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i2.1637Kata Kunci:
Pembelajaran Menyenangkan, Kebahagiaan, Kemampuan menghafal Al – Qur’anAbstrak
Salah satu aspek penting dalam pendidikan anak usia dini adalah pengenalan dan penghafalan Al-Qur'an, yang berperan dalam pengembangan kognitif sekaligus pembentukan karakter religius. Namun, pendekatan pembelajaran yang konvensional dan kaku sering menyebabkan anak merasa bosan dan kurang termotivasi dalam menghafal. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan yang menyenangkan, seperti joyful learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan joyful learning dengan media kartu tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur'an dan kebahagiaan (happiness) siswa TK. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan desain non-randomized pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 34 siswa TK di Kota Medan yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen dan kontrol, masing-masing 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes menghafal Al-Qur'an dan skala kebahagiaan anak, lalu dianalisis dengan paired sample t-test dan independent t-test. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan joyful learning secara signifikan meningkatkan kemampuan menghafal (t = 11.830, p = 0.000) dan kebahagiaan siswa (t = 7.062, p = 0.000). Peningkatan rata-rata menghafal mencapai 17.706 poin dan kebahagiaan sebesar 9.353 poin. Penelitian ini menegaskan pentingnya pembelajaran yang menyenangkan untuk mendukung potensi dan kesejahteraan emosional anak.
Referensi
Ainia, W., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232
Akhyar, Y., & Ningsih, W. (2023). Metode Guru Dalam Pembelajaran Tahfidz dan Kesulitannya pada Anak Usia Dini : Studi Kasus Di Tk Cemara Pekanbaru. EDUSIANA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2022), 1–12.
Alam, A. (2022). Investigating Sustainable Education and Positive Psychology Interventions in Schools Towards Achievement of Sustainable Happiness and Wellbeing for 21st Century Pedagogy and Curriculum. ECS Transactions, 107(1), 19481. https://doi.org/10.1149/10701.19481ecst
Alwaely, S. A., Yousif, N. B. A., & Mikhaylov, A. (2021). Emotional development in preschoolers and socialization. Early Child Development and Care, 191(16), 2484–2493. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1717480
Anand, P. (2016). Happiness , well-being and human development : the case for subjective measures. In Human Development Report background paper (Issue July). http://eprints.lse.ac.uk
Andriana, A., Erwing, E., & Adiansyah, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Dengan Strategi Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMAN 26 Bone. Biodik, 9(3), 169–175. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i3.28524
Aprily, N. M., Chaerunnisa, P., Handayani, R., Wulandari, R., & Kotrunnada, S. A. (2023). Penerapan Nilai Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Amal Bakti Di TK Pembina Kota Tasikmalaya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 130–138. https://doi.org/10.26877/paudia.v12i1.15473
Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2017). Joyful learning strategy using game method of treasure clue to improve reading comprehension skill. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.11601
Asqia, N., & Suridha. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qurán Melalui Metode Talaqqy Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Iman Al-Qurbah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4129–4138.
Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful Learning: Alternative Learning Models to Improving Student’s Happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30–35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572
Diener, E., Biswas-Diener, R., & Diener, E. (2019). Noba textbook series: Psychology. Champaign, IL: DEF.
Ekayanti, I. A. S., & Mubarokah, N. (2022). PAUD: Pengembangan Media Bambu Aroma Berbantuan Kartu Gambar pada Kemampuan Indra Penciuman Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 408–416. https://doi.org/10.26877/paudia.v11i1.9838
Firdausi, F. (2017). Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku “Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game” karya Lukman Hakim dan Ali Khosim). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(2), 189. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1802-03
Hasan, Budiarti, D., Khadijah, & Hasanah, N. I. (2023). Problematika dalam menghafal Al-Qur’an bagi anak Balita di Rutaba Hijrah Sulingan. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(1), 26. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281
Huda, H., Dewi, N. M., & Widyaningrum, L. (2018). Mengemas Kelas Bahasa Inggris (EFL) melalui Joyful Learning Based Social Constructivism Pedagogy. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 17(2), 237. https://doi.org/10.21580/dms.2017.172.2428
Husted, H. S. (2017). The relationship between psychological well-being and successfully transitioning to university.
Izzaty, R. E. (2018). Happiness in early childhood. Psychological Research and Intervention, 1(2), 64–77.
Izzaty, R. E., & Ayriza, Y. (2024). Anteseden kebahagiaan pada anak prasekolah. Jurnal Psikologi Ulayat, 11, 6–23. https://doi.org/10.24854/jpu563
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.
Khoiroh, M., Prasetiyawati, D., & Karmila, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Shalat Melalui Gambar Seri Pada Peserta Didik Ra A 2020/2021 Miftahul Ulum Ngemplak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 367–372. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i2.9512
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode menghafal Alquran pada anak usia dini di tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30
Lubis, R., Syafitri, N., Maylinda, R. N., Alyani, N. N., Anda, R., Zulfiyanti, N., & Surbakti, O. Z. (2023). Pendekatan Behavioristik untuk Anak Disabilitas Intelektual Sedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1626–1638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4161
Oktarina, A., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Agama Anak Usia Dini (Usia 0-6 Tahun) Beserta Stimulasinya. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 137–149. https://doi.org/10.26877/paudia.v10i1.7983
Reichardt, C. S. (2019). Quasi-Experimentation A Guide To Design And Analysis (T. D. Little (ed.)). The Guilford Press.
Rettalina, & Aulia, P. (2020). Studi Literatur Meningkatkan Hafalan Al- Qur ’ an Anak dengan Metode Al-Jawarih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3323–3329. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/846
Sharif, S. (2014). School playground : Its impact on children ’ s learning and development. December.
Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini : konsep dan teori. Bumi Aksara, Sinar Grafika Offset. https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=22349
Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.
Sutarto. (2022). Analisis Hafalan Al-Qurán Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7016–7023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Syahdinur, M. R., & Alfarisi, U. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menghafal (E-ISSN: 2714-6286 2.).
Thote, P., & S, G. (2020). Experiential Learning: Tool for Joyful Learning. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 8(5), 100–107. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v8.i5.2020.88
Tuzzahra, F., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Papan Pintar Perkalian Terhadap Minat Belajar Matematik Kelas III SDN 26 Ampenan. 9, 2367–2374.
UNESCO. (2024). Why The World Need Happy School. https://www.unesco.org/en/education-policies/happy-schools#:~:text=UNESCOhasdevelopedthe,Theinitiativeencourageseducation
Yang, N., Shi, J., Lu, J., & Huang, Y. (2021). Language Development in Early Childhood: Quality of Teacher-Child Interaction and Children’s Receptive Vocabulary Competency. Frontiers in Psychology, 12. https://www.frontiersin.org/journals/psychology/articles/10.3389/fpsyg.2021.649680
Yulidaspa, S., & Mustika, D. (2023). Pengaruh Model Joyful Learning dengan Media Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 193 Pekanbaru. Alsys, 3(5), 500–516. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i5.1470
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Novi Zulfiyanti, Siti Aisyah, Amanah Surbakti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.