Implementation of the Al-Qur'an Curriculum at Al-Ikhwan Kindergarten Kualuh Hilir in Building Islamic Character in Early Childhood
Implementasi Kurikulum Al-Qur’an di TK Al-Ikhwan Kualuh Hilir dalam Membangun Karakter Islam Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.26877/paudia.v14i3.1777Keywords:
Curriculum;, Al-Qur'an;, Islamic Character and Early Childhood.Abstract
Abstract
The Al-Qur'an curriculum implemented in early childhood education institutions can play a role in shaping Islamic character in children. This study aims to explore the implementation of the Al-Qur'an curriculum in Al-Ikwan Kindergarten Kualuh Hilir, North Labuhanbatu, in shaping Islamic character in early childhood. The curriculum is designed by integrating educational values that emphasize moral training, discipline, and basic understanding of Islamic teachings from an early age. This study uses a descriptive qualitative approach, with data collection techniques in the form of interviews with the principal, teachers and parents of students, observations conducted during the learning process and document reviews in the form of learning tools and curriculum. The research findings indicate that the implementation of the Al-Qur'an policy has a positive contribution to the development of Islamic character in children, which is reflected in their increased understanding of moral and religious values, as well as behavior that is in line with Islamic principles. The results of this study are expected to be a reference in the development of Islamic education curriculum in early childhood education to shape superior character based on Islamic teachings.
Abstrak
Kurikulum Al-Qur’an yang diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini dapat berperan dalam membentuk karakter Islami pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan kurikulum Al-Qur'an di TK Al-Ikwan Kualuh Hilir, Labuhanbatu Utara, dalam membentuk karakter islami pada anak usia dini. Kurikulum tersebut dirancang dengan mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan yang tekanan pelatihan akhlak, kedisiplinan, serta pemahaman dasar ajaran Islam sejak dini. Penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepala sekolah, guru dan orang tua siswa, observasi dilakukan pada proses pembelajaran yang dilakukan dan telaah dokumen berupa perangkat pembelajaran dan kurikulum. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan Al-Qur'an memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan karakter Islami anak-anak, yang tercermin dari meningkatnya pemahaman mereka terhadap nilai-nilai moral dan keagamaan, serta perilaku yang selaras dengan prinsip-prinsip Islam. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam di jenjang pendidikan anak usia dini untuk membentuk karakter yang unggul berdasarkan ajaran Islam.
Kata kunci: Kurikulum; Al-Qur’an; Karakter Islam dan Anak Usia Dini
References
Akhyar, M., M, I., & Gusli, R. A. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Al-Qur’an Di Sd It Karakter Anak Shaleh Kota Padang. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 4(2), 31–46. https://doi.org/10.51672/jbpi.v4i2.196
Ambarwati, R., Wulan, S., & Yetti, E. (2025). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Al- Qur ’ an untuk Anak Usia Dini. 14(1), 116–128. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1203
Amelya Ayu Syaputri, Rizkia Ramadhania Nurbani, & Deri Hendriawan. (2023). Implementasi Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an di TPQ Baiturrahim Bekasi Timur Jawa Barat. Asghar : Journal of Children Studies, 3(1), 52–60. https://doi.org/10.28918/asghar.v3i1.1013
Aziz, M., Ashshiddiqi, M. H., & Ariyanto, D. (2025). Implementation of the Islamic Education Curriculum and Learning Materials for Early Childhood in the North Labuhanbatu An-Nur Playgroup. Eduprof : Islamic Education Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47453/eduprof.v7i1.287
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.
Aziz, M. (2020). Pendidikan Agama Islam: Memaknai Pesan-Pesan Alquran. Sarnu Untung.
Aziz, M. (2022). Materi Pembelajaran Aksara Arab Melayu & Tahfizhul Qur’an Juz 30. Ahlimedia Press.
Aziz, M. (2025). Berkah 90 Tahun Al-Ittihadiyah: Kontribusi Al-Ittihadiyah dalam Pendidikan Islam Mewujudkan Visi Keumatan. Haura Utama.
Aziz, M. et. a. (2020). Ekstrakurikuler PAI (Pendidikan Agama Islam):Dari Membaca Alquran sampai Menulis Kaligrafi. In Media Madani. Media Madani.
Aziz, M., Napitupula, D. S., Tanjung, S. A., Guru, P., Ibtidaiyah, M., & Utara, S. A. L. (2024). Implementation of Differentiated Learning in the Merdeka Belajar Curriculum for Elementary Schools. 4(2), 127–142. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/jeer/article/view/1071#:~:text=The findings indicate that differentiated,students’ needs and characteristics%2C and
Aziz, M., Napitupulu, D. S., & Siregar, S. K. (2025). Learning Media in Early Childhood Education Curriculum in Instilling Religious Character From The Perspective of The Qur’an. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 18(1), 99–113. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/fikroh.v18i1.1772
Aziz, M., Sormin, D., Harahap, M. R., Siregar, A. K., Nasution, Z., & Napitupulu, D. S. (2022). Early Childhood Education in the Perspective of the Koran. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(3), 1131–1135. https://doi.org/10.9756/INT
Badri, L. S. (2024). Urgensi Pendidikan Toleransi Berbasis Al-Quran dalam Membentuk Tunas Bangsa Perilaku Humanis. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 19–42. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.30-3
Bali, M. M. E. I., Sugiharto, F. B., Rozhana, K. M., & Syarqiyah, S. (2022). Implikasi Quranic Zone Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.87-98
Hafizatul, S., Zain, W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur ’ an dan Hadis. 2, 199–215.
Ita Kris Hardiyani, Diana, H. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Proses Pengembangan Kemandirian dan Kreatifitas di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Juwana. 14(1), 129–144. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1146
Malichatunniswah, M. (2014). Implementasi Kurikulum Paud Berbasis Taman Pendidikan Al-Qur’an Di Paud Tpq Al-Amien Bancaan Salatiga. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 102–108.
Merlina, M., Afendi, A. R., Asiah, S. N., Asiyani, G., Dahliana, H., & Laili, L. M. (2022). Manajemen Kurikulum Berbasis Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 131–142. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3042
Mursal Aziz & Zulkipli Nasutio. (2019). Al-Qur’an: Sumber Wawasan Pendidikan dan Sains Teknologi. Widya Puspita.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasution. (2021). Strategi & Materi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Upaya Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Religius. In Pena Persada. Pena Persada.
Mursal Aziz et.al. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dengan Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 12(1), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.35438/e.v12i1.908
Nurachadijat, K., & Selvia, M. (2023). Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam Implementasi Kurikulum dan Metode Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 57–66. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.284
Rohaeni, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Islami. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(5), 1–23.
Sholeh, M. I. (2023). ALMANAR : Jurnal Fakultas Agama Islam. ALMANAR: Jurnal Fakultas Agama Islam, 01(02), 7–12.
Utami, Y. S., & Islami, C. C. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Introvert pada Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education …, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/paudia.v14i1.1102
Wibowo, Y. R., Salfadilah, F., & Rahelli, Y. (2025). Kajian Teoritis : Al- Qur ’ an sebagai Landasan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. 12(1), 61–71.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mursal Aziz, Dedi Sahputra Napitupulu, Zamzam Khairani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.